Tuesday, December 31, 2013

Selamat Awal Tahun




Duarr....

Duarrr...

Bunyi petasan sudah mulai bersahut-sahutan. Terompet mulai nyaring dibunyikan.
Pemandangan yang seringkali kita lihat kalau menjelang akhir tahun. Atau jangan-jangan sekarang lo juga lagi bunyiin terompet? semoga ludah lo gak berceceran.

Yup, bentar lagi udah mau masuk tahun 2014. Gua rada heran juga sih sebenarnya. Kenapa setiap tahun harus merayakan tahun baru. 

Bagi gua, pergantian tahun tidak berarti banyak. Hanya pergantian kalender saja. Lagipula, bukankah tahun 2013 ini masih tahun baru? Karena ketika akhir 2012, kita memperingati tahun baru, yaitu 2013. Dan 2013 masih belum berakhir. Jadi 2013 ini masih tahun baru dong.

 Kenapa hanya merayakan tahun baru, seminggu di awal Januari? Bukankah tahun 2014 panjang?

Yang kita peringati kan tahunnya? Bukan cuma awal bulannya? Kalau begitu apa kita mau merayakan tahun baru hingga akhir Desember 2014?

Malam tahun baru juga bagi gua tidak jauh berbeda dengan malam-malam sebenarnya. Tidak lebih dari rotasi dan revolusi bumi. Tidak lebih dari waktu yang terus mengalir. Tidak lebih dari umur gua yang semakin bertambah.

Kalau mau merayakan sih silakan aja. Mau bakar petasan, bakar kembang api, atau bakar rumah sekalipun, ya terserah aja. Selagi lo masih berkecukupan dalam hal materi. Gua juga gak mau ngatur-ngatur. Itu hak  lo.

Tapi, gua cuma mau ngasi saran aja. Kenapa uang harus dihamburkan untuk petasan dan kembang api? Kenapa gak lo kasi aja ke anak kurang mampu. Lo sumbangin ke panti asuhan. Bukankah itu nambah berkah juga buat lo. Siapa yang tau kalau ini adalah tahun terakhir lo menatap dunia? Mending menabung amal kan?

Ya ya. Gua tau. Banyak orang yang menggantungkan rezekinya di bisnis ini. Perputaran uang di bisnis ini pasti cukup besar. Tadi gua baca di koran, seorang pedagang petasan bisa meraup keuntungan 3-5 juta perhari. Siapa gak pengen?

Gaji PNS aja kalah. Belum tentu PNS bisa dapat 5 juta dalam sebulan.

Oh ya. Tiap akhir tahun pasti banyak juga yang menyusun resolusi untuk tahun depan.
Kalau gua sih gak mau repot untuk melakukan hal itu. Resolusi tahun 2013 aja lupa, masak buat resolusi baru lagi. Ibarat janji belum ditepatin, eh udah buat janji lagi.

Lagian resolusi itu semacam rencana jangka panjang kan? Gua kurang suka aja gitu rencana jangka panjang. Karena dari pengalaman gua, sesuatu yang terlalu direncanakan itu malah kebanyakan gagal. Jadi gua cuma berencana untuk sehari ke depan saja. Apa yang bisa gua lakuin besok. Berapa orang yang bisa gua bikin senyum besok. Berapa banyak hujatan yang gua dapat dari orang besok.

Gua bukan perencana yang bagus memang. Gua cuma berserah aja kepada Tuhan. Dia udah tau semua kebutuhan gua kok. Dia udah tau rencana yang terbaik buat gua. Jadi kenapa gua harus sibuk membuat rencana?

Bukan berarti gua hidup luntang-lantung gak jelas ya. Percaya kepada Tuhan tidak akan cukup kalau tidak dilakukan dengan tindakan. Gua cuma melakukan apa yang bisa gua lakuin hari ini dan merencanakan apa yang bisa gua lakuin besok. Apakah sesuai rencana atau tidak, itu urusan Tuhan.
Kayaknya postingan ini udah mulai ngalor ngidul gak jelas. Kenapa pembahasan akhir tahun berujung pasrah pada Tuhan? Gua juga bingung.

Jadi daripada kita semua bingung. Lebih baik gua tutup postingan ini.
Selamat tahun baru buat lo semua. Sampai jumpa tahun depan. Dadahhhh

Eh. Sebelum berpisah. Siapa tau lo punya kenangan unik pas tahun baru, atau lo juga merasa gak penting merayakan tahun baru, boleh dishare loh di kotak komentar.

Dadahhhh lagi


25 comments:

  1. Iya aku juga suka males sama orang yang ngerayain tahun baruan semacam hedon. Semacam buang-buang duit aja. Padahal masih banyak yang bisa dilakuin yang lebih bermanfaat.
    Kenangan selama 2013.... wah jadi pengen baca-baca postingan blog selama setahun kemarin nih, Bang hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, silakan saja baca. semoga matanya gak berdarah. haha
      masih kacau itu

      Delete
  2. gue ngerayain tahun baru di depan leptop doang -___-

    ReplyDelete
  3. aku malah sering buat resolusi nih, biar dalam setahun itu aku punya target untuk diraih. memang ada yang kejadian dan ada juga yang nggak, tapi kan yang penting usahanya. kalau memang belum kelar tahun ini, ya dilanjutin lagi tahun depan di tambah dengan hal-hal baru yang mau diraih.
    tapi soal petasannya aku setuju banget! buang-buang duit aja beli gituan, udah gitu berisik lagi. nggak ada untungnya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung masing-masing sih.
      mending duit beli petasan buat aku aja. haha

      Delete
  4. kasihan langitnya karena petasan hehe

    ReplyDelete
  5. Gue tahun baruan sama cerpen, gila romantis banget gue! Gila!

    ReplyDelete
  6. resolusi saya juga tetap sama dengan resolusi 2013 kemaren, yaitu 1024 x 600 pixel

    #hahah

    ReplyDelete
  7. Yap selamat tahun baru, pernah gue pas taun baru ketiduran, itu adalah hal yang kampret -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua malah pengen banget tidur cepat kalau malam tahun baru

      Delete
  8. Gue setuju. nggak perlu mikirin hal muluk-muluk, misalnya ingin jadi power ranger gitu. Pikirin aja apa yg akan kita lakukan besok, terus besoknya pikirin lagi apa yg akan kita lakuin untuk besoknya lagi. Aaaaak kita sehati, deh :))

    ReplyDelete
  9. Bener juga sih. Masalahnya ada di persepsi kita sendiri. Gue juga ngga pernah ngerayain. Karena emang males. Di garasi juga kelihatan petasan kok. :))

    ReplyDelete
  10. Pencerahan banget buat bikin resolusi tahun ini. Sempet mikir juga penting nggak sih bikin gituan. Ternyata dipikir-pikir lagi, gak begitu guna. Emang enakan target jangka pendek, yang bisa dilakuin esok harinya.

    Tahun baru yang lalu sih biasanya cuma sekedar makan di luar, entah kenapa tahun ini malah biasa aja. Kayak gak penting lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh. gua tau kenapa tahun ini biasa aja. pasti deh karna jomblo. haha
      apa kabar Bruno Mars?

      Delete
  11. tahun baruan gue bobo bobo ganteng dirumah, males keluar rumah, rame benerrrrr.. mending gue tidur yekan, tidur kemaren itu jadi tidur terlama gue. setahun...ahahah

    ReplyDelete
  12. selamat tahun baru, dan selamat kaya raya buat pedagang terompet, petasan dan lain2nya

    ReplyDelete
  13. selamat tahun baru dan artikelnya menarik sekali gan

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan