Monday, September 9, 2013

Hal-hal yang harus lo tau sebelum masuk kuliah



Gak kerasa ya, bentar lagi udah mau tahun ajaran baru untuk perkuliahan. Tahun ini gua juga ngerasain yang namanya jadi senior. ini adalah suatu kesempatan langka untuk bisa ngerjain mahasiswa baru yang masih polos. Hahahaha. Pembalasan dendam karena tahun lalu gua dikerjain abis-abisan. Sekarang gua ngerti, mengapa ospek gak bisa ilang. Karena yang ikut mau bales dendam dan akhirnya malah jadi candu. Keenakan nyiksa. Apakah ini penyimpangan kejiwaan? Gua juga gak tau.

Nah buat yang baru masuk kuliah, gua ucapin selamat datang. Selamat bergabung di dunia perkuliahan. Dan satu salam lagi, Welcome to the Jungle. Percayalah kuliah itu gak seindah bayangan lo pas masih SMA. Masuk kuliah gak bakalan ngurangin kadar kecupuan lo (masih ada yg make kata cupu gak ya?). 

Pasti lo kira masuk kuliah itu asik banget kan?. Gaya boleh suka-suka, boleh tindik, bisa make baju yang keren untuk gaya-gayaan, dan pastinya impian para cowok, boleh gondrongin rambut. Gua juga bingung kenapa rambut gondrong semacam jadi obsesi. Mungkin karena ingin lepas dari aturan pas sekolah kali ya?. Asalkan lo gak kuliah untuk gaya-gayaan doang sih. Tapi belajarnya gak pernah. Karena pas udah kuliah, pilihan lo cuma dua JADI MAHASISWA ABADI atau WISUDAWAN TAPI PENGANGGURAN. Gak enak emang pilihannya. Ya siapa suruh lo kuliah.

Berhubung gua senior yang baik hati (caelahh), gua bakal ngasitau, apa aja yang harus lo tau seputar dunia perkuliahan. Supaya kelak lo gak tersesat di rimba kampus dan berakhir jadi penunggu disana. Yaitu Mahasiswa Abadi. Silakan disimak

1. Dapet gebetan baru
Masuk kuliah bisa jadi semacam jadi angin segar buat jomblo kayak lo. Iya lo. Udah gak usah ngeles lagi. Iyain aja. Lo pastinya berharap dapat cewek yang lebih baik lagi di kuliah. Bisa dapet cewek yang lebih dewasa pemikirannya karena udah kuliah. Bukan cewek yang pemikirannya masih ababil. Yang tiap hari PMS terus. Atau cewek alay yang suka joget cuci-jemur ala dahsyat.
Kalau uda masuk kuliah, lo harus nyari yang bertipe keibuan. Jadi lo bisa langsung buat anak. Kan asik tuh. Nanti lo sambil kuliah, sekalian ganti popok anak lo di dalam kelas. 

Atau lo juga harus nyari yang udah perencanaan bagus untuk masa depan. Tapi ini rada susah. Karna dia lebih mentingin karir daripada macarin pengangguran kayak elo.

 Yang penting lo gak macarin ayam kampus aja deh. Karna itu milik bersama, bukan individu.

Biasanya sih pas ospek, inagurasi dan makrab banyak yang cinlok gitu. Karena udah merasa senasib. Senasib dikerjain senior. Nah, dari ospek dan segala macamnya itu, lo bisa gaet cewek idaman lo. Lo tinggal deketin aja,
 trus bilang 
“ bapak kamu tukang bakso ya?. Sambil kedip-kedip mata dan naikin alis

“eh, kok tau?” jawab dia antusias. Pengen digombal juga dia ternyata
“Iya, tuh tadi jumpa di gerbang kampus. Dia nitip salam sama kamu”. Dan lo pun digampar. Bego sih rayuan lo.

Dalam urusan pdkt ini juga, jangan sampai keduluan sama senior. Senior emang bangke banget. Uda nyiksa kita, trus dengan seenaknya ngegebet cewek inceran kita. Mending senior kayak gini rame-rame lo ikat di pohon dan gelitikin selangkangannya pake kawat duri.

 2. Pilih jurusan sesuai minat

Nah, kalau uda kuliah, pastinya lo udah punya tujuan dong jadi apa ke depannya. Jangan sampe salah ambil jurusan ya. Pastikan jurusan yang lo ambil sesuai dengan minat, kemampuan dan bakat lo. Jangan ngambil suatu jurusan karena ikut kawan, karena belum tentu dia sukses, lo apalagi. Jangan juga ambil jurusan Sambu-Tembung. Karena lo mau kuliah, bukan jadi kenek angkutan umum.

Karena ini bukan kayak SMA. Kalau pas SMA, lo masuk IPA karena kawan kebanyakan ambil itu. Padahal lo kalau liat angka langsung kejang-kejang. Atau lo masuk IPS karena cewek-cewek nya cantik. Eh, giliran belajar sejarah, lo langsung galau. Karna keinget mantan.

Ini kuliah,bro. Salah ambil jurusan, berarti kecerahan masa depan lo berkurang 30%. Kecuali kalau lo bercita-cita jadi pengangguran. Bisa dipastikan, masa depan lo cerah banget. Secerah pahanya JKT48. Usahain ngambil suatu jurusan bukan karena ikut kawan, keinginan orangtua, tapi murni keinginan lo sendiri. Dengan gitu, lo bakalan yakin jalaninnya, bakalan semangat, dan gak akan bisa nyalahin orang lain kalau lo gagal. Kan ini pilihan lo.

Mungkin sekian dulu ceramah dari gua. Semoga lo semakin bersemangat untuk kuliah dan siap menanggung semua konsekuensinya

Btw, kalau lo ada cerita-cerita tentang kuliah, dan segala problemnya, silakan share di kotak komentar ya.
Salam Cerdas





No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan