Friday, August 24, 2012

Kena Usus Buntu

Jam menunjukkan pukul 5 pagi. Gua tiba tiba terbangun karna rasa sakit yang tiba-tiba menyerang perut gua. Mungkin kena maag, atau malah karna gua gak boker selama seminggu.

Gua memutuskan gak cerita tentang sakit perut yang gua alami ke ortu. Toh udah sering juga gua kena maag. Gua pamit ke sekolah dan nyari apotek yang masih buka dengan naik becak motor. Malang bagi gua, becak yang gua naikin gak ada penghalang anginnya. Gua juga gak bawa jaket. Alhasil, gua pun kedinginan ditambah perut yang semakin sakit melilit. Terlebih gua belum sarapan karena kalau sakit maag bikin gak nafsu makan.

Akhirnya ketemu juga apotiknya, gua beli obat maag dan minum di situ. Gua pikir gua bakalan sembuh dengan cepat. Ternyata gua salah, gua malah muntah di tengah jalan. Yang bawa betor udah kebingungan, dan dia nawarin untuk ngantar gua pulang aja. Tapi gua berkeras untuk tetap ke sekolah.

Sesampainya di sekolah, gua beli roti. Berharap itu bisa mengganjal perut. Pas gua makan, ternyata gua muntah lagi. Hal ini berlangsung beberapa kali. Termasuk pas gua muntah di kelas yang membuat seisi kelas langsung kocar-kacir. Ada yang langsung manjat pohon, ada yang tiba-tiba naik ke punggung guru. Hebat banget efek dari muntahan gua.

Sekretaris kelas jadi kalap. Dia  buru-buru nyeret gua ke UKS. Gua cuma nurut aja. Muka gua pucat kayak kertas. Sekretaris kelas juga jadi ikut bingung. Saking bingungnya, dia sampai lupa nama gua.a

Di UKS, gua diberi obat yang sukses gua muntahin lagi. Akhirnya petugas UKS nelpon bokap untuk jemput. Sambil nunggu bokap, gua cuma tiduran sambil nahan sakit yang semakin melilit. Anehnya, sakit yang gua rasain tadi ada di tengah perut. Sekarang malah beranjak ke kanan. Dan kalau gua batuk, sakitnya minta ampun. Gua ampe terbungkuk-bungkuk nahan sakit.

Akhirnya, bokap datang. Gua langsung diantar ke rumah sakit swasta. Di ruang UGD, dokter yang menangani, nekan-nekan perut gua. Pas dia nekan perut sebelah kanan, gua berteriak kesakitan dan bersumpah akan matahin tangan tuh dokter kalau dia ngulangin lagi. Dia lalu nekuk-nekuk kaki gua. Rasanya sih gak sakit. Dia lalu tersenyum terus beranjak ke mejanya. Lalu bicara sama bokap.

Samar-samar gua mendengar pembicaraan mereka, dan gua nangkap ada kalimat yang mengandung “usus buntu”.

Gua merasa mau pingsan saat itu juga. Rasa takut mulai menjalari tulang. Dengan cepat gua dipindahin ke ruangan dan di puasakan. Gua bener-bener menderita banget saat itu. Gua gak bisa makan atau minum. Padahal dari pagi gua gak ada konsumsi apa-apa. Kalau adapun, pasti gua muntahin.

Sekitar jam 5, operasi akan dimulai. Keluarga menyemangati. Mereka mengatakan kalau itu hanya operasi kecil. Tidak akan membahayakan nyawa kok. Tetep aja namanya operasi pikir gua. Gua mulai terbayang pisau bedah dan alat-alat menyeramkan lainnya. Gimana kalau ini adalah hari terakhir gua di dunia ini. Gimana kalau dokter nya melakukan kesalahan.

Masuk ke ruang operasi, gua jadi tambah deg-degan. Gua berasa kayak mau disembelih untuk dikurbankan. Dokter nya cuma tersenyum ramah. Dia lalu menaikkan gua ke tempat tidur. Gua lalu dibius di tulang belakang. Kaki gua perlahan-lahan mulai kebas, kepala gua mulai berputar putar, dan akhirnya gua pun gak sadarkan diri lagi.

Ketika sadar, gua udah ada di kamar. Di kelilingi sama semua keluarga. Kaki gua masih kebas. Jadi masih susah digerakkan. Gua jadi tau rasanya kayak batu gimana. Semalaman gua gak bisa tidur. Dan sialnya, gua masih gak boleh makan. Karena gua baru siap operasi. Gua harus kentut dulu baru boleh makan. Gua jadi bengong. Hidup gua ditentukan oleh kentut. Ini benar-benar kampret banget. Akhirnya, gua berhasil kentut juga. Dengan suara yang sangat lemah, hampir tidak dapat terdengar. Dan gua masih gak boleh makan. Hanya boleh minum. 

Gua mau ngelempar dokternya dari atap rumah sakit. Gua lapar banget. Udah 2 hari gak makan, dan dia cuma ngizinin ngasih minum. Dia bener-bener mau dimutilasi.

Setelah beberapa hari di rumah sakit, kawan-kawan sekelas datang berkunjung. Gua tentu aja senang sekaligus kaget. Kok mereka bisa tau rumah sakitnya ya? Dan ternyata bukan cuma perwakilan yang datang. Tapi semua. Catet ya, SEMUA. Murid di kelas gua itu ada 40an lebih. Bayangin aja berdesakan dalam satu ruangan yang tidak begitu besar. Benar-benar pengap. Semua pada berebut oksigen.

Dan mereka juga ribut banget, sampe seorang suster harus menegur mereka supaya jangan ribut. Sebagaimana khas anak SMA, mereka cuma mendengar perintah itu selama beberapa menit, sebelum mereka memulai keributan lagi.

Wali kelas gua ngasih wejangan berupa nasihat. Temen-temen gua juga ngasih semangat. Jujur, gua terharu banget saat itu. Tapi gua mau nangis di depan mereka. Mereka juga ngasih buah-buahan ke gua yang gua terima dengan senang hati. Kebetulan, nyokap juga lagi ada disitu, dan mulailah mereka berkoar-koar menjodohkan gua dengan salah seorang temen cewek. Gua cuma bisa geleng-geleng kepala. Gua jadi pengen cepet-cepet sekolah lagi. Gua kangen sama situasi kayak gini. Situasi berkumpul dan berasa menjadi keluarga sendiri. Entah berapa lama lagi kita bisa merasakan situasi kayak gini.

Setelah mereka pergi, gua lalu dilanda kesepian. Hati gua tercekat, dan sebutir air mata terjun bebas. Yang disusul dengan air mata lainnya yang membentuk air terjun. Gua terharu merasakan kebaikan kawan-kawan gua. Kawan-kawan yang udah gua anggap sebagai keluarga sendiri. Tempat untuk saling bertukar cerita, saling mengejek, saling bercanda dan saling menangis ketika tiba saat perpisahan.

Artikel ini, gua tulis buat kalian, teman-temanku di XII-IPA 4 SMA Methodist 1 Medan.
Semoga persahabatan kita tetap erat selamanya. Gua bener-bener menikmati kebersamaan selama satu tahun bersama dengan kalian. Banyak cerita yang terjadi. Selama menulis artikel ini pun, gua harus susah payah menahan tangis. Makasih banyak guys, atas cerita yang telah kita ukir. Jangan pernah melupakan satu sama lain.

8 comments:

  1. awesommeee...
    terharuuu
    hikshikshiksss :'D

    ReplyDelete
  2. Anita Mandasari PasaribuMay 8, 2014 at 6:36 PM

    Aaaaaaaaaaaaaaaa
    aku baru baca artikel yg ini
    terharu kali :"D

    ReplyDelete
  3. masa SMA emang masa paling berkesan
    :D

    ReplyDelete
  4. makan apa disekolah pasca operasi bro? Soalnya gw jg kena nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, cuma bisa makan bubur doang bro. harus makan makanan lembek selama sebulan

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan