Saturday, December 28, 2013

Yayasan Blog, Why Not?


Waktu emang gak pernah terasa ya. Cepet banget berlalunya. Kita udah di penghujung tahun 2013 nih. Bentar lagi mau masuk 2014.

Jika tahun ini berakhir, maka genap dua tahun blog ini gua jalankan. Gua isi dengan segala pengalaman, cerita, hingga pemikiran yang kadang kontroversial. Tapi gua masih merasa kurang. Masak hanya ini yang bisa gua lakuin sebagai blogger?
Gua sebenarnya punya beberapa impian setelah beberapa tahun menjadi blogger. Impian gila menurut gua, tapi bukan berarti gak bisa diwujudkan.

Gua punya mimpi, ingin mengajarkan ilmu blog kepada anak-anak di desa terpencil. Jadi gua bakal membentuk suatu yayasan, yang isinya para blogger. Baik yang masih amatir, sampai ke yang sudah profesional. Gua bakal beri nama yayasan ini “Blogtivity”.
Nah yayasan ini mempunyai misi untuk mengajarkan anak-anak diseluruh penjuru tanah air, terutama daerah terisolir, mengenai blog. Tujuannya, supaya anak-anak di daerah terisolir, dapat mengenal yang namanya teknologi.

Tentu sudah banyak relawan yang mengajarkan pembelajaran konvesional kepada mereka. Nah, gua juga ingin membantu mereka, agar tidak buta teknologi.

Yayasan yang gua pimpin, akan membentuk beberapa tim, yang akan bergerak menuju daerah yang masih terbelakang. Akan juga dibentuk tim, yang mensosialisasikan blog kepada anak-anak atau remaja di perkotaan. Namun, fokus gua tetap kepada daerah yang belum terjamah teknologi.

Kalau anak-anak itu sudah mengenal teknologi, sudah mengenal blog, maka generasi muda Indonesia semakin baik SDM nya. Mereka juga bisa meng-upload hasil pembelajaran mereka di blog. Jadi lebih banyak praktek daripada teori. Ketika sudah mahir mengenai teknologi, maka mereka bisa membantu mencerdaskan orang-orang tua di sekitar mereka. Sehingga pembelajarannya terus berlanjut. Akhirnya, semua masyarakat di desa itu terbuka pemikirannya. Dunia yang mereka kira luas, bisa diakses hanya oleh suatu benda berbentuk kotak.

Tentu saja, gua juga bakal memberi tugas kepada mereka. Nah, sistem tugasnya ini bakal seperti giveaway. Nanti mereka bakal buat suatu artikel di blog mereka, yang telah gua tentuin temanya. Terus mereka submit ke blog yayasan. Dengan cara ini, tindak mencotek bisa diminamilisir. Karena jawaban tidak mungkin sama. Walaupun sama, tapi gaya penulisannya pasti beda.

Untuk yang menang, bakal dapat hadiah. Sehingga mereka bisa bersaing secara sehat.
Kendala terbesar, tentu saja jaringan. Oleh karena itu, yayasan gua bakal merangkul provider internet ternama. Berusaha menjalin kerja sama dengan mereka, agar mendirikan tower di daerah terpencil. Sehingga jalur akses internet semakin cepat dan menjangkau hampir seluruh tanah air.

Tim yang gua bentuk hanya berada 6 bulan di suatu daerah. Tapi anak-anak yang telah mengenal blog tadi akan menjadi relawan yayasan. Mereka secara teratur, akan terus mengupdate blog mereka, baik mengenai kondisi desa mereka, atau hanya cerita ngalor-ngidul.
Yayasan Blogtivity juga bakal bekerja sama dengan Bill and Melinda Gates Foundation. Mereka bisa membantu menyalurkan komputer, modem dan semua hal yang dibutuhkan untuk mencerdaskan masyarakat yang buta teknologi.

Nanti alat-alat ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, untuk mengakses internet. Oh ya, situs-situs terlarang sudah pasti bakal gua blokir dulu. Agar tidak mencemari pikiran mereka.

Setiap setahun sekali, yayasan ini bakal mengadakan kopdar skala nasional. Semua blogger, baik yang berada di bawah naungan yayasan, atau blogger yang tidak bergabung, boleh ikut dalam kopdar ini. Semua akomodasi bakal ditanggung oleh yayasan.

Kopdar bakal diadakan selama seminggu penuh. Jadi sesama blogger bisa saling tukar pengalaman, saling menyemangati, dan saling mempererat tali persaudaraan.
Semoga dengan adanya yayasan ini, jumlah blogger di tanah air semakin meningkat pesat. Yayasan ini juga bakal membuat layanan hosting blog gratis yang bisa digunakan oleh blogger manapun.

Tapi, gua gak mau mereka terus terpaku dengan kegiatan dunia maya. Gua juga buat kegiatan yang melatih fisik, melatih teamwork dan melatih kecerdasan. Anak-anak ini harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai, supaya bisa berguna bagi masyarakat.

Membaca buku adalah hal yang wajib mereka lakukan setiap hari.

semoga bisa terwujud.


Gila banget emang impian gua. Tapi, kalau ditekuni sepenuh hati pasti bakal tercapai. Kalau lo punya impian gila lainnya, silakan share di kotak komentar ya. Atau bisa juga lo ikuti giveaway ini.

Atau lo punya impian yang sama dengan gua? ayo saling berbagi pemikiran.

Artikel ini diikutsertakan dalam giveaway impian gila sebagai blogger

Update 14 Januari. Gua menang giveaway yang ini. Sebagai bukti kemenangan, silakan cek pengumuman pemenang disini




70 comments:

  1. semoga bisa terwujud. idenya bagus :)

    ReplyDelete
  2. Keren banget nih, semoga bisa terwujud ya :)

    ReplyDelete
  3. sangat bisa direalisasikan karena sekarang ada PLIK (pusat layanan internet kecamatan) dan desa.id. Semoga itu bisa menjadi modal awal mimpi anda.

    Tapi jangan lupakan tradisi ya... Jangan sampai masyrakat keasyikan fesbukan daripada gotong royong. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kearifan lokal sudah pasti harus tetap dipertahankan

      Delete
  4. Replies
    1. wah bener juga. mungkin gua harus bekerjasama dengan PLN juga

      Delete
  5. Mantap. Semoga kesampaian ya!

    ReplyDelete
  6. Beh. Ternyata lo orangnya bijak banget ya, Ga.
    Impian lo tentang blog, asli, mulia banget loh. Gue pasti turut mendukung kalau mau bikin project kayak gini!!!

    Btw, good luck GA-nya! :)

    ReplyDelete
  7. Keren nih misinya, tambahan lagi bikin generator listrik di daerah-daerah terpencil itu

    ReplyDelete
  8. wah, mau dong hosting gratis:3 hehe. semoga bisa terwujud bang. knapa ga coba aja dulu bikin grup gitu? siapa tau aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo mah gratisan mulu.
      gua sih kan udah gabung di komunitas. dari situ dulu rintisnya

      Delete
    2. siapa yang ga mau gratisan coba? wk.

      Delete
  9. Met pagi...
    Kunjungan pertama ke blog ini. Salam kenal...
    Keren banget ide-nya. Semoga bisa terwujud. Saya supprot dari jauh dan mengikuti perkembangan selanjutnya.
    Blognya saya masukkan ke daftar baca saya. Jadi saya bisa terus memantau.

    Persahabatan forever via blog ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas ujang.
      terimakasih mau didukung.

      mas ujang bisa jadi BFF ku nih. haha

      Delete
  10. Bang Zega ternyata canggih banget ya mimpinya. Hahaha. Tapi mungkin sebelum pengenalan blog, harus dilatih biar suka menulis dulu kali ya. Soalnya kalo orang yang ngga suka nulis, nanti dia bingung mau ngisi apaan ke blognya. Tapi idenya bagus lhoooo. Mau nih diajak kerja sama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mereka gua latih menulisnya ya di blog. biar langsung aja gitu. sekalian menghemat kertas

      Delete
    2. Oh gitu. Jadi semacam sekali dayung,dua tiga pulau terlampau ya.

      Delete
    3. pasti dayungnya gede bgt itu bisa melampaui tiga pulau. haha

      Delete
    4. Huahaha. Bukan sih, kayanya pulaunya aja yang kekecilan. Seupil.

      Delete
  11. Heuheuheu beneran gila ini mah, tapi bukan berarti mustahil juga. Emang seharusnya teknologi juga masuk ke pedalaman. Biar semua makin terbuka wawasannya. Iya gak? Iya aja deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya mereka juga tidak gampang dibodohi. hehe

      Delete
  12. Kalo emang terwujud, saya daftar jadi relawan :)

    ReplyDelete
  13. Ini seruuuu, walaupun gak bisa nyumbang materi, kalau butuh bantuan, berkabar ya kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sip. semua blogger gua kabarin kalau ide ini terealisasi

      Delete
  14. Beuh, ini ide keren banget! Mau dong ikutan kalo beneran jadi :)

    ReplyDelete
  15. sedap bang! gue gabung jadi relawan deh kalo yayasannya udah kebentuk :p
    orang2 pedalaman emang jg harus mengenal teknologi kayak kita, ya tapi tetep harus ngembangin budaya sendiri. Sukses deh!! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga yayasan cepat terbentuk ya.
      budaya nnt bisa disebarluaskan oleh postingan di blog mereka

      Delete
  16. wah keren banget nih, semangat ya! gue yakin ini pahalanya gede :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pahala yg penting bro. saling berbagi aja. biar Tuhan yang mengatur pahala atau bukan

      Delete
  17. Kak! Count me in yaaa! Aku juga mau ikutan bareng kakak!

    ReplyDelete
  18. Salam kenal :)
    semoga impiannya segera terwujud semangat (^_^)/

    ReplyDelete
  19. keren nih idenya, semoga aja bisa terwujud :D

    ReplyDelete
  20. Pengen banget ngebantu, tapi ngebantu apa ya selain doa? :D

    ReplyDelete
  21. gokil ide lu bang zega..

    semoga terwujud, dan pemerintah siap turun tangan.. ini ide bagus biar semua melek teknologi

    tapi bener, kearifan lokal tetap harus dijunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya. generasi muda kita harus melek teknologi. jgn cuma di kota. tapi pedalaman juga

      Delete
  22. bang arman, gue boleh ikutan jadi pengurus yayasan gak? :D ide gila lo yakin bisa terwujud

    ReplyDelete
  23. wah keren impiannya:D pasti hanya sebagian orang yang terpikirkan seperti itu

    hmm apa gue termasuk tinggal ditempat terpencil:D habis disini susah banget cari blogger, cari tweep yang sekampung aja susah apalagi blogger

    ReplyDelete
  24. Bukan ide gila ,ini sih ide keren namanya. Waah kalau beneran anak muda dari kampung hobi nge-blog pasti nantinya wawasannya jauh lebih banyak dari pada anak kota yang cuma mau main chatingan.
    Mdh2an proyek blogtivity bisa cpt terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. semoga mereka juga bisa mengecap fasilitas yang selama ini kita nikmati, tapi tidak kita syukuri

      Delete
  25. Petjah banget impian lo ! Yayasan blog kenapa nggak ? Keren nih, semoga bisa terwujud. Masalahnya untuk baca tulis aja mereka masih kebingungan. Goodluck ya buat lombanya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. makanya nnt pelatihan blog itu mencakup semua. mereka bisa belajar baca tulis di laptop. ada guru konvensional jg kok nnt

      Delete
  26. Replies
    1. impian mbak Titis jg keren tuh
      mari sama-sama wujudkan impian

      Delete
  27. Gue mau kok jadi pengurusnya juga bang hahaha. Goodlcuk Ga-nya, goodluck mimpinya! \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. udah byk yg daftar nih
      semoga ini menang ya. hehe

      Delete
  28. keren kak, semoga menang yaa, semoga terwujud.
    aku juga mau daftar jadi relawan deh, ikhlas banget pastinya, mencerdaskan bangsa. hehe
    ini disini ada suku di sekitar Gunung Bromo Tengger, masih kurang masalah teknologi :( padahal berpotensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. sering dengar cerita tentang suku Tengger juga. semoga nanti kita bisa mengenalkan teknologi pada mereka

      Delete
  29. wah keren ini idenya bang, ntar kalo terwujud kekampung aku yah, disini banyak yang gatau blog karena mereka cuman kenal sama fesbuk sama game online aja .

    ReplyDelete
  30. beta minta jadi relawan klo yayasannya berdiri :)

    cek pengumuman GA beta malam ini di blog beta (12-01-14)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tuh bang.
      tadi udah di cek, kok gak ada ya?

      Delete
  31. Selamat yah bang, udah jadi juara 1..
    wah, sebentar lagi ganti domain tld nih,

    ajarin gue nulis artikel yg bagus dong bang ..
    kalau boleh kasih kritik dan saran di blog gue ya ..

    nafarinm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.
      kurang pandai ngasih kritik nih. masih baru belajar juga. saran gua, terus aja menulis. pasti makin bagus kok nanti

      Delete
  32. Selamat ya kak juara 1 hihihi

    Keren nih impiannya, aku siap kok jadi relawan nanti. Apalagi kalo tugasnya jadi fotografer hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ini yang juara 2 nih. selamat juga ya
      boleh juga tuh. jadi dokumentasi. asal jangan foto narsis aja ntar

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan