Saturday, July 12, 2014

Kegiatan berbelanja itu mengerikan

Gua adalah salah satu dari sekian banyak cowok yang tidak suka berbelanja.
Pengalaman berbelanja dengan Mak, adalah salah satu pengalaman yang mengerikan. Keluar masuk toko, menawar barang dengan sengit, kemudian pura-pura pergi, menunggu dipanggil penjualnya. Kegiatan berbelanja ini penuh dengan kode, yang bisa jadi lebih ribet dari kode lo kepada gebetan.

Jadi, buat calon istri di masa depan, asahlah skillmu dalam berbelanja. Karena aku akan menyerahkan semua kepadamu, kelak. 

Itu kode garis keras, sayap kiri sayap kanan. 

Gua juga sangat tidak suka menawar harga barang. Kalau harganya segitu, ya gua bayar segitu. Selesai.
Makanya, gua males memberitahu harga barang yang gua beli kepada temen-temen. Karena komentarnya pasti gini..

“Ahhh. Begok banget lo. Kemarin gua liat barang ginian juga, trus gua tawar. Lo rugi 30 ribu nih.”
Muka gua èè  -___-
“Wahh ketipu nih lo. Ini seharusnya cuma segini. Coba lo perginya sama gua. Lo pasti lebih kaya 40 ribu dari sekarang. Dan lo bisa bayar utang lo ke gua.”
Muka gua èè  -___-

Temen gua mendadak jadi kampret semua kalau udah urusan jual-beli.

Guru sosiologi gua pernah cerita, kalau penjual di toko tradisional, akan cenderung menaikkan harga barang, jika mereka melihat calon pembelinya adalah : bapak-bapak. Pake mobil. Setelannya bagus.

Karena kebanyakan bapak-bapak model gitu membenci transaksi tawar-menawar. Jadi kalau harga dinaikkan, mereka tidak akan protes, karena mereka memang tidak tahu.

Jadi gua lebih suka belanja di pasar modern gitu. Tapi kelemahannya adalah, barang di pasar modern itu mahalnya luar biasa. Karena pajak yang dikenakan kepada penjual.

Lalu, gua beralih ke toko online. Nah, gua paling suka buka web ZALORA. Disini barang yang dijual berkualitas, harga terjangkau dan gratis ongkos kirim. Buat mahasiswa dengan kantong pas-pasan, mendengar kata gratis selalu membuat radar gua aktif.

Kebetulan gua lagi pengen beli celana Chino. Supaya gua gak dianggap ketinggalan jaman.


Di ZALORA banyak banget pilihan celana Chino yang keren. Kalau bisa gua beli semua deh.
Apa daya, dompet gua lagi merajuk. Jadi gua putuskan untuk membeli celana yang ini.


Sayangnya, masih terlalu mahal untuk dompet gua. Gua tambahin di to do list untuk minggu depan aja deh. Membeli celana chino dari ZALORA.
Nah, kalau lo lebih suka berbelanja dimana? Pasar tradisional atau pasar modern atau toko online kayak gua? Yuk berbagi cerita di kolom komentar.




32 comments:

  1. Kak Aci pribadi lebih suka online untuk perihal kecantikan seperti make up. Karena harganya lebih murah dibanding yang berbea cukai dengan harga tidak masuk akal.

    Sementara sebagai wanita, Kak Aci biasa pergi ke pasar tradisional untuk belanja bumbu dapur dsb.

    Tapi untuk hal seperti window shopping yang banyak dilakukan wanita tulen? Kak aci nyerah.

    Kak Aci kalau pergi sama temen2 wanita (atau saudara wanita) itu biasanya jadi korban kesadisan mereka. Kak Aci memang suka bertindak sebagai pria. Bantuin mereka ngangkat barang, nemenin mereka masuk ke toko2 bermerek (zara, charles & keith, etc). But in the end, yang kak aci lihat ketika masuk toko adalah KURSI, sementara mereka mencari ketenangan duniawi dalam sepatu dan baju lucu yang harganya cukup fair dan sesuai dengan kebahagiaan mereka tapi tidak sesuai dengan ukuran kebahagiaan kak aci.

    Hahaha. Tapi soal belanja online, I want to encouraged you to be more considerate while choosing the things that you have to buy. Supaya gak ketipu sama harga. Kamu memang cowok, tapi bukan berarti kamu harus jadi buta harga. Saatnya menghargai keuangan sendiri kan. Uruslah keuanganmu sendiri dek, sampai saat akhirnya kamu bisa dengan tenang menyerahkan segala urusan keuanganmu di tangan istri tersayang yang bisa dipercaya. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. kakci. panjanggg sekaleeee. gua jarang beli bumbu dapur sih.
      aku bukannya milih barang berdasarkan harga, kak. aku beli berdasarkan kebutuhan. kalau memang, worth it, why not? ada rupa ada harga. seperti yang selalu kakci bilang.
      dan, baru kali ini gua dipanggil, "dek" sama kakci. haha
      emang gua ngurus keuangan sendiri sih kak.

      Delete
  2. "Jadi, buat calon istri di masa depan, asahlah skillmu dalam berbelanja. Karena aku akan menyerahkan semua kepadamu, kelak." <- gue suka yg ini nih, gayanya itu loh hahahahaha.

    Kl utk gue sih, gue lebih milih online soalnya pakai uang sendiri (yang dari ortu), trs kdg gue nyari yg free ongkir.
    Kl di mall/distro gitu paling minta beli sama mama, tapi kl ada yg murah mah sikat bae lah wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dil. haha. gaya gua emang keren.
      murah, asal jgn murahan aja sih

      Delete
  3. Kalo saya sih liat mana yang paling murah aja. Yang ditradisional apa modern. Onlineshop biasanya saya pake buat liat harganya untuk jadi acuan waktu kepasar. Jadi kalo ada barang yang harganya jauuh banget lebih mahal dari yang di onlineshop, musti ditawar sampe gak rugi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. gua terlalu takut untuk menurunkan harga sih ya. selama barangnya bagus, ya gpp.

      Delete
  4. gue belanja online cuma barang-barang yg gak ditemuin ditoko manapun sih, selebihnya cari di mall, di pasar kaget, pas ada bazar ato gak event X)
    sebagai cewe gue merasa gagal kalo urusan tawar menawar, selalu kalah sama penjualnya -_- makanya kalo belanja selalu ajak temen yg jago bgt nawar, haha.. aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua gak tegaan sih orangnya. kayaknya kalau gua nawar terlalu sadis, dia bakalan rugi.
      bazaar yang gua ikutin paling kalau gramedia lagi cuci gudang

      Delete
  5. Setiap tempat belanja itu pasti ada kekurangannya masing - masing. Meskipun gue seneng berbelanja online, tapi tetep lebih enak belanja langsung. Apalagi untuk masalah pakaian, tas, dan sepatu. Kalo di online shop itu emang tinggal milih dan transfer aja. Waktu itu gue pernah beli tas dan ketipu sama online shop. Tampilan di web sama aslinya beda jauh. Daleman tasnya jelek banget, masa baru dipake 3kali jahitannya banyak yang rusak:|

    Intinya baik cewek ataupun cowok harus bisa nawar, kalo keseringan pasrah terima harga yang dikasih penjual gitu aja nanti uang lo cepet abisnya. Kalo bisa ditawar kan lumayan sisa uangnya bisa ditabung lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya cari olshop yang terpercaya dong.
      makanya, gua jarang ke pasar tradisional. kalau ke pasar modern, harga udah pasti, trus barangnya bagus. ya sesuai lah.

      Delete
  6. Bagi gue, belanja langsung di TKP ataupun online, sama aja sih. Tapi untuk keamanan dan kualitas, ya yang di TKP lebih bagus. karna ngeliat langsung. Nggak menutup kemungkinan juga yang online seperti itu. Intinya sih kita harus pintar milih, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya juga sih, harus sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan

      Delete
  7. Hahaha kok lucu ya, Bang baca ceritamu ini yang serba-serbi belanja gitu huahaha tapi sebagai calon suami yang keren, kelak, mendingan sih belajar dari sekarang nawar-nawar gitu, Bang. Jadi besok calon istrimu, kelak, bakalan terpesona sampai-sampai bilang: ya ampun suamiku jago banget shopping Oke ini cuma pencitraan aja sih sebetulnya hahaha.
    Btw, barang di Zalora mahal-mahal ah, Bang. Eh, tapi ini rahasia kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kayak gitu, ntar istri gua malah bilang, "Ya ampun. dia lebih rempong dari aku ternyata."
      pencitraan failed.
      makanya cari yang ada diskon. haha

      Delete
  8. Baca yang bagian tawa-menawar, jadi inget waktu dulu beli baju sama emak. Pura-pura ninggalin toko tapi ngarep harganya diturunin hehe.
    Kalo sekarang lebih suka ke tempat yang ga pakai nawar, skill menawar gue masih payah soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jurus paling lawas sih kayaknya. haha
      skill menawar gua juga cetek abis

      Delete
  9. kita sama ga, aku juga paling gak bisa nawar, jadi klo beli apa2 pasti abis milih2 dan cocok langsung suami yg ambil alih buat nawar *aku merasa gagal jadi emak2* ( ._.)/|

    ReplyDelete
    Replies
    1. begh. kakak harus lebih banyak belajar sama suami ya

      Delete
  10. gue cewek, tapi nggak bisa nawar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin banyak nih cewek yang kagak bisa nawar

      Delete
  11. Gue juga 1 dari beberapa orang yg gak bisa nawar. Sekalinya nawar barang, pasti nanggung. Dari 50rb gue cuma bisa nawar jd 45. Betapa gue bikin malu para penawar profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya. gua juga gini nih. gak berani langsung banting harga

      Delete
  12. Harusnya bang kudu giat lagi buat tawar menawar.. karena selain bisa ngirit kita juga bisa enggak kalah sama istri kita
    kelak.. hehehe.. wah iya zalora emang bener gratis ongkir, selain itu katanya kita juga bisa dapet duit juga dari promotin
    barang dari situs itu bang...setau saya sih gitu,, harusnya lebih lengkap lagi bang, mungkin bisa ditambahin celana chino
    itu apa sih, yang jelas gw gak tau celana chino apaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau masalah celana chino lebih detil, mungkin lo bisa cari di google. gua gak khusus membahas itu sih :))

      Delete
  13. Iya emang cowo ga bisa nawar sih males juga, sering belanja ya kalo udah itu harganya yaitu haha

    ReplyDelete
  14. Tau banget cowo kalo udah pas dan cocok ga bakal milih yang lain dan iya iya aja walau harga selangit, betul tidaaak ?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul sekalii. seratus deh buat kamu. haha

      Delete
  15. Sepertinya kita sejalan, Mas. nggak begitu ribet soal tawar-menawar. apalagi kalau sudah sreg sama barangnya. juga nggak terlalu mikirkan selisih sekian ribu dsb. nggak juga nawar, hhaha. trik purak-purak pergi nanti dipanggil oleh penjualnya, memang banyak digunakan yak, haha.

    ReplyDelete
  16. wah semoga kita bukan jodoh ya mas.
    iya. gua juga bukan mikirin harga. mikirin kualitas aja. haha
    iya, emak gua sering gitu tuh

    ReplyDelete
  17. Ciee ternyata dapet juga nih dari Zalora. Semoga paham maksud gue hahaha

    ReplyDelete
  18. menurut aku sih belanja di mana-mana sama aja,bedanya kalau di pasar modern harga udah gak bisa di tawar,kalau di pasar tradisional harga masih bisa di tawar dan kalau belanja online lebih efektif tanpa kita harus cape-cape pergi untuk membeli barang yang kita mau.intinya belanja dimanapun juga gak masalah selagi nyaman :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan