Monday, January 27, 2014

Hemat Tiada Tara




Gua hobi banget membaca komik. Kebiasaan membaca komik udah gua mulai sejak kelas 3 sd. Dulu, gua dibeliin komik Shinchan, Conan, Donal Bebek, dan Kungfu Boy. Untunglah dulu gua belum mengenal majalah Playboy. Kalau udah, mungkin gua bakal merengek minta dibelikan itu. Sebagai anak SD, pubertas gua emang mengkhawatirkan.

Tapi dari semua itu, gua paling suka baca Donal Bebek. Kenapa? Karena gua mau beternak bebek.

Oke ralat. Gua suka Donal Bebek karena selain lucu, juga ada tokoh yang bernama Paman Gober. Paman Gober ini adalah bebek terkaya di seluruh jagat raya. Dia sampai bikin gudang uang sendiri untuk menampung uangnya yang melimpah. Dia juga suka berenang di antara tumpukan uangnya. Mungkin bulunya terbuat dari baja 24 karat, jadi gak sakit pas berenang di antara uang logam.

Walaupun kaya, Paman Gober ini kikirnya bukan main. Atau dalam bahasa dia, HEMAT. Dia lebih suka numpang makan di rumah Donal, daripada mesan makanan. Dia juga suka datang ke taman untuk membaca koran bekas ketimbang membeli koran baru. Padahal hampir semua restoran dan penerbitan di Kota Bebek adalah punya dia.

Mungkin karena kebanyakan membaca komik ini, gua juga jadi ikutan kikir, eh salah, hemat. Gua berusaha sebisa mungkin untuk melakukan tindakan pengiritan.

Contohnya baju. Gua biasanya make baju yang sama untuk jangka waktu dua hari. Selain untuk menghemat air untuk mencuci, juga karena gua malas nyuci baju. Biasanya sih kalau baunya belum mampu membuat bulu idung mengalami penuaan dini, maka gua akan terus memakai baju itu.

Inilah salah satu enaknya jomblo. Gak ada yang protes dengan bau badan lo yang bisa bikin tikus got mati.

Contoh lain kalau lagi mandi. Di daerah gua, kadang air suka macet. Gak mau ngalir. Sementara gua mau mandi dan air di bak gak mencukupi. Paling cuma bisa beberapa gayung doang. Tapi karena kejadian ini berlangsung cukup sering, gua jadi punya kiat khusus untuk mengatasinya.

Gua kasih tipsnya nih, mandi hanya bermodalkan beberapa gayung.

1. Gunakan gayung pertama untuk membasahi badan.
2. Usapkan sabun di badan, terus gosok gigi, lalu keramas pake shampo. Lakukan semuanya tanpa membilas badan terlebih dahulu.
3. Bilas badan dengan gayung terakhir.

Selesai deh. Lo bisa mandi dengan bersih tapi tetap irit.

Pengiritan lain yang suka gua lakuin adalah masalah kancut. Gua itu juga suka make kancut yang sama selama dua hari atau lebih. Alasannya sederhana, males nyuci. Jadi tinggal tukar tuh kancut jadi side A atau side B.

Pelit? Tidak.
Irit? Iya.
Gatel? Oh jelas.

Kegiatan irit versi gua mungkin menurut lo jorok. Tapi lo harus tau, berapa banyak penghematan yang bisa lo dapat dengan irit. Seperti kasus gua, mungkin udah berapa liter air yang berhasil gua hemat saking iritnya. Mungkin lo bilang, “Indonesia kan dikelilingi air, ngapain juga dihemat.”

Ya, emang bener. Indonesia dikeliling air. Tapi air laut. Bukan air tawar. Kadang malah dikelilingi air banjir. Emang lo mau gunain air kayak gitu. Air bersih masih menjadi persoalan di negara kita. Banyak daerah terpencil yang untuk mandi saja, mereka harus naik motor. Bukan karena rumahnya gede, tapi karena sumber airnya jauh dari pemukiman penduduk.

Sumber air lainnya di Indonesia adalah sungai. Tapi sekitar 65% sungai di Indonesia sudah tercemar. Entah itu limbah pabrik ataupun sampah. Danau pun tidak berbeda jauh keadaannya.

Kabarnya sih, tahun 2025, seluruh dunia akan mengalami krisis air bersih. Walaupun dua pertiga dari permukaan bumi adalah air, tapi hanya lima persen yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Tidak ada salahnya kan berhemat dari sekarang. Walaupun itu hanya air. Setidaknya nanti, anak cucu lo bisa mandi dengan air bersih, bukan dengan minyak makan.

"Irit, merupakan sikap yang bijaksana dalam hidup. Bukan hanya dalam rangka menghemat pengeluaran agar dapat menabung beberapa rupiah, namun irit merupakan sikap yang menghargai kehidupan dengan menghindari pemborosan." Kak Akin, blogger tanpa nama.

Bukankah di Indonesia ada pepatah lama yang mengatakan “ Hemat Pangkal Kaya”. Sayangnya pepatah ini, perlahan mulai dilupakan. Sifat konsumerisme dan hedonisme menguasai setiap sel tubuh kita. Sudah saatnya kita mengubah sifat, untuk menjadikan dunia lebih baik.

Apakah sekarang lo tertarik juga untuk hidup lebih hemat? Atau lo juga punya kisah irit yang sama dengan gua. yuk, saling berbagi di kotak komentar.

62 comments:

  1. hmmmm... untung saya mandi 2 hari sekali. hahaha

    ReplyDelete
  2. saya cuma mandi satu kali sehari. padahal saya cewek. lagian juga saya tinggal di daerah dingin jadi jarang berkeringat. jadi, saya juga hemat kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemat banget. itu tinggal di dataran tinggi ya? pasti dingin banget tuh airnya

      Delete
  3. Gilaaak ga, lo irit banget wkwkwk. Kalo hari libur gue biasanya suka males mandi pagi, jadi mandinya sore doang. Berarti gue termasuk irit juga kan?

    ReplyDelete
  4. Air juga beli ke perusahaan air daerah @_@ jadi harus irit

    ReplyDelete
  5. Mandi hanya dua kali gayung?, rekorr... rekorr nihhh.... :v

    ReplyDelete
  6. gue malah mandi kalo musim ujan sama musim kawin doang, itu irit gak bro? iya. gatel? oh, pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung lo mandinya bukan cuma pas musim salju ya bro

      Delete
  7. irit memang banyak macemnya ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dong. tapi kita mulai dari hal yang sederhana aja dulu

      Delete
  8. Jadi semacam Tuan Kreb gitu ya, tapi kalau di aduin Paman Gober sama Tuan Kreb menang mana ya?

    Kalau ga salah gue pernah baca di komiknya Paman Gober, dia tuh pernah ngerencanain Hak Paten Oksigen? gila?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih hebat Paman Gober lah.

      udara dibuat paten? kelewat kreatif itu mah

      Delete
  9. Kalau mau irit mandinya jangan dirumah, Ga.
    Tapi di MCK. Dengan cukup membayar uang sebesar 2rb. Lo bebas dengan tamak menggunakan air tersebut. Keren kan ide gue? Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yee. irit jangan merugikan orang lain juga lah

      Delete
  10. Klo yg irit Side A dan B itu? Huaaaa.....sptnya gak hanya gatel tp bs berlanjut sakit kulit tuh

    # irit itu gak bikin.mubadZir deh

    ReplyDelete
  11. Gue kalo hari sekolah mandi sehari sekali, kalo libur mandi pun juga libur, pernah sampe 1 minggu nggak mandi, tapi gue tetep cuci muka dan gosok gigi wajib

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat. daki lo bertambah. haha

      Delete
    2. Wah kmpret bener tipsnya bang hahaha,dulu kebiasaan gue juga gitu waktu SMP bukan karna ingin ngirit sih tapi karna males mandi,mandi cuma syarat aja karna disuruh nyokap ya gitu jadinya.

      Kalo ada waktu kunjungi juga blog gue ya bang http://mahasiswadancobaan.blogspot.com :)

      Delete
    3. pasti lo banyak2in parfum deh abis itu. haha

      meluncur ke blog lo

      Delete
  12. Cara mandi kita mirip. Toss :D
    Aku juga sempat mikir, emangnya bisa apa berenang di antara duit logam? Tapi ya sudahlah, namanya juga komik. Hehe...

    Terima kasih sudah ikutan GA Irit tapi Bukan Pelit. Sudah tercatatr sebagai peserta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kak akin mandinya gitu juga. haha. biasanya kan cewek lebih lama mandi

      Delete
  13. itu mah bener-bener kikir bukan hemat -_-
    ampe baju malas nyuci gitu. haha

    ReplyDelete
  14. Biasanya yang jomblo tuh yang gak irit sabun hehehe.

    ReplyDelete
  15. Orang irit itu emang kreatif. Orang kreatif itu kalo mandi yaaa kaya yang lo sebutin tadi. Dua gayung? No problemo!

    ReplyDelete
  16. Seorang yang irit pasti ada aja idenya :D

    ReplyDelete
  17. gue juga suka donal bebek #salahfokus

    ReplyDelete
  18. emang perlu banget tuh berhemat air bersih..
    cara berhematnya lucu juga, unik, dan aneh :D
    #eh folback blog aku ya sob!

    ReplyDelete
  19. Hihihi. Kalo kata temen gue, 'mandi mah cuman buat orang yang membutuhkan' :))

    ReplyDelete
  20. hahahaha, gokil emang kamu ga, side A side B *ngakak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lah ga, Aset penting itu mah, mending gak mandi daripada gak ganti kolor

      Delete
  21. hhaha, unik :D aku meski suka baca, lebih suka pinjem atau beli yang memang dibutuhkan. kalo pas ada temen yang sama-sama suka baca, jadi bisa tuker-tukeran deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah nanti udah dipinjem, lupa balikin. klaim hak milik

      Delete
  22. mau lebih irit tinggal nyebur ke kali aja, sekali bilasahahhaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. takutnya jumpa sama yang suka ngambang itu loh. haha

      Delete
  23. Gue cukup ganti baju+kancut 2 hari aja, gak pernah lebih,
    bener hemat banget lu bro, tapi gatel gak papa ya bro..

    ReplyDelete
  24. hoho...irit pangkal gatel niiih sepertinya...but it was very fresh :D...lucuuuu...salam kenal et sukses yaaa kontesnyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya nih yg fresh? kancutnya fresh?
      makasih mbak. salam kenal juga

      Delete
  25. side a side b itu irit yang beresiko, hahaha :)

    ReplyDelete
  26. setelah nikah gue sekarang mulai belajar irit, udah ada tanggung jawab yang besar soalnya. gak bisa seenaknya sendiri make uang. sekarang mikirnya kerja juga buat istri.
    good luck yak...
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. ada yang udah nikah. kan biasanya yang ngatur keuangan istri ?

      Delete
  27. Berati gue termasuk orang yang hemat air karena mandi pas mau pergi sekolah aja ._.

    ReplyDelete
  28. sekarang mah emang udah gak zaman lagi mandi 2x sehari, sekarang udah zamannya mandi 2 hari sekali kok:D

    klo gue yang sering ngehemat itu adalah hemat quota, ya klo kuota lagi sakaratulmaut gue blogwalkingnya cuma via hp

    ReplyDelete
  29. Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

    Salam,
    @apikecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. terimakasih juga udah mampir disini.

      salam

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan