Monday, September 30, 2013

Alasan suka ngeblog





Belakangan ini blog lagi booming banget di Indonesia. Terutama di kalangan anak muda. Mungkin mereka terinspirasi dari Raditya Dika, Agnes Davonar, atau Alitt. Ketiga penulis ini mendapatkan uang setelah tulisan mereka di blog, diterbitkan jadi buku. Blog juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyaluran kenarsisan dan kealayan (sumpah, ini aneh banget bacanya). Karena tidak puas di socmed, maka beralih lah dia ke dunia blog.


Gua sendiri menulis blog, karena terinspirasi dari terselubung. Ini situs ajaib banget. Hanya modal copasan, tapi pengunjungnya banyak banget. Yang mengakibatkan dia memperoleh honor dari iklan, yang katanya mencapai 7 digit perbulan. Wowww.

Gua pun langsung ikut-ikutan ngeblog, supaya dapat penghasilan berlimpah, kayak si topeng. Tapi blog gua masih tetep gini-gini aja. Gak kunjung dapat tawaran iklan juga, dan gak dapat duit. Sedihnya.

Tapi, melihat viewers blog gua yang sudah mencapai 12.000+ sudah membuat hati gua senang. Apalagi kalau ada yang meluangkan waktunya untuk mengomentari artikel yang gua buat. Meskipun jarang update artikel, karena ide mampet di tengah jalan. Makanya gua gabung ke berbagai komunitas blogger. Selain untuk memperluas jaringan pertemanan, juga untuk mencari ide-ide baru dalam membuat tulisan.

Bagi gua,ngeblog udah jadi bagian dari gaya hidup. Susah dipisahkan. Mengapa gua suka ngeblog?. Sebenarnya alasan utama nya ya supaya dikenal orang dan dapat duit. Tapi ternyata ada hal lain yang membuat gua kecanduan blogging. Cekidot.

1. Melatih menulis

Gua bercita-cita menjadi seorang wartawan. Karena menurut gua, wartawan itu keren. Bisa berjumpa dengan orang-orang beken, juga bisa jalan-jalan keliling dunia untuk meliput berbagai peristiwa. Karena cita-cita itulah, makanya gua bertekad untuk mengasah teknik penulisan.

Banyak yang bilang kalau gua itu berbakat dalam membuat tulisan yang menarik. Gua sih percaya-percaya aja. Siapa sih yang nolak kalau dipuji?. Semua orang malah pengen dipuji. Meskipun gitu, gua gak mau berpuas diri. Harus tetap meningkatkan kualitas diri untuk menjadi yang terbaik.


2. Menabung kenangan dan tawa

Kebanyakan isi blog gua berupa pengalaman dari masa lalu. Ada  pengalaman yang menyenangkan, dan ada juga yang menyakitkan. Kebanyakan orang biasanya ingin melupakan kenangan yang buruk. Kalau ada tombol delete di dalam otak, maka kenangan-kenangan buruk tadi pasti langsung dihapus supaya gak keinget lagi. Tapi kita harus berdamai dengan masa lalu, men. Semua hal buruk tadi turut membentuk lo jadi pribadi yang seperti sekarang. Tergantung gimana lo aja.

Jadi gua tuliskan lah semua kenangan itu, untuk mengenang yang indah, dan menertawakan yang menyakitkan. Kadang pengalaman itu terasa ajaib, sehingga gua bertanya-tanya, mengapa gua bisa mengalami kejadian kayak gitu. Dan gua bersyukur, bisa memperoleh pengalaman kayak gitu.


3. Tempat curhat

Anak jaman sekarang banyak yang kena sindrom galaunisasi. Gak terkecuali gua. Gua juga pernah galau. Biasanya karena urusan percintaan. Ditolak, diputusin, atau bahkan di PHPin. Sedih rasanya memang. Hati langsung retak, makin lama makin besar, dan akhirnya hancur berkeping-keping. Meskipun seiring berjalannya waktu luka itu sembuh. 

Namun kalau teringat kembali, pasti ada rasa yang mengganjal di hati. Jadi, daripada mengganjal di hati dan galau lagi, gua tuliskan aja semuanya di blog. Berharap hati bisa plong. Bisa lega karena telah mengeluarkan uneg-uneg. Karena terkadang kita lebih mudah mengungkapkan segala sesuatu lewat tulisan daripada mengatakannya langsung. Mudah-mudahan ada cewek yang komen, dan bisa jadi malah itulah yang jadian sama gua.

4. Terkenal dan dapat duit

Setelah beberapa waktu, gua putuskan bahwa memang inilah alasan terakhir gua ngeblog. Terkenal dan dapat duit sudah tidak menjadi prioritas utama lagi. Karena menurut gua, ini hanyalah bonus dari setiap tulisan yang gua buat. Dan kalaupun gak terkenal dan gak dapat duit dari blog, setidaknya gua telah mengenal suatu dunia baru. Dunia yang mengajarkan bahwa kejadian buruk pun tetap memiliki sisi positif.

Itulah alasan-alasan yang membuat gua mencintai dunia blogging. Gua juga banyak mendapat kawan-kawan baru yang gak kalah gokil sejak bergabung di forum blogger. Yang mempunyai karakteristik masing-masing dalam membuat artikel. Tapi apapun itu, blog telah menyatukan kami.

6 comments:

  1. Replies
    1. serius ini lucu?
      haha.
      dimana lucunya mbak?

      makasih udah mampir ya

      Delete
  2. Tapi blog gua masih tetep gini-gini aja. Gak kunjung dapat tawaran iklan juga, dan gak dapat duit. Sedihnya.

    Sama blog gue juga wkwk

    ReplyDelete
  3. Gua suka poin nomor 4. Bukan poinnya ding, tapi penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. pernah mimpi punya uang banyak juga kan dari blog?

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan