Wednesday, May 27, 2015

[KONSULTASAL] Kakakku Sayang, Kakakku Malang



KONSULTASAL kembali hadir. Biasanya sih aku ngepost di awal bulan. Tapi, karena sibuk nyari kolor bekas, jadi molor deh.
Penasaran gimana curhatan kali ini? Langsung aja dibaca.

Hay, gue Rini (nama samaran). Gue mau cerita dan butuh saran juga nih.. Langsung aja yaa gue cerita..
Gue punya teman namanya Giar (nama samaran). Dia umurnya lebih tua dari gue 3 tahun dan dia udah punya pacar. Mereka udah pacaran selama 4tahun dan pernah putus sekali saat Giar semester 1. Gue sama Giar kenalan udah hampir 3 bulan. Sebulan cuma jadi teman dan 2 bulan ini udah jadi mas sama ade alias kakak adean.. 
Hubungan gue am Giar itu emang sebatas BrotherZone, tapi saat kita nonton movie layaknya orang pacaran. Giar nyaman ama gue, gue juga nyaman ama Giar. Dan waktu kebersamaan gue sama Giar lebih banyak dari pada cewenya. Giar ketemu ceweknya cuma seminggu sekali dan itu pun di hari minggu sore sampai malam jam 9. Sedangkan gue ama Giar dalam seminggu bisa sampe dua kali atau tiga kali. Entah Giar datang karena keperluan atau ingin main.
Pernah gue mancing2 Giar untuk bilang sayang am gue. Gue pernah ngomongnya kaya gini :
Gue : "Gue mah mas (panggilan gue ke Giar), pasti urutan no 2 setelah cewe elo,mas. Sayang elo ke gue juga pasti no 2 setelah cewe elo"
Giar : " No 1 keluarga laa. Beda laa,dee (panggilan Giar ke gue). Sayang ama pacar sama ade. Kalo sayang ama ade kan selamanya akan sayang. Sedangkan ama pacar sayangnya akan hilang kalo dia minta putus"
Gue kaget saat dia bilang kaya gitu maksudnya apa coba ?? Dia sayang ama gue tapi hanya ade.. Berarti dia akan putus ama cewenya kalo cewenya yang minta putus dong??
Dan pernah saat ngobrol langsung gue ngomong kaya gini
Gue :"Elo maa emang gak pernah sayang ama gue"
Giar :"Gue kan pernah bilang ke elo. Gak akan pernah berubah kok sayang gue sama elo." dia sambil acak2 rambut gue..>
Giar itu anak ke 2 dari 3 bersodara. Di keluarganya yang cewe cuma mamanya doang.... 
Yang gue bingung selama gue kenal dia dengan status ade2an, Giar itu sifatnya yang gak beda-bedakan gue sama cewenya. Gue cewe kalo digituin pasti bingung.. Kejadian di bioskop kaya orang pacaran (masih positif), dia setiap hari komunikasi sama gue, dia mau cerita masalah keluarganya ke gue. Kalo gue mau main di rumah teman yang jauh dia antar gue, dia kadang2 manja am gue walaupun jarang.
Gue gak pernah ngerti jalan pikir cowo satu ini..
Maunya apa ?? BrotherZone selama dia punya pacar?? apa sifat dia emang kaya gitu?? Terlalu sayang am "Cewe" ???
Terus gue harus apa dong?? Mempertahankan hubungan BrotherZone yang gak semesti BrotherZone kebanyakan..?? Minta pedapatnya dong.


Hai Rini. Sekarang kayaknya lagi jaman gini ya? Hubungan kakak adek. Apa yang terjadi dengan dunia sebenarnya? Pada demen memiliki adek yang bisa disayang-sayang selain pacar. Kalian juga baru kenalan 3 bulan kan ya? Itu masih tergolong singkat sih menurutku. 1 bulan kenal dan 2 bulan langsung kayak kakak adek.

Biasanya pdkt doang bisa butuh 2 bulan lebih. Aku curiga ini adalah modus baru supaya bisa mendapatkan cewek dalam waktu singkat. Soalnya kalo baru kenal gitu dan mulai nyaman, maka itu adalah masa emasnya. Cowok kan emang lebih demen pdkt daripada pacaran. Kebanyakan cowo juga lebih pengen hubungan tanpa status, tapi sayang-sayangan jalan trus. Oportunitis banget.

Giar juga udah pacaran 4 tahun. Udah cukup lama. Kalo diitung-itung, bisa ngajuin skripsi tuh. Pasti selama 4 tahun itu, mereka udah ngelewatin banyak hal. Dan kalau udah selama itu, yaa biasanya sih bakal susah lepas. Siapa tau juga mereka pernah ngelakuin kayak cerita ini pas di bioskop.

Mungkin karena itu dia bilang sayangnya ke cewenya akan hilang kalau cewenya minta putus. “Kalau minta putus.” Catet ya, berarti kalau cewenya gak minta putus, ya hubungan mereka jalan terus.

Aku sih kasiannya di kamu. Emang mau ngejalanin hubungan kayak gitu? Baru tiga bulan kenalan dan gak ada status apa-apa sih ya wajar aja masih nyaman. Soalnya semua masalah itu mulai keluar ketika sudah ada status.

Jangan sampe kamu cuma jadi pelarian sementara aja. Karena dia gak bisa ketemuan dengan ceweknya, ya dia malah main sama kamu. Itu udah bisa dikatain selingkuh loh. Mau alesan apa coba dia kalau ketahuan? Mengaku kalau kamu adalah adeknya? Hahaha.
Kalau adek kandung sih mending. Minimal adek tiri atau adek angkat. Lah ini, adek-adekan. Alibi dan pembenaran jenis apa yang mau dipake?

Misalnya dia putus sama ceweknya. Trus jadian sama kamu, apa kamu yakin dia gak bakal nyari adekan lain? Rasa nyaman aja gak cukup loh jadi pengikat hubungan. Butuh komitmen, butuh kesetiaan, butuh tanggung jawab. Bukan cuma sekedar suka dan nyaman. Pret. Dan lagian, bukankah yang bikin nyaman itu lebih banyak ditinggalkan? Karena rasa nyaman lama-kelamaan hanya menjelma menjadi rasa bosan. Gak ada tantangan lagi.

Tapi, mungkin karena di keluarganya gak ada cewek lain selain mamanya, dia jadi pengen punya adek. Mungkin ini menjadi obsesi dia. Akhirnya dia jadi sayang samamu, tapi sebatas adek. Bukankah ini terdengar egois. Dia pengen menyayangi kamu seperti adek, tapi dia gak perduli dengan perasaanmu yang mungkin saja berharap lebih.

Ya kalau kamu juga sayangnya cuma sebatas kakak sih gak masalah. Tapi, kalau kamunya malah mulai meminta lebih, dan dia gak bisa memberikan, bukankah hanya luka dan perih yang dirasakan?

Anjrit. Bahasanya dramatis banget. Hahaha. 

Saranku, pandai-pandailah menahan perasaan. Jangan biarkan rasa nyamanmu menjadi rasa ingin memiliki seutuhnya.

Saran kedua, sudahlah. Hentikan saja hubungan kakak adek yang tidak jelas seperti itu. Kenapa kamu gak mencoba menjalin hubungan dengan cowok lain yang lebih bisa memberikan sebuah komitmen. Lagian kalau dia cuma menganggap kamu adek, dia gak bakalan marah dong kalau kamu punya pacar.

Dan kalau kamu sudah punya pacar, ingatlah juga nanti untuk menjaga jarak dengan Giar. Karena semuanya gak akan pernah sama lagi. Kalau kalian malah memaksakan hubungan kayak gini, akan lebih banyak hati yang tersakiti.

Nah, itu aja deh saran dariku. Semoga kamu mendapat secercah ilham. Yang lain, yuk kasih saran juga ke Rini bagaimana dia seharusnya bersikap. Bantuin dia supaya gak galau lagi.

Ada yang pernah ngalamin kisah kayak gini juga? Yuk ceritain di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini di media sosial yang kamu punya.


Oh ya, bagi yang mau ikutan KONSULTASAL kayak gini juga, silakan kirim curhatanmu ke azeegha@gmail.com dengan subjek KONSULTASAL. 

Sekian artikel hari ini,

Salam Asal.


24 comments:

  1. Buat, Rini, dengerin itu kata2 ka Arman. dia jago banget masalah ginian. Pengalamannya jadi kakak udah banyak. Iya kan, Kak?

    saran aku sih, mungkin kontak-ku bisa membantu. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. modus mulu lo Haw. haha.
      ntar kalo lo sama dia malah ngajarin fisika tapi dengan pendekatan asmara.

      gua belum pernah jadi kakak-adek gitu. sedih

      Delete
    2. Kak Haw modus mulu ya, tp tp everywhere ~
      Apa? Kak Arman belum pernah jadi kakak-adek? Jadi makin cedih ._.

      Delete
    3. Gpp kan. Gak pernah ada yang berhasil juga. Modusnya juga bukan ke orangnya lang...sung :x *pantes kagak pernah berhasil*

      *nanya Arman ah*

      Man, kalo Dwi manggil gue "Kak" begitu, dia mesti gue panggil "Dek", nggak? xD

      Delete
  2. Dear, Rini..
    Bener, tuh, apa kata Kak Arman. Dia udah khatam banget tentang begituan.
    Aku, sih, tim hore aja. Hahaha. Tapi, menurut aku tinggalin aja deeeh. Apa yang kamu sama dia lakukan itu cuma suatu hal sia-sia. Mending lepasin dan cari yang bener. Hahaha. Udah pasti si Giar milih pacarnya yang udah lama. Kamu cuma dijadiin selingan aja. Tapi kalo kamunya happy dan nganggepnya juga cuma buat hiburan pengisi waktu kosong, lanjutkan. Asal jangan baper. Kalo baper, mending jangaan. Giar udah ada yang punya. Menyingkir sajalah. :')

    Oke. Semua keputusan ada di Rini. Semoga cepat menemukan jalan yang benaaar. Aamiin.

    Sodaqallaahuladzim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih. Solusi dari Rima keren banget nih. pengalaman banget kayaknya ya. makanya paham.

      Delete
  3. kasihan, permasalahan klasik dari zama paleolithikum: brother zone.
    buat rini, jangan bingung kalau digituin. coba tegas sama diri sendiri.
    buat arman, coba.. itu rini dipost fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eak kode khas jomblo. makanya bikin segmen curhat juga. biar bisa koleksi foto cewek cakep

      Delete
  4. Wah, siatusi kayak gini emang menguntungkan buat si Giar. Dan gue menolak keras dengan istilah 'kakak-adek zone'. Karena nama itu sudah banyak dipakai oleh berbagai kalangan lelaki penuh modus. Pake teman dekat aja sih misalnya kalo emang udah yakin gak akan pernah ada komitmen. Supaya ceweknya gak ngarep-ngarep banget, toh soalnya dia kan tau dari awal si cowok udah punya pacar. Hehe.

    Jadi solusi terbaiknya.... Si Rini emang harus mengundurkan diri jadi adek kw-kw'-an si Giar. Hahaha.

    Btw... warna background lo serem banget sih, Ga. Sekilas mirip blog yang sering menceritakan hal mistis gitu. Mending putih aja, putih.... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata gua sakit kalau liat warna putih. makanya milih gini. biar bisa online sambil matiin lampu.

      kalau Rini ngundurin diri, lo mau ngajuin diri gitu?

      Delete
  5. ini sih konsultasi ahli ini. asli dah, nulisnya kayak yang udah pengalaman disakit sama beragam tipe adek2an :p
    saran buat Rini, stop. Kamu ga akan mau ngerasain jadi seperti cewenya Giar pas kamu (kalo Giar gelap mata) pacaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jelas. setelah disakiti, gua gantian nyakitin. biar impas.

      Delete
  6. Demi baca baca saran dari arman kayanya arman pengalaman banget. Pernah jd kakak yang jd pelarian adek-an yah??? Hihihii...

    Wahau Rini, dengarkanlah nasihat Kakak Arman yang sudah berpengalaman ini. Sesungguhnya orang yang berpengalaman kalau ngasih nasehat, ampuh~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kenapa pada komen gini semua coba? oke deh. gua harus nambah stok adek-adekan.

      iya. saking ampuhnya jomblo mulu

      Delete
  7. Dear Rini, jadian aja sama Arman. Nggak usah kakak-adekan lagi. Tuh, lihat dari cara dia memberikan nasihat. Dewasa banget, kan?
    Kasihan Arman jomblo terus.

    *kemudian kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini saran yang bagus banget. gua kayaknya bisa memanfaatkan data para pasien gua. haha.

      ya mending jomblo deh daripada putus mulu

      Delete
  8. Halo rini.. mendingan kamu nyari cowok yang emang bener2 sayang sama kamu deh bukan sayang sekedar ke adek/kakak aja. Karena hubungan brotherzone atau friendzone itu gak enak. Bukannya gue mau sok tahu yaa, ini yaa cuma ngasih saran aja, masih banyak ko cowok di luaran sana yang masih menunggu cintanya kamu, dan coba buka hati kamu untuk cowok lain. Sedangkan giar itu kan udah punya pacar dan hubungannya pun udah 4 tahun, pasti banyak hal-hal yang mereka lalui dan mereka lupakan. Dan ingat perempuan itu jangan mau jadi perusak hubungan orang yaa :)

    ReplyDelete
  9. ishhhh,, keren yaa punya kakak kaya arman, jadi kalau curhat kan gak perlu minta saran dari orang lain kalu udah punya konsulat pribadi hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren sih keren. tapi gua masih belum pengen punya adik yang berupa obat herbal -_-

      Delete
  10. kayaknya lagi jaman gini ya hubungan kakak adek apalagi waktu SMP + SMA

    ReplyDelete
  11. wahhhh hubungan kakak-adek ilegal seperti ini yang bikin rusak dunia *uhuk* melegalkan segala cara untuk bisa melakukan hal yang sebenarnya ilegal *nah lho bingung nggak * kwkwkw

    ReplyDelete
  12. Mungkin si Cowo'a dah tau gara" udah jadi Ade-Kakak ga bisa jadian
    Soalnya klo pacaran sama Ade sendiri bisa jadi hubungan terlarang :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan