Saturday, December 14, 2013

Serunya Kopdar Blogger Medan

Aku melihat jam. Udah jam setengah dua. Hari ini kami akan  mengadakan kopdar blogger medan di Plaza Medan Fair. Tapi janjian ketemuan jam dua. Jadi masih ada waktu setengah jam dulu untuk jalan-jalan.

“Bang, ayo kesini dulu. kami lagi ada promo nih. Pijat refleksi.”
Tiba-tiba ada cewek nyamperin dan langsung narik-narik badanku menuju salah satu toko pijat.

“Maaf mbak, aku gak tertarik.” Aku mencoba menolak secara halus.

Dia memandangku mengiba. “Untuk poin saya aja nih bang.” Ah aku jadi gak tega. Kuikuti sajalah dia. Kopdar masih setengah jam lagi kok.

Hampir 20 menit aku disitu, dipijat pake alat getar. Mungkin itu vibrator untuk gajah. Dan ujung-ujungnya ditawari jadi member. Aku yang sedang merem melek keenakan, langsung tersadar. Urusan duit membawaku ke dunia nyata.

“Maaf mbak. Aku lagi bokek ni. Mahasiswa kere.” Aku langsung ngeloyor diikuti tatapan mengerikan para SPG tersebut.

Aku langsung sms anggota JB, karena udah mau jam 2.

Kak putri gak bisa datang karena sakit. Dewi lagi di jalan. Dan Acil sudah nunggu di depan toko buku, tempat kami janjian.

“Oke aku turun kesitu.” Aku membalas sms Acil.

Ketika sampai di depan toko buku, gak ada yang kelihatannya sedang menunggu. Cuma ibu-ibu yang menggendong anaknya. Apa ini Acil? Tua banget. Aku sms dia untuk memastikan.

“Dimana? Aku uda di depan toko buku ni.”
Gak ada balesan. Ah sial. Apa bakal kena php lagi ni? Gak ada yang datang kopdar?
Dari jauh ada cewek mungil nyamperin, sambil tersenyum tak berdosa.

“Hai.  Acil.” Dia mengulurkan tangan.
“Arman.” Aku menyambut tangannya. “Yang lain udah datang?”
“Belum. Masih di jalan kayaknya.”
Aku manggut-manggut. “Nyari tempat duduk yuk. Pegel nih berdiri terus.”
Acil mengangguk. “Di depan Carrefour itu aja.”

Dan disitulah kami berdua, menunggu yang lain. Sambil mengobrol ringan.
10 menit kemudian Kak dewi datang dengan adiknya, Ade. Disusul kak Rin. Oke, aku cuma cowok, sendirian, semoga aku gak keringat dingin.

Kami menuju salah satu restoran disitu, sambil menunggu yang lain.
Kami mulai dengan obrolan ringan, tentang masih kuliah atau gak? Kuliah dimana? Udah berapa lama ngeblog? Suka ikut giveaway gak? Kenapa masih jomblo? Oke, yang terakhir cuma khayalanku saja.

Selagi asyik ngobrol sama Kak Rin, ada seorang makhluk yang diam-diam cuma asik makan dan udah ngabisin dua menu berbeda. Acil tampaknya memang lagi kelaparan.

Tidak lama kemudian, Rudi datang, Yoga menyusul, terus Fadli, bang Purba, Abdillah, Affan, dan Akbar.

Akbar agak telat datang. Dan pas datang pun gak bilang-bilang. Langsung ngambil tempat di belakang kami. Setelah berlalu setengah jam, barulah kami menyadari kebodohan masing-masing. Akbar datang membawa anak SMK yang tertarik dengan web design dan mau gabung menjadi blogger. Tapi mereka ini masing-masing membawa pasangannya. Mereka gak bilang sih, tapi kami curiga gitu. Hahaha. Cukup membuat iri sebetulnya.

Kami bicarain banyak hal disitu. Mulai dari share pengalaman ikut GA, ada yang pernah menang lomba blog yang diadain Honda ternyata, yaitu Fadli. Fadli trafiknya udah lumayan, sekitar 600 perhari. Udah expert nih.

Tiba-tiba, gerombolan anak SMK ini menyela, dan mengajukan pertanyaan.

“Apasih Jamban Blogger itu kak? Dan apa visi misi dibuat forum tersebut.”

Aku diam. Meresapi pertanyaan tersebut. Yang lain cuma lirik-lirik.

“kalau filosofi sih, kan jamban itu tempat kita membuang segala sesuatu, jadi jamban blogger itu adalah forum dimana kita bisa membuang semua hal-hal yang mengganjal pikiran kita, semua pertanyaan yang tidak kita tau jawabannya, dan curhatan sehari-hari. Semuanya bisa kita ungkapkan di forum tersebut. Tapi kalau urusan visi misi, kami kurang tau juga. Karena yang buat forum ini bukan kami.”

Mereka belum puas tampaknya.

“Keuntungan ngeblog itu apasih?” Cecar mereka.

“Banyak. Bisa dapat banyak kawan. Bisa nyalurin pendapat kita yang frontal sekalipun. Dan bisa diterbitkan menjadi buku juga.”

Rudi menambahkan “ Bisa juga dapat duit lewat iklan, atau menang lomba blog seperti Fadli ini.” Fadli cuma senyum-senyum. Ni anak jarang banget ngomong.

“Kalau menurut abang dan kakak, lebih penting mana tampilan atau isi blog?”

Kenapa aku tiba-tiba merasa seperti baru siap presentasi dan terus dibombardir dengan pertanyaan? Tapi bagus sih, biar kopdar ini lebih hidup.

Yoga bersuara “Penting dua-duanya sih. Karena kalau isi bagus tapi tampilan gak rapi, pasti buat gak nyaman. Dan kalau tampilan rapi, tapi isi gak bagus ya pasti gak ada pengunjung. Jadi diusahakan tetap seimbang.”
Diskusi semakin memanas. Kami semua saling share pengalaman kami dalam hal ngeblog.
Aku tak mau kalah dengan anak smk. Jadi aku bertanya “Seberapa sering kalian update postingan di blog?”

Jawabannya beragam. Seperti Kak Dewi yang update postingan kalau ada pulsa modem, Kak Rin update kalau ada ide, makanya dia sering ikutan GA. Acil juga sama dengan Kak Rin, kalau ada ide.

Kalau bang Purba lebih keren, dia update postingan minimal dua kali sehari. Gile.
Kopdar hari ini berjalan seru. Sangat seru malah. Kami layaknya kawan lama yang udah lama gak ketemu. Gak ada rasa sungkan, udah mulai saling ejek, saling tertawa, bahkan ada yang udah saling kode-kodean.  

Sayangnya aku gak bisa lama-lama. Ada urusan. Jadinya pulang lebih cepat. Sial. Ingin rasanya menghentikan waktu, karena ini terlalu asyik dan waktu terlalu cepat berlalu.

Oh ya. Peserta kopdar kali ini gak cuma anak JB. Tapi gabungan dari komunitas blogger medan lain.

Rencananya, kami bakal ngadain kopdar ini bulan Januari tahun depan. Semoga terlaksana dengan baik.

Artikel ini pasti banyak banget kekurangannya. Dan terlalu panjang sepertinya. Hehe. Maaf ya semua.

Semoga yang lain memberikan review yang lebih bagus dari ini.

Sebagai pelipur lara, nih foto kami pas kopdar. 



Yang cewek baju hijau Kak Dewi, trus di belakangnya Kak Rin, Acil, yang pake kacamata Fadli, yang baju putih Rudi, yang jaket merah aku, trus Yoga dan Bang Purba.

cari perbedaan dengan foto di atas

udah mulai rame kopdarnya


foto dari angle berbeda


Fadli lagi ngasi konsultasi gratis supaya dapat duit dari blog

daftar blogger yang ikut kopdar hari ini


Sekian artikel tentang Kopdar Blogger Medan. Sampai jumpa di kopdar berikutnya guys.

52 comments:

  1. Jadi...... Aku dikira ibu-ibu gendong anak? Hastagaaa :(((

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget medan udah duluan. Rame pula. Dan, itu sadis. Dua kali sehari ngeposting. :o

    ReplyDelete
  3. mantap gan, semoga lain kali kopdarnya lebih seru, dan ditempat yang lebih leluasa..hahah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling penting, ada yang bisa kita mintain tolong untuk motoin. haha

      Delete
  4. Seharusnya karakter aku dibuat bro, aku kan pendiam dari sesi datang ampe selesai acara

    ReplyDelete
    Replies
    1. karakter ndasmu. ini kan bukan cerpen. pendiam dari mana, kau tukang modusnya

      Delete
    2. Aku tukang ojek cuy bukan tukang modus XD,
      Ni lagi ngumpulin mood biar posting kopdar tadi,

      Delete
    3. yah silakan silakan. nanti aku mampir ke blog mu

      Delete
    4. pendiam itu kayak abang yang pake kacamata tu sam si akbar cukup diam dan dengar hehehe *maaf :))

      Delete
  5. Waaah senangnya udah kopdar. JB Jogja mau kopdar besok nih. Ikutan lagi sini Bang =) Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah. jauh amat. bolak balik jogja medan. capek di jalan

      Delete
  6. Kopdar itu emang selalu asyik buat diikuti.

    ReplyDelete
  7. bedeeehhhhh jadi ngiri awak ga bisa ikut.
    rame juga blogger medan.
    Kalo januari jadi harus ikut ya, kabarin man :D

    ReplyDelete
  8. Seru banget kopdarnya, walaupun baru ketemu muka hari itu disitu tapi kita bisa langsung akrab, kayak yang udah kenal lama. Seneng deh bisa ketemu kalian guys,, *peyuk atu-atu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopdar selanjutnya harus lebih seru. awas aja kalau co kopdar telat lagi

      Delete
  9. asyik juga ya kopdar sepertinya,
    tapi gue belum pernah ikutan kopdar:D, karna anak banjarbaru dikit kyknya yg ngeblog, kalau kebanjarmasin lumayan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga blogger disana cepat berkembang ya. biar bisa kopdar rame-rame juga lo

      Delete
  10. mampir ya

    www.ome-notspecial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Pernah ditarik terus dikasih olesan ke muka alhasil "pasrah" aja.Masih belum expert bang, sama kita semua. Semoga kopdar selanjutnya lebih leluasa lagi ya bang" dan kk".

    NB: Selama kopdar para waiters nya ngelihat kita terus ntah karena kelamaan atau pengen ikutan tau juga apa yang dinimbrungkan. That's all what i saw. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe iyaa mungkin juga waitersnya sebel karena kita udah nguasai tu tempat

      Delete
    2. Yang dilihatin pun sok ganteng kali yah, cc: cowok-cowoknya

      Delete
    3. oh. yang krim pemutih itu ya. aku juga udah pernah kena. haha

      kan bener, fadli memang membaca situasi. meski pendiam tapi ngamatin semuanya

      Delete
  12. semoga januari aku bisa ikut :)

    ReplyDelete
  13. seneng deh acara kopdar paling seru gak garing kayak kerupuk...
    taun depan dilanjutkan yaa dan semg bisa kumpul lagi tapi jangan hari senin-jumat soalnya aku ada jadwal ngeles di rumah dan rencn juga mau ngajar siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. aku maunya kita kopdar dari pagi. terus jalan-jalan gitu

      Delete
  14. mampir juga yaa ke blognya aku http://embunmyinspiration-embun.blogspot.com/2013/10/rindu-hujan-dan-gersang.html

    ReplyDelete
  15. haha gerombolan anak SMK, hehe, yg cewek itu semua anak farmasi, mereka ingin tahu ttg blog, makanya saya ajak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kan semakin seru awal taun ikutan lagi aja

      Delete
    2. gapapa sih. kirim salam sama mereka ya. haha
      kopdar selanjutnya suruh datang aja

      Delete
  16. seru yaaa. pengen deh bisa ikutan kopdar-kopdar gitu, tapi mesti berhalangan :p

    ReplyDelete
  17. wah senengnya... JB= jamban blogger kan??
    aku member lho, tapi kurang aktif aja, bahkan dulu termasuk orang yang pertama2 kali jadei member

    ReplyDelete
  18. Like This Buat Acara kemarin...
    *tring*

    ReplyDelete
  19. aaaakk pengen ikuuttt
    aku bukan dari grup blogger mana2, cuma blogger yang blognya lebih sering dijaddin tempat curhat, boleh ikutkan next kopdar?? :)

    ReplyDelete
  20. Beh. Rame. Banget!
    Itu bang purba gak pernah ngerasain kehabisan ide, ya?
    Gila, minimal dua kali sehari, update......... Kalau aja gue di suruh gitu? pasti udah melambaikan tangan kayak acara uka-uka. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. sama
      gua aja cuma seminggu sekali updatenya

      Delete
  21. <- gapernah ikut kopdar sama sekali. kayaknya seru ya..

    ReplyDelete
  22. Kayaknya bang Purba cinta sama keyboardnya deh, dia selalu menyentuhnya setiap hari hahaha. Btw, iri sama kopdarnya, rame buanget. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan lo udah ngadain kopdar juga kemaren. mana reviewnya?

      Delete
  23. seruu jadi pengen ikut kopdar dah :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan