Monday, August 13, 2012

Ujian SNMPTN


Lulus di SNMPTN udah pasti jadi idaman setiap mahasiswa. Apalagi kalau lulus di universitas yang bergengsi. Wah, rasanya bangga banget tuh. Gitu juga dengan gua. Gua pengen banget masuk di salah satu universitas negeri yang cukup bergengsi di kota Medan. Tiap hari gua les supaya bisa lulus. Tiap malam gua belajar. Gua bener-bener pengen masuk ke PTN tersebut.
Nah, pas ujian SNMPTN. Gua datang dengan semangat ’45. Perlengkapan perang udah gua siapin di tas. I’m ready for war.

Di dalam ruang ujian, gua udah deg-degan. Atmosfirnya tuh tegang banget. Lo gak usah ngeres denger kata tegang, ya. Calon mahasiswa yang lain udah siap-siap juga. Para pengawas pun datang. Berbasa-basi sebentar, trus bagiin soal. Pengawas gua tuh seram banget. Dengan kumis melintang kayak pak Raden, celana yang bentar-bentar dinaikin nyampe perut. Asli, ini pengawas udah bikin gua down duluan. Padahal soal belum gua baca.

Ujian pertama itu, TPA. Gua mulai ngerjain dengan hati-hati. Tiap soal gua baca dengan teliti, lalu gua jawab. Sialnya, waktu untuk tes yang satu ini singkat banget. Cuma 1 jam. Padahal soalnya ada 75. Alhasil, gua cuma bisa jawab 40. Nah yang kedua itu tes kemampuan dasar. Gua makin was-was aja ngerjainnya. Keringat sebesar biji jagung mulai menghiasi wajah gua. Gua cuma fokus jawab di Bahasa Indonesia doang. Soalnya untuk Matematika Dasar dan Bahasa Inggris capek banget.

Yang paling bikin deg-degan ampe jantung mau jatuh ampe ke lambung itu adalah tes hari kedua. Yap, tes IPA. Gua waktu SMA emang masuk jurusan IPA. Tapi, gua gak ngerti tuh satupun. Apalagi dengan fisika. Ini menurut gua pelajaran paling gak banget. Gua selalu heran ya, ampe batu yang dilempar ke atas pun dihitung. Kalau batu dilempar mah ya dilempar aja. Biarin alam yang bekerja.

Gua baca soal dengan teliti. Tapi tetep aja gua gak tau jawabannya. Gua coba sekali lagi manatau ada pilihan jawaban yang bersinar, mata gua malah berkunang-kunang.

Gua nyerah deh. Kayaknya ini soal bukan untuk dijawab. Tapi untuk dipandangi doang. Karna gua ngambil program IPC, maka tes yang kedua adalah IPS. Nah, kalau yang ini mah gua bisa. Gua lancar banget malah ngerjainnya. Gua emang siswa salah jurusan yang menyedihkan.

Nunggu pengumuman itu juga bikin deg-deg an. Lo harus nunggu hampir sebulan. Gua sih pesimis gua bisa lolos. Soalnya gua gak yakin sama jawaban gua sendiri. Waktu pengumuman, seperti yang udah gua duga. Gua emang gak lolos. Gua lalu ngecekin temen-temen gua. Dan gua harus nerima suatu kenyataan yang pahit banget. Hampir semua kawan akrab gua lolos. Yang paling bikin gua galau tingkat nasional, kawan gua yang menurut gua, maaf kata, bodoh. Bisa lolos di jurusan yang cukup bergengsi. Ini bener-bener bikin gua frustasi.
Gua nyesal gak serius waktu ngerjain soal. Penyesalan emang selalu datang terlambat. Kawan-kawan gua menyemangati. Mereka bilang kalau kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Padahal menurut gua, kegagalan itu adalah kebodohan yang dipelihara. Gua galau ampe berhari-hari. Gua pengen terjun ke sungai, tapi yang ada dekat rumah gua cuma parit. Gak mungkin dong gua berenang di parit.

Kegalauan gua masih berlanjut sampai saat ini. Rasanya itu lebih nyesek daripada ditolak cinta. Gua masih belum bisa move on. Gua suka kesal kalau ada kawan gua yang nanya, “Lulus dimana, Man?”. Ini bener-bener pengen gua mutilasi orangnya. Gua udah capek ngomong ampe sejuta kali kalau gua itu gak lolos di SNMPTN. Gua ngerasa jadi orang paling bodoh sejagad raya. Kenapa mereka bisa lolos, tapi gua nggak. Ini bener-bener jadi pengalamn yang gak akan gua lupain.

Bagi adek-adek gua yang baca artikel ini, dan akan ikut SNMPTN. Pesan gua, belajarlah yang rajin. Jangan terlalu cepat takabur kayak gua. Gua emang suka bangga dulu kalau ngelihat hasil TO gua yang tinggi. Itu gak bisa dijadiin ukuran. SNMPTN beda dengan TO. Semoga lo yang baca artikel ini bisa tobat dan kembali ke jalan yang benar.

1 comment:

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan