Tuesday, August 7, 2012

Mau Kuliah? Siapin Dulu yang Ini


Gue sadar, sebagian dari kalian yang baru mau mulai kuliah pasti bingung, apa aja sih yang kudu disiapin sebelum kuliah? Buku? Alat tulis? Pacar? Baju Baru? Sajadah baru? Sarung Baru? Waittt… ini mau kuliah apa mau lebaran?

So, langsung aja kita cekidot beberapa hal yang kudu lo siapin sebelum mulai kuliah, berikut ini:

1.     Mental

Soal ini pasti lah ya. Dunia kampus itu bakal beda banget sama dunia kalian jaman SMA. Kalian nggak bakal lagi punya gank-gank solid kayak jaman SMA yang kemana-mana selalu nempel kayak band-band poni lempar yang pernah ngeboom itu. Di dunia kuliah, kalian bakal ngerasain kejamnya sikap-sikap individualis karena di sini, siapa yang gak mampu, bakal terdepak. So, bakal susah deh kalian nemuin temen yang bisa diajakin contek-contekan, atau maen kelereng di pojokan kelas lagi.

2.     Kost

Buat kalian yang rumahnya di pedalaman atau jauh dari kampus, nggak mungkin dong kalian bakal ke kampus pulang-pergi tiap hari. Kalo dipaksain gitu, genep sebulan, dijamin betis kalian bakal lebih gede dari tabung pemadam kebakaran. Nah, sebelum mulai aktifitas kuliah, usahain dulu buat nyari kost yang nyaman dan pas buat elo. 

3.     Laptop

Di dunia perkuliahan, perangkat PC/Laptop sangat diperlukan. Karena dosen-dosen yang sadis bakal ngasih lo tugas terus-terusan sampe kalian lupa gimana rasanya nongkrong-nongkrong di pengkolan setelah sekolah. Gimana rasanya jalan sama pacar, gimana rasanya tidur nyenyak. Tiap hari kalian bakal dijejelin tugas, tugas, dan tugas! MUAHAHAHAHAA!


Bisa dengan cara klasik, nabung dulu.. Kalo nggak mau ngerepotin ortu, kalian cari part-time job aja. Tabung tuh gajinya buat beli laptop.

4.     Pilih Temen Yang Tepat

Karena di dunia perkuliahan tuh pergaulannya udah beda banget sama jaman-jaman SMA, kalian kudu bisa pilih-pilih temen yang baik buat digaulin. Jangan pilih temen yang suka mabuk-mabukan, jangan pilih temen yang suka judi bola, dan yang paling penting, jangan pilih temen yang suka ngutang. Karena apa jadinya elo setelah wisuda kelak, ditentuin dari sama siapa lo bergaul saat kuliah, bukan dari jurusan apa elo kuliah. Percayalah..

5.     Kendaraan

Kendaraan gak harus kendaraan pribadi sih, kendaraan umum juga bisa. Tapi kalo kalian pengen ngirit, ya tentuin kendaraan yang akan kalian pake itu dari sekarang. Kendaraan umum sebenernya boros kalo kalian adalah tipe orang yang “Mobile” alias suka mondar-mandir. Jadi, kalo kalian demen lari-larian ke mana-mana, gue lebih merekomendasikan kendaraan pribadi. Gak harus mobil pribadi atau motor, jaman awal kuliah gue malah pake sepeda BMX kemana-mana. Irit, bebas macet, efek sampingnya cuma satu:
Sampe kampus, bau ketek lo bisa bikin temen sebangku lo mendadak lupa jalan pulang ke rumahnya.

6.     Pacar

Balik lagi ke urusan partnership. Karena jaman kuliah itu kalian nggak bakal punya gank yang solid kayak jaman di SMA dulu, kalian kudu punya partner yang solid. Caranya? Ya carilah pacar.. Kalo kalian perhatiin secara lebih jeli, kalian gak bakal ngeliat anak-anak kampus jalan bergerombol kayak jaman SMA, melainkan jalan berdua doang. Cewek-cowok.. Yah.. meskipun kadang juga ada yang jalan berdua doang tapi cowok-cowok.. Tapi itulah partner solid mereka.

Pacar.. Pacar kan partner yang gak bakal egois, dan individualis. Jadi, kalian bisa berbagi keluh kesah selama kuliah bareng pacar. Apalagi misal kalian kuliah di jurusan yang sama, kalian bisa saling berbagi tugas, berbagi jawaban ujian, dan berbagi ijazah..

Yap.. kayaknya itu aja dulu pesen gue soal hal-hal yang perlu kalian siapin sebelum kalian mulai kuliah. Semoga kuliah kalian berjalan lancar. Semoga kampus kalian nggak terlalu nyaman, sehingga kalian betah kuliah lebih dari 5 tahun.

berhubung artikel ini bukan gua yang buat. lo bisa liat sumbernya disini

1 comment:

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan