Saturday, July 20, 2013

Jangan Putus Asa Karena Gak Lulus PTN








 Setelah pengumuman SBMPTN kemarin, timeline twitter dan Fb gua dipenuhi berbagai macam ungkapan. Ada yang senang karena keterima di PTN favorit, tapi banyakan yang sedih bin galau karena gak lulus. Gua juga salah satu yang gak lulus di SNMPTN tahun lalu, jadi gua tau sedihnya gimana. Rasanya pengen nyalah-nyalahin semua orang, ampe nyalahin Tuhan segala. Iri banget ngeliat kawan yang prestasi belajarnya biasa aja tapi lulus di PTN favorit. Rasanya gak adil banget gitu.
Sakit banget tuh rasanya. Kayak nahan boker seminggu, nyesek. 

Bawaannya galau aja. Gak semangat jalani hari. Rasanya masa depan udah suram banget gitu. Apalagi kalau kawan-kawan banyak yang nanya “lulus dimana ?”. Gua rasanya pengen ditelan bumi. Malu banget ngakuinnya kalau kita gak lulus. 

Akhirnya gua masuk ke PTS. Setelah menjalaninya selama setahun, gua jadi menyesal udah galau-galauan gak jelas tahun lalu hanya karena gak lulus PTN. Yup, sukses itu gak cuma datang dari tempat dimana lo belajar, tapi sukses itu datang dari diri lo sendiri. Gak usah nyalahin siapa-siapa karna gak lulus. Berkaca dan introspeksi diri ajalah. Mungkin emang lo yang belajar nya gak serius. Di saat lo cuma belajar 2 jam perhari, kawan lo belajar 8 jam sehari. Atau mungkin pas tes lo datangnya telat, jadi waktunya berkurang banget. Mungkin juga kalender lo salah, lo gunain kalender tahun 1945. Jadi lo datang tesnya seminggu setelah tes usai. 

Banyak banget deh faktor penyebabnya. Tapi kebanyakan sih berasal dari diri lo sendiri. Kalau di PTS, mungkin lo bisa milih jurusan sesuai dengan minat lo, karena kalau PTN biasanya milih berdasarkan passing grade nya yang rendahan sikit. Jarang banget pilihannya 50% semua. Nah, kalau lo lulus,  tapi gak sesuai dengan minat lo gimana? Kuliah lo jadi terbengkalai karna lo sama sekali gak minat dengan semua pelajarannya. Akhirnya lo gak tamat-tamat dan malah menyandang gelar MA, Mahkamah Agung Mahasiswa Abadi.

Banyak juga kawan gua yang bela-belain masuk PTN cuma demi sekedar gengsi. Mereka ngejar nama besar Universitas. Mereka gak lulus SNMPTN, jadi masuk nya lewat UMB atau Mandiri. Asal lo tau aja, uang kuliah kalau lulus dengan jalur mandiri itu malah lebih besar dari uang kuliah swasta. Kenapa mereka mendewakan PTN?  Anggapan umum nya adalah, kalau lo lulusan dari PTN ternama, maka lo mudah nyari kerja. Itu bullshit men. Yang nentuin lo mudah nyari kerja itu adalah skill dan EQ. IQ hanya digunakan sekian persen. Banyak tuh yang lulusan PTS tapi mereka juga mudah nyari kerja. Karena emang dasarnya mereka yang sungguh-sungguh. Ijazah hanya tinggal ijazah kalau gak dibarengi dengan kemampuan lo. 

Sebenarnya PTS banyak yang bagus, lebih bagus dari PTN malah. Tapi pemerintah lebih mihak PTN. Makanya seleksi masuk PTN nya nasional. Gimana coba kalau ada seleksi PTS yang nasional?. PTN juga disubsidi pemerintah, makanya uang kuliahnya murah. Masih banyak banget deh fasilitas yang diberi pemerintah untuk PTN. 

Guru-guru gua juga dulu sering motivasi gini “ kalau kalian nanti lulus di PTN, maka itu pasti membahagiakan orangtua kalian. Persembahkan lah satu kursi di PTN untuk mereka”

Untung gua gak nyolong kursi di USU untuk gua kasih ma ortu.

Ada juga bimbel yang bilang gini di spanduknya

“bergabunglah bersama kami, untuk mewujudkan impian anda masuk PTN favorit”

Fak men. Masuk PTN gak otomatis menjamin kesuksesan lo, namun bisa jadi jalan untuk lo sukses dan bahagiakan ortu. Dan jalan untuk itu gak cuma satu. Banyak banget malah. 

Quote favorit gua nih : Kalau satu pintu tertutup, maka pintu yang lain terbuka, dan kalau pintu yang lain tertutup juga, bukankah masih ada jendela ?”

Gua nulis artikel ini untuk memotivasi adik-adik yang gak lulus PTN. Gak usah terlalu lama galau. Hidup terus berjalan. Jangan cepat nyerah hanya karena sedikit rintangan ini. Tersenyum sajalah dan kembali jalani hidup.
Salam hangat dari gua

2 comments:

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan