Monday, September 9, 2013

OSPEK?? cemilan jenis apa itu?






Hai hai semuanya. Jumpa lagi sama gua. Si blogger tertampan sejagat. *wuekkk* *muntah paku* *kena santet*.


Kali ini gua mau bahas tentang ospek. Apasih ospek itu?


Mungkin untuk yang udah senior, udah gak asing lagi. Udah keseringan ngospek.
Tapi buat maba-maba, perlu diberi sedikit arahan nih. Supaya gak salah kaprah.
Ntar lo malah datang pake jas lengkap, pakaian necis. Ospek itu bukan acara cari jodoh. Ospek itu pengenalan kampus terhadap para mahasiswa baru. Itu versi kata-katanya, nah versi perbuatannya, ospek itu adalah sarana untuk menyalurkan bakat terpendam para senior. Yaitu psikopat.


Yak,ospek itu lebih tepatnya penyiksaan maba-maba polos, yang baru aja menanggalkan seragam putih abu-abu. Sudah menjadi rahasia umum kalau ospek itu gak ada yang enak. Gak pernah ada peserta ospek yang senyum-senyum ceria pas lagi dikerjain, yang ada mukanya merengut, kayak orang yang gak buang air besar selama seminggu, nyesek.
Kalau ada yang bilang ospek itu menyenangkan, bisa dipastikan dia gak pernah jadi peserta ospek sepanjang hidupnya. Jadi di tahun pertama dia gak ikut ospek, tapi tahun kedua malah ikut ngospek. Orang kayak gini emang lebih pantes diceburin ke got. Trus diarak keliling kampus. 


Ospek itu hampir mirip sama wajib militer. Butuh mental yang kuat untuk ngejalaninnya. Kalau wamil lo make baju tentara, ada loreng-loreng di muka. Masih keren. Macho.
Nah kalau ospek. Lo make baju hitam putih, bawa goni kemana-mana, make kalung jengkol, pake topi kerucut dan sejuta keanehan lainnya. Machonya gak ada sama sekali. yang ada malah maho. Iya maho. Kayak para boyband yang make baju berbelahan dada rendah.


Tapi ospek gak cuma jeleknya doang yang ada. Ada juga enaknya kok. Apalagi kalau bukan cari gebetan. Pas ospek itu, kan pesertanya banyak banget. Nah tinggal lo incer aja deh tuh mana yang menurut lo paling oke. Trus lo modusin aja. Misal nih ya, pas lagi makan siang, lo deketin dia, tapi pastiin dulu gak ada orang lain disampingnya. Karena kalau dia ada kawan, besar kemungkinan lo bakal dicuekin. Kalau situasi uda aman, baru deh lo lancarkan jurus-jurus pdkt paling jitu. Lo duduk sebelah dia, trus kasi senyum terbaik lo ke dia. Kalau dia senyum balik, berarti langkah awal sukses. 


Trus lo makan deh bekal lo, emang lo gak laper. Tapi jangan kecepetan, di sela-sela lagi makan itu, baru deh lo basa-basi bentar. “Ospeknya bikin capek ya” atau “ senior yang itu rambutnya kayak sarang laba-laba ya, apa aja nempel”. Kalau dia nanggepin, ya selanjutnya terserah elo deh. Usahakan pembicaraan tetap mengalir, tapi jangan terlalu kepo, sisakan sisi misterius dari lo. Supaya dia tetap penasaran. Dan jangan sampe lupa minta nomor hapenya, bukan nomor sepatu, nomor sempak, apalagi nomor bra. Bahaya. Bisa-bisa lo digampar. Cukup nomor hape aja, karena sederatan angka itulah yang bakalan jadi saksi bisu ajang pdkt lo kelak.


Tapi kadang ada juga yang pas elo deketin dia langsung menjauh gitu. Atau lo ngasi percakapan basa-basi, dia langsung bilang,


 “ Bapakmu kerja di perkebunan ya? “. Katanya dengan mimik serius
 Lo excited dong, lo kira dia mau gombalin lo, trus dengan polosnya lo bilang
 “ih, kok tau sih”?.
“itu cabenya tumbuh di gigi tuh. Panen gih”. Trus dia ngeloyor pergi. Sadisss.


Jlebbb banget tuh. Nyesek nyesek dah tuh hati. Makanya jangan keburu senang dulu kalau tuh cewek kasih respon. Siapa tau di balik itu dia ngasi ranjau. Meledak deh hati lo.
Setelah ospek selesai, jangan harap penderitaan lo usai. Masih banyak siksaan lain menunggu. Yaitu inagurasi dan makrab. Ada satu ancaman dari senior yang bakalan bikin lo terpaksa ikut inagurasi yaitu “ Kalau lo gak ikut inagurasi maka lo gak bakalan bisa lulus dari kampus ini”. Maka dengan terpaksa lo bakalan ikut. Senior juga seringkali bilang “ di inagurasi, gak sama dengan ospek, gak ada lagi penyiksaan dan segala macam, kita akan jalan-jalan, refreshing, dan menambah kedekatan antara senior dan junior”.


Satu hal yang harus lo ingat, jangan pernah percaya ucapan senior kalau lagi masa ospek. Itu sama aja kayak nyerahin diri lo dengan sukarela ke dalam rumah penjagalan. Tinggal menunggu dikurbankan aja. Lidah senior itu gak jauh beda sama lidah buaya. Kenyal, lembut, tapi ada yang runcing-runcing di tepiannya.


Faktanya adalah, ospek, inagurasi ataupun makrab adalah kakak-beradik-kembar-siam. Itu hanyalah kegiatan yang beda nama tapi isinya tetep sama aja. Sama-sama disiksa juga. Malah lebih parah lagi. Karna biasanya inagurasi dan makrab diadain di luar kota. Jadi suka-suka mereka mau ngapain elo. Gak bakal ketauan. Lo bisa aja ilang tanpa jejak. Sebaiknya, lo tanamin GPS di dalam tubuh lo. Jadi kalau lo ilang bisa dilacak. Ya, emang inagurasi dan makrab gak kalah serem. Percayalah.


Tapi disamping itu semua. Ospek nanti tetep bakal kita kenang kok. Suka dan duka semuanya pasti terekam kuat dalam ingatan kita. Selalu jadi bahan cerita di antara kawan-kawan, atau bisa juga lo ceritain ke anak cucu lo kelak. Jadi lo bisa bangga-banggain betapa perkasanya lo pas ospek. Menyelamatkan cewek cantik dari cengkeraman tangan senior. Ya itu sih cerita ke cucu lo. Padahal kenyataannya,baru dibentak senior aja lo udah kencing di celana.


Gitu aja deh artikel dari gua. Gak perlu gua jabarin lebih lanjut. Karena lo pasti bakal ngerasain juga kok. 


Selamat memulai hidup baru di perkuliahan ya. Semoga lo bisa survive dan keluar dengan menyandang gelar sarjana, yang gak jadi pengangguran tentu saja. Salam Ospek
Kalau ada pengalaman semasa ospek, boleh dong dishare di kotak komentar supaya yang lain juga tau.



1 comment:

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan