Thursday, January 2, 2014

Hilangkan Saja Captcha mu

Gua sangat suka blogwalking. Berkunjung ke blog orang lain, memberi komentar di postingan mereka. Saling blogwalking adalah hal yang sangat penting.
Dulu, blog gua sepi kayak kuburan. Setiap bikin postingan gak ada yang komen. Setelah gua rajin blogwalking, maka komentar pun melimpah. Hal ini tentu saja memicu semangat untuk terus membuat postingan.

Tapi, ada satu hal yang gua gak suka tiap kali blogwalking. Itu adalah verifikasi chaptcha. Ini sangat menyulitkan, terutama kalau mata pembaca rada rabun. Gua yang masih bisa melihat dengan jelas aja, kadang bisa salah masukkan kode. Dan bukan cuma sekali dua kali. Kadang bisa sampai empat kali. 

Gua sungguh gak ngerti dengan orang yang mengaktifkan verifikasi ini. Mengharapkan komentar pembaca, tapi menyulitkan pembaca untuk mengomentari. Ini memang untuk mencegah spam. Tapi, kan bisa lo atur moderasi komentar. Itu masih lebih bijak, daripada verifikasi chaptcha.

Dan ajaibnya, ternyata masih ada blogger yang tidak tau cara menonaktifkan verifikasi chaptcha.

Yah, untuk mempermudah gua yang hobi blogwalking, maka gua share disini cara untuk menghilangkan verifikasi chaptcha di blog.

1. Masuk ke dashboard blog, dan klik blog lo. Terus, dari menu-menu ini, pilih setting.


kalau blog lo berbahasa indonesia, maka yang harus di klik adalah "setelan"


2. Setelah nge-klik setelan/settings, maka yang muncul adalah gambar ini. 


klik pos dan komentar



3. klik verifikasi kata atau verifikasi chaptcha. Ubah jadi “tidak”.



4. klik, simpan setelan di pojok kanan atas




Gimana, mudah kan cara menghilangkan verifikasi chaptcha di blog. Kalau blog lo masih mengaktifkan verifikasi chaptcha, buruan deh matiin. Supaya para pembaca blog lo, lebih leluasa untuk memberikan komentar. Dan lo semakin semangat nge-blog.

Demikian tips dari gua, semoga berguna buat lo semua. Gua mau tidur dulu. Posting artikel dini hari emang gak enak banget. Tapi apa daya, insomnia menyerang. Kok malah curhat ya. Hehe


Dahhhh

55 comments:

  1. bener mas bro, gue kadang2 kesel coy liat captcha, ga pas ngomen, ga pas download software, pokoknya kesel~ hahha

    ReplyDelete
  2. Setuju. Paling males ngetik captcha-nya waktu mau ninggalin komentar.

    ReplyDelete
  3. paling kesel gue kalo mau komen ada chaptanya gitu, malesin. berasa ga jadi pen komen-_-

    ReplyDelete
  4. hahaha setuju bro..
    Mampir blog walking ya..

    www.mustofaabihamid.com

    ReplyDelete
  5. Iya, ane sendiri emang sengaja nggak mengaktifkan fitur capcay itu biar yang mau komeng nggak males, juga biar banyak gitu :)

    ReplyDelete
  6. Bagus Bang tutorialnya. Seharusnya setelah baca ini pada menon-aktifkan captcha-nya.
    Oh iya, yang bikin males waktu captcha-nya keluar itu pasti ada tulisan "prove that you are not a robot." Uh pleaseeee.

    ReplyDelete
  7. Ada fungsi tersendiri mengapa google mengaktifkan captcha, captcha berfungsi untuk menghindari spammer yang mebanjiri komen maupun post di blogger.

    bayangkan saja di blog dengan traffic 10.000 per hari, dengan komen 100 per jam bakalan pusing nantinya admin blog menghapus komen sampah bila tidak diaktifkan captcha nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, tapi sebaiknya dibuka. Traffic akan lebih mudah dijangkau. Soal spammer kan ada trik sendiri buat menghadapi mereka hehe *peace*

      Delete
    2. kan masih bisa diatur untuk moderasi. kalau gak berkenan, ya abaikan saja.
      lagian admin ngapain juga menghapus komentar sampah? kalau komentar kepanjangan kan bisa dibuat scroll komentar

      Delete
  8. iya:D klo komentar masih bisa dimoderasi dan jumlahnya dibawah ratusan mending nggak usah pake verifikasi chaptcha, gue sih sebelnya ketika blogwalking saat pke hape trus ada chaptcha, pasti bakal kepotong chaptchanya dan urung deh untuk berkomentar

    blog guepun udah di nonaktifkan chaptchanya:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung gua blogwalker yang baik, jadi tetap mengisi kotak captcha. tapi lama-lama sebel juga.

      selamat kalau gitu Mif

      Delete
  9. happy blogwalkinglah kalau begitu. :-D

    ReplyDelete
  10. betul sekali yang agan bilang tentang verifikasi captcha itu, saya juga paling sebel kalau kode captchanya susah dibaca. makasih tipsnya perlu dicoba gan.

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya baaaaang! sama sarannya juga, udah gue laksanain kok :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah. baguslah kalau begitu. gua jadi leluasa komen di blog lo

      Delete
  12. dan saya jg baru tahu ada cara ngilangin chapta-chapta itu, haha
    nice info *brb ke tkp*

    ReplyDelete
  13. Blog gue nggak pernah pake captcha dong ya mehwheehe

    ReplyDelete
  14. beberapa hari yang lalu baru di non aktifin :D jadi udah gak ada captcha"nya *kedipkedip* :))

    ReplyDelete
  15. wahahah masalah yang kit hadapi sama, Ga... berhubung gue blogwalkingnya pake HP gue yang agak-agak kurang smart alhasil captcha2 nya ga jelas dan jadi beralih deh.. *ko malah jadi curhat*

    baguslah udah ada yang bikin tutorial gini... semoga banyak yang baca dan banyak yang langsung menonaktifkannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kalau make hp, malah gak bisa komen.

      iya, semoga banyak yang insyaf

      Delete
  16. Gue juga gak pake captcha dongskiii wakakka

    ReplyDelete
  17. Gue up and share aja nih ya tipsnya, karena apa yang mau gue omongin udah diomongin komentator lo bang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, manfaat captcha itu adalah menghindari komentar spam dari robot, karena kadang robot yang coment itu bisa bikin blog jadi error dan susah di aksesnya T.T

      Delete
    2. lo komen trus bales sendiri.
      haha

      iya, gua tau fungsi captcha. tapi males aja sih harus verifikasi tiap BW

      Delete
  18. bener banget nih, captcha emang nyebelin, apalagi kalau salah berkali-kali, jadi nggak mood ngomen lagi deh -..-

    ReplyDelete
  19. yoi bro captcha itu ngeselin, udah tulisannya jelek, gue bingung yang nulis bisa bikin tulisan miring-miring gak jelas gitu, pala gue jadi ikut miring jadinya.

    ReplyDelete
  20. kalo ada captcha rasanya males banget komentar. kalo ada captchay rasanya jadi pengen makan terus.

    ReplyDelete
  21. gue juga kesel sih, tapi karena blog gw sepi jadi gue matiin fitur captchanya :3 , mau anonim yang komen juga gw udah seneng banget broo, tapi kalau banyak yang kesel sama captcha gue punya saran, kalau misalnya mau nulis captcha mening langsung di reload agar tar yang muncul angka semua, dari pada tulisan yang gak jelas bikin sakit mata, :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau tulisannya gak jelas gua reload terus. kalau tetap gak kebaca, gua close tab aja

      Delete
  22. jangan ada captcha diantara kita B|
    hahah...

    ReplyDelete
  23. setuju bro, kita aja sering bingung dengan captcha apalagi robot kan?, mereka nggak tau perasaan robot si wkwk.
    kata afgan : captchakan tidak pada komentar :D

    ReplyDelete
  24. ane punya banyak blog, salah satunya blogdetik. di blogdetik defaultnya begitu, ga bisa dihilangkan. :(

    ReplyDelete
  25. bener banget bg, aku juga nggak suka pakek captcha *kasih jempol *

    ReplyDelete
  26. iya bener banget bang... kadang mata pake kaca matapun masih kgk jelas -_-

    ReplyDelete
  27. iya apalagi baru2x google memperbarui capthcanya, paling ngeselin kalo dah ketemu street name ama marka jalan . . . beuh . . . gg kelar2x men . . . pingin tak klose aja tu tab

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan