Tuesday, July 1, 2014

Hari Ke-2 dari #7HUD




Attention. Perhatian Rasakan motivasi segar yang kamu rasakan ketika perhatianmu sepenuhnya berada pada lembar to-do list di hadapanmu. Ketika kamu sedang berada dalam momen itu, momen ketika perhatianmu fokus pada task yang harus kamu lakukan, kamu tidak lagi butuh motivasi dari orang lain. Kamu sedang MENGALAMI MOTIVASI dari dalam dirimu sendiri. Dan dalam momen itu juga, kamu akan merasakan kekuatan perubahan yang dibawa oleh sebuah motivasi yang dimulai dari dirimu sendiri. Dan di momen itu, kamu menyadari, kamu memotivasi hidupmu jadi lebih hidup. Dan ketahuilah, motivasi itu menular.

Entah kenapa gua selalu gagal memahami maksud dari kata ajaib dalam program 7 Hari Upgrade Diri. Kak Aci kembali harus menjelaskan kepada gua tentang attention.
Gua jarang merasakan motivasi segar. Yang sering buah segar. Buah dada.

Eh puasa ya. Maaf.

Gua sudah berusaha fokus kepada to-do list yang gua lakuin. Tapi bukan fokus yang ada, gua malah melamun, men. Beneran.

Gua coba lagi, kali ini ada motivasi yang terpercik sedikit. Tapi abis itu surut. Apakah stok motivasi dalam diri gua udah habis?

Ya sudahlah. Gua lakuin saja to-do listnya. Lagi-lagi gua gagal dalam to-do list pertama. Bangun jam 5. Sumpah, itu susah banget. Padahal Kak Aci udah mau bangunin gua jam 5. Tapi emang gua yang ngehek, gua memutuskan untuk tidur. Maafkan aku kak. Lain kali, kalau nelpon ada suaranya ya. Biar aku cepat ‘bangun’

Sebelum menyelesaikan postingan ini, gua telah menyelesaikan to do list, untuk membuat cerpen.

Di tengah-tengah cerita, ide gua mampet. Hati menggoda supaya gua memutuskan untuk berhenti. Udahlah, ngapain dilanjutin. Besok juga masih ada waktu. Sekarang mending senang-senang dulu aja.

Tuh kan. Godaanya mengerikan banget. Lebih mengerikan dari cewek jadi-jadian di pinggir jalan tiap malam. Tapi gua tatap lembar todo list di cermin kamar, dan energi itu datang. Gua pasti bisa ngerjain ini. Harus bisa. Aku bisa, aku pasti bisa, ku tak mau berputus asa.

Enggg. kok malah nyanyi ya?

Gua bertahan dan akhirnya bisa menyelesaikan cerpen tersebut. Yihaaa. Menyenangkan rasanya menambahkan satu tanda centang di lembar to do list.

Yang paling susah memang menahan godaan. Banyak banget yang berusaha memalingkan gua dari membuat cerpen. Acara komedi di tv, adek sepupu yang lagi main PES dan sengaja teriak kencang, hape yang udah tang ting tung karena notif. Dan disitulah kegunaan attention. Perhatian. Fokus.

Jika kita fokus kepada suatu hal. Nothing can stop you, except God and yourself.

Nah, begitulah Hari Ke-2 dari 7 Hari Upgrade Diri 

Jadi, apakah kamu sudah fokus dalam mengerjakan sesuatu?
Let me know.

Jangan lupa follow blog gua, supaya lo selalu dapat update artikel terbaru. Ciaooo.


19 comments:

  1. Berusaha untuk focus dan lebih memperhatikan, apalagi dalam hal pelajaran dan omongan/nasihat dari orang-orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh. harus konsentrasi. biar lebih gampang menyerap pelajaran

      Delete
  2. Fokus itu guna banget untuk meningkatkan kesadaran diri atas disiplin dan produktivitas! You go boy! Semangat untuk besook!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, penyelenggaranya komen disini.
      sip kak. hahaha

      Delete
  3. gue rasa gue belum fokus dalam ngerjain sesuatu, bahkan gue belum buat to-do list, ada sih waktu itu, tapi motivasi dari dalam diri gue kurang. *langsung bikin to-do list*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. menumbuhkan motivasi dari diri sendiri emang susah.

      Delete
  4. Motivasi diri sendiri itu gue akuin lebih sulit daripada memotivasi orang lain, saat kita dengan gampangnya ngasih motivasi ke orang tapi terkadang kita gak bisa motivasi diri sendiri.

    Fokus, terkadang emang kabur entah kemana kalo ada godaannya. Yang jelas gue sih berusaha buat kembali mikir kenapa gue harus ngelakuin hal tersebut, dan kemudian bertindak. Walau terkadang progressnya lama, setidaknya menghargai progress itu cukup membantu buat kita motivasi diri sendiri dan tetep fokus sama apa yang kita kerjain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener. makanya motivator pada laris manis. lebih gampang memotivasi orang.

      haha. lagi-lagi kita harus menikmati proses ya

      Delete
  5. assalamualaikum^^ wih lama nggak jumpa ya...
    focus? hmm, sepertinya saya orang yang kurang berkonsentrasi dalam mengerjakan hal, karena saya seringnya ngedobel kerjaan, karena menurut gue kalau di dobel/ngerjain banyak hal dalam satu waktu bisa ngehemat waktu XD tapi resikonya ya nggak bisa fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kemana aja lo Mif.

      gua pernah baca dimana gitu "terkadang melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, malah seperti tidak melakukan pekerjaan sama sekali"

      Delete
  6. Untuk menjadi fokus sangatlah susah. Tapi harus dipaksain :))

    ReplyDelete
  7. susah banget ya ngelakuin to-do list itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak susah banget sih, kalau lo bisa mengalahkan rasa malas dan godaan yang datang

      Delete
  8. dan sampai sekarang gue masih belom bisa fokus T^T
    Semangat kak dalam misi to do list nya (9'^')9

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, harus diusahain trus tuh.

      sip, makasih ya :))

      Delete
  9. Susah kalau gak komit. kadang yang ditargetkan banyak, tapi yang dihasilkan gak sesuai, bahkan jauh dari target. harus fokus yah. semangat diri sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kadang kita emang harus memacu diri kita sendiri agar bisa bekerja keras.

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan