Sunday, February 8, 2015

[KONSULTASAL] Benci atau Cinta?


Gak terasa tahun 2015 udah memasuki bulan kedua. Bulan Februari. Bulan mistis bagi para jomblo. Karena di bulan ini ada Hari Valentine. Apalagi Valentine kali ini pas banget jatuh di malam minggu. Sempurnalah penderitaan jomblo.

Tapi, tak apalah. Biarkan mereka bersenang-senang di hari tersebut. Dan mari kita berkejang-kejang.

Skip soal Valentine.

Seperti biasa, tiap bulan ada segmen khusus curhat-curhatan di blog ini. Dan pasienku semakin membludak aja. Kira-kira kalau aku buat tarif khusus, mereka masih mau curhat gak ya? Hmm. #OtakBisnis.

Penasaran dengan kasus kali ini? Silakan dibaca curhatannya.

Hai Bang Ar.. namaku Candy. Ngeliat orang2 pada curhat, aku jadi pengen ikutan nih.. boleh gak ?  Oke makasih..
Jadi gini .. aku gak mau curhat tentang cinta kok, Bang. Aku disini mau curhat tentang temen sekelas yang nyebelin. Sebut saja namanya Jay. Awal awal masuk di kelas 11, Jay itu minta pin bb aku . Belum sempet dikasih, temen sekelas kompak banget teriak "ciyeeeeeee". Akhirnya, aku gak jadi kasih pin gara-gara itu.

Semenjak itu, kalau kita berdua berpapasan, kelompokan jadi canggung banget. Jadi berasa risih. Kenapa ?? Karena setiap deket dikit temen sekelas itu bilang ciye ciye.. Padahal aku sama dia juga gak ada rasa apa-apa. Dan entah kenapa sampe sekarang aku sama Jay gak pernah akur atau akrab kaya temen lainnya.. Pernah sih akrab, itupun kalau lagi ulangan aja. Kebetulan aku sama Jay nomor absennya berurutan.

Padahal aku sebenernya pengen akrab sama dia. Tapi apa daya?? Jay terlihat dingin sama aku. Karena sifatnya itu sekarang aku agak benci sama dia. Jay itu punya geng. Segengnya itu nyebelin semua. Suka bully bully orang gitu. Tapi kalau geng kunyuk mereka lagi butuh bantuan, baru deh sok sok baik sama kami semua. Tapi entah kenapa kalau satu kali aja dia minta bantuan sama aku, aku gabisa gak bantu. Pasti selalu aku bantu.

Padahal kalo dia lagi nyebelin dalam hati mah bilang "awas aja gak bakal aku kasih bantuan lagi". Pada akhirnya tetep aku bantu juga. Itu kenapa ya? Minta solusinya deh gimana caranya untuk gak benci sama dia dan bisa bersikap biasa aja sama dia. Karena aku juga berasa risih kan kalo ada temen satu kelas tapi cuek-cuekkan dan kayak gak kenal satu sama lain. Sedih juga sih rasanya kalo dia itu kayak gak nganggep aku ada dikelas. Abisnya dia kalo di kelas gak pernah tanya apapun sama aku. Fufufu.
Mohon solusinya ya, Bang.

Hai Candy. Boleh kok curhat. Boleh banget malah.

Jadi kamu menganggap Jay ini adalah orang yang nyebelin? Saranku sih, hati-hati aja ya. Karena biasanya orang yang kita anggap nyebelin, malah berakhir jadi orang yang kita sayang. Yaaa, setidaknya di FTV sih gitu. Kalau dia emang nyebelin, walaupun gak diciein, harusnya kamu gak ngasih pin bb juga kan? Ngapain juga. Tapi entah kenapa, aku menangkap pesan, kalau gak diciein, kamu bakal ngasih pin bb itu. Sekarang kamu masih yakin dia senyebelin itu?

Kalau gak ada rasa apa-apa, kenapa juga kalian malah jadi canggung? Harusnya biasa aja dong kalau diciein. Sama kayak  sepatu baru yang diciein, paling dipijak doang. Udah kelar. Atau kalian jadi canggung karena menunggu dipijak juga? *angkat sepatu* *bersiap memijak* *lalu gangnam style*

Satu kode dari alam sudah muncul. Nama absen yang berurutan. Ini sebenarnya kode alam. Coba deh nomor absen kamu dan Jay, kamu masukin ke nomor togel. Empat nomor. Kali aja menang. Kamu bisa kaya. Yaa, kalau udah kaya, inget-inget aku ya. Hahaha.

Tau gak. Kamu itu terlalu mengingkari perasaan kayaknya. Di awal kamu bilang kalau Jay itu nyebelin. Eh ternyata, kamu malah pengen akur dan akrab sama dia. Hayooo. Ada apa ini? Biasanya orang yang dianggap nyebelin itu kan dijauhin. Kamu malah berbeda. Yakin dia emang nyebelin?

Bukti lainnya adalah. Kamu gak bisa menolak permintaan dari dia. Aku punya teman, yang selalu mau melakukan apapun yang disuruh gebetannya. Rada kasian sih ngeliat dia. Tapi dia selalu beralasan, “Beginilah caraku mencintainya.” Preeettt. Cinta gak akan menjadikanmu babu juga kali.

Sama kayak kamu. Walaupun udah buat seribu janji di dalam hati kalau kamu gak bakal nolong dia. Tetep aja kan kamu tolongin juga. Kalau dia nyebelin, harusnya dengan gampang dong kamu tolak permintaannya. Malah kalau bisa kamu bilang, “Kerjain sendiri dong. Makanya otak itu dipake, tangan itu digunain, jangan dianggurin. Cukup hati aja yang dianggurin.” Tsaahh.

Lalu kamu berlalu. Sadis. Kejam. Tak berperikemanusiaan. Tapi keren. Itulah yang harusnya kamu lakukan, kalau memang dia menyebalkan. Tapi, apakah kamu yakin kalau dia emang nyebelin?

Bukti yang terakhir adalah, kamu sedih kalau dia gak nganggep kamu di kelas. Kamu sedih kalau dia gak nanya apa-apa sama kamu. Kalau dia emang nyebelin, ya kalau dia gak nganggep kamu...so what? Kamu juga bisa gak nganggep dia. Kenapa harus sedih? Bukankah kamu seharusnya senang kalau dia malah gak berkomunikasi dengan kamu?
Sekali lagi deh aku tanya, apa dia emang nyebelin? Atau sebenarnya kamu salah mengartikan kata “nyebelin” dengan “nyenengin”?

Di ilmu komunikasi, ada satu teori klasik yang namanya teori AIDDA. Kalau mau tau lebih lanjut, masuk ilmu komunikasi ya. Intinya adalah, rasa benci dan cinta itu tipis banget. Setipis kolor tetangga yang sobek disana-sini.

Cinta dan benci itu berawal dari perhatian. Kamu memperhatikannya karena ada sesuatu yang menarik dari dirinya. Entah hal yang menarik itu malah membuatmu menjadi cinta atau benci. Yang membatasinya hanyalah keinginan. Keinginan untuk tetap membencinya, tetap mencintainya, atau berubah dari cinta ke benci atau benci ke cinta. Ribet ya? Hahaha.

Contoh simpel perubahannya adalah, seseorang yang dulu berpacaran pasti dong saling mencintai. Tapi pas mereka putus, mereka bisa tetap saling mencintai, atau malah berubah saling membenci. Secepat itulah perasaan berubah.

Lalu apa hubungannya dengan masalahmu? Enggak ada sih sebenarnya. Aku cuma bahas teori itu karena tiba-tiba teringat dengan kolor tetangga aja. Mana mungkinnnn....kolor tetanggaaa.. hangatkan dirikuu... *nyanyi pake centongan nasi*

Solusi untuk kamu, Candy. Mulailah percakapan dengan dia. Gak usah deh takut diciein. Jaman sekarang, hidup gak lengkap tanpa ada cie dari temen-temen. Mulailah dengan percakapan basa-basi, percakapan ringan. Dan kalau udah semakin nyaman, mungkin kamu bisa kasih pin bb kamu. Yaa, setelah itu menjadi urusan kalian. Hehe.

Dan kayaknya harus kamu deh yang memulai obrolan duluan. Karena Jay kayaknya udah grogi kalau diciein.

Selamat mencoba ya, Candy.

Buat yang lain, kasih saran juga dong untuk Candy gimana caranya menghadapi tingkah Jay yang katanya sih “nyebelin”. Katanyaaaa.

Kalau kamu-kamu pernah ngalamin kejadian kayak gini juga, silakan berbagi di kolom komentar ya. Yang mau ikutan KONSULTASAL, silakan kirim saja curhatanmu ke azeegha@gmail.com dengan subjek KONSULTASAL.

Demikianlah, KONSULTASAL hari ini. Semoga semua terhibur.

Salam Asal.

33 comments:

  1. Kayaknya dia bukan curhat deh, dia lg nulis cerpen..

    Buat yg barusan nulis cerpen,, tinggal ngomong aja sama Jay,,
    karepmu ki opo, JANCUK?!
    dan kalian akan hidup rukun ever after~
    :D

    ReplyDelete
  2. buat candy nih ya,
    kadang kata hati sangat bertolak belakang sama apa yang di katakan oleh mulut,
    bisa saja kan di mulut kamu bilang kalau jay itu menyebalkan ?
    tapi bisa ajakan hati kamu bilang kalau jay itu adalah sosok yang selalu membuatmu memperhatikannya ?
    udah candy, jawabannya sebenernya ada sama hati kamu.
    sekuat apapun mulut kamu meng-iyakan sesuatu yang sebenarnya hati kamu katakan tidak, ya dia pasti tidak akan pernah ter-iyakan.
    http://ilhamabdii.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh candy. cek tuh hati kamu. masiha ada pulsa atau gak. haha

      Delete
  3. Buat Candy, kalo kamu nggak mau terjadi apa-apa ke depannya, meding kamu hapus rasa "nyebelin" itu biar nanti kamu biasa-biasa aja sama dia,terus kemudian, km deketin aja sama Jay mu itu, kalo di cien sering" nanti juga temenmu bosan gtuin kamu.Gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "nggak mau terjadi apa-apa ke depannya." ini kok bernada mengancam banget ya? haha

      Delete
  4. Yes yes.. There is a silver lining between love and hate. Buat Candy, jgn terlalu benci sama orang.. Apalagi lawan jenis. Karena benci itu adalah benih-benih cinta yang belum selesai bersemi *ngemeng epeee* :)))

    ReplyDelete
  5. Buat Candy, hati-hati dengan rasa benci kamu. Mungkin, akan menjadi cinta di antara kalian. Bener juga sih ya, kalo kamu benci juga kenapa mau ngebantu dia? Terus, kamu juga merasa sedih gak dianggap di kelas sama dia. Huuh. Sulit. :| #apasik

    ReplyDelete
  6. Buat Candy, kalo abis dari toilet jangan lupa cuci tangan. Gak ada hubungannya? bodo amat. diliat dari alurnya, kayaknya dia sebel karena Jay malah menjadi dingin, sedangkan Candy-nya sendiri juga bersikap sama. Ya kalo nggak ada yang mulai buat mencair mah, semua saran juga percuma. mending nyuci tangan kalo abis dari toilet.

    ReplyDelete
  7. Hai Candy, kalo aku nangkapnya kamu juga ada rasa yang beda gitu ke Jay. Kayaknya loh ya gak tau juga gimana, cara penulisan curhatnya seakan ada harapan yang tersirat. Ciyeeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kayaknya gua juga nangkap maksud tersirat dari komen lo. haha

      Delete
  8. Wah. Kalo cuma sekadar minta pin BB di cie-in, setiap kelompokan di cie-in, bisa jadi pertanda kalo Jay ini pernah curhat ke temennya kalo dia naksir Candy lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sih. ciee Ima mah tau banget ya kalau soal ginian

      Delete
  9. Btw, Bang Arman jago juga nih menganalisis ketidak konsisten-an perasaannya Candy.

    ReplyDelete
  10. wah, hai bro dokter cinta :)
    hmm, jadi penasaran sama mukanya candy ini gimana :|

    ReplyDelete
  11. Duh man pake bukti-bukti segala udah kaya lagi analisis skripsi haha. Btw itu statement bener banget tau kalo cinta sama benci bedanya tipis *pengalaman banget kayaknya*
    Yang mau curhat sm Arman mending dr sekarang deh sebelum dia masang tarif hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sekalian persiapan untuk skripsi nih kak. haha
      nah kan. gua harus mempertimbangkan untuk masang tarif nih.

      Delete
  12. Dear Candy,

    Pin BB kamu berapa? Hahaha.
    Kayaknya benar apa yang dibilang sama Bang Arman. Kamu nggak sadar kalau sudah jatuh cinta sama Jay. Coba aja kenalan pelan-pelan. Dulu gue juga gitu. Diciein mulu. Tapi lama-lama biasa aja. Malah asik. :p

    ReplyDelete
  13. Tulisan anda keren gan....salam blogwalking :)

    ReplyDelete
  14. Dokter cinta ya, man ? Gue lagi sakit hati, nih. Tolong dong obatin hati gue, gue udah enggak kuat

    Man, gue udah follow blog lo, follback dong

    ReplyDelete
  15. Dear Cindy...
    Kayaknya udah ada benih cinta tumbuh tuh. tapi lo cewek si jadi agak repot. Di Indonesia kayaknya masih sesuatu yang enggak biasa kalo cewek yang bilang suka duluan, budaya yang salah

    ReplyDelete
  16. Antara benci sama cinta memang bedanya tipis. Wkwkwk.. Uda deh Can, deketin ajaaaa.. :D

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Ini hampir terjadi pada kebanyakan orang. Gue dulu juga pernah gitu. Karena ga nyaman kita jadi saling gengsi dan mulai menjaga jarak. Hahaha, tapi lama kelamaan malah tumbuh rasa. Seriusan.

    Gue heran deh. Lo udah jomblo bertahun-tahun tapi ngerti banget tentang cintaan gitu. Jangan2 usia lo udah berabad-abad. Wah! Lo mumi yang menyamar ya? *kabuur*

    ReplyDelete
  19. hahaha terkadang suka risih juga kalau di ciee-cieein,,kalau menurut ku candy suka deh sama si jay,makanya gak bisa nolak buat bantuin dia :D

    ReplyDelete
  20. wah kapan kapan aku minta temen - temen ciein aku ah. biar bisa konsultasi kaya candy.. haha. ciyeeeee bang arman jaynya yah ?

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan