Friday, June 12, 2015

Alasan Kenapa Kamu Harus Cepat Tamat Kuliah

Baru beberapa hari yang lalu, tes SBMPTN kelar dilaksanakan. Semoga kalian semua diterima di PTN pilihan masing-masing. Yang gak diterima, jangan berkecil hati, apalagi sampai drop. Jangan kayak aku di cerita ini. Yakinlah, semua akan baik-baik saja. Gak perlu sampe orasi ke rumah mantan karena gak lulus. Gak perlu.

Ngomong-ngomong soal kuliah, yang udah merasakan panasnya bangku kuliah pasti punya dong temen-temen yang pengen cepet tamat. Kalau bisa, begitu mendaftar langsung dapat ijazah. Asik.

Ada juga yang pengen kuliah lamaaaaa banget. Sampe semua dosen udah berganti, baru deh dia lulus. Temen-temennya udah pada nikah dan punya anak, dia masih bercumbu dengan skripsi. Juniornya udah s3 dia masih aja belum tamat s1. Bener-bener pengabdian di bidang akademik. Patut ditiru.

Tapi, kenapa sih harus lulus dengan cepet? Keuntungan apa aja yang diperoleh?  Bukankah yang cepet itu kebanyakan gak enak? Keluar terlalu cepat misalnya, pasti gak enak banget. Gak puas. Apalagi kalau keluarnya di dalem. Makin gak enak.




Kalau menurutku sih, ada beberapa keuntungan yang kamu dapat. Penasaran? Silakan stalking.

1. Hemat
Kamu kuliah pasti bayar uang kuliah dong? Dan itu bayarnya pake duit, bukan pake pelepah pisang. Nah, kalau kamu betah di kampus sampe berwindu-windu, kebayang gak berapa pengeluaran kamu? Pasti banyak banget kan. Kalau ditabung, kamu pasti bisa tuh nyaingin kekayaannya Bill Gates.

Ya gak lah. Ngimpi kamu. Mana bisa. Tapi, setidaknya kalau uang kuliah yang bertahun-tahun itu kamu investasikan untuk hal-hal lain seperti reksadana, properti, emas, batu akik, batu nisan, batu batre, pasti uang kamu berlipat-lipat ganda. Bisa deh sebagai uang simpanan untuk hari tua nanti. Yaa, seenggaknya kalau kamu mati duluan, anak cucu kamu bisa nikmatin  deh. Tapi, kalau uang kamu udah banyak, tapi gak ada yang nikmatin, bahkan kamu sendiri, ya bener-bener ironi.

Bentar. Kenapa dari uang kuliah malah bahas kematian? Oke skip.

2. Kemungkinan mendapat pekerjaan lebih tinggi
Jumlah mahasiswa baru yang mendaftar tiap tahun itu mencapai ratusan ribu orang. Tersebar ke berbagai universitas dan konsentrasi jurusan. Kalau misalnya di angkatan kamu ada 100 orang yang satu jurusan denganmu, dan ada sekitar ribuan yang satu jurusan denganmu di kampus lain, dan lowongan kerja terbatas, sudah pasti kamu harus senggol-senggolan supaya dapat kerja. Dan ini melahirkan suatu sistem yang bernama, “Senggol Bacok.”

Nah, kalau kamu lama lulus, saingan kamu makin bertambah dong. Adik-adik angkatan kamu tamat duluan, dan jumlah mereka pasti banyak banget. Berulang terus sampai 3 generasi. Bisa-bisa kerjaan kamu ntar cuma jadi tukang bersih-bersih hati.
Kalo kamu cepet tamat, udah pasti kamu gak perlu ngalamin hal kayak gitu. Kalau bisa, malah kamu yang nyediain lapangan pekerjaan untuk junior kamu nanti. Tingkat keren kamu nambah 40%.

3. Investasi waktu
Kuliah 4 tahun itu memang gak terasa. Tapi, ya tetep aja usiamu nambah. Dan kalo kamu nambah jatah kuliah, kamu yakin mau ngabisin hidup di kampus itu terus? Rasanya sia-sia banget.

Kalo kamu cepet tamat, kamu bisa memanfaatkan sisa usia kamu dengan lebih baik. Seperti kursus, magang, atau malah coba-coba bikin usaha. Asal gak coba-coba bikin anak aja, sih.

Kamu juga bisa berkarya lebih tenang tanpa dikejar deadline skripsi, bisa liburan tanpa terbayang wajah dosen pembimbing. Kamu juga gak perlu mengalami penyesalan ketika orangtua tidak bisa menghadiri acara wisuda kamu karena sudah terlebih dahulu berpulang. Umur kan gak ada yang tau. Lebih cepat kamu tamat, lebih cepat orangtua kamu bisa menyaksikan kamu wisuda.

4. Harga Diri
Gimana rasanya ditinggal pelan-pelan oleh temen satu angkatan? Perih. Lebih perih daripada ditinggal pacar yang balikan sama mantannya. Err, gak juga sih. lebih sakit yang terakhir.

Apalagi kalau junior kamu satu persatu duluan lempar toga. Dan kamu lagi-lagi cuma bisa jadi juru foto. Trus ditanya, “Kapan nyusul, Bang?”
Nah. Mau jawab apa. Mau bilang, “Nanti aku pasti nyusul kok, Dek. Tunggu Voldemort jualan bubur.”

Kalo kamu cepet tamat, pas junior wisuda, minimal kamu bisa ngasih mereka informasi mengenai lowongan pekerjaan. Atau pengalaman dalam hal lika-liku dunia kerja. Marwah senior itu tetep terjaga.

5. Gak Kesepian
Sendirian. Ini nih yang bakal kamu rasain kalau lama tamat. Ke kampus, belajar mata kuliah yang itu-itu lagi, udah bosen malah saking seringnya ngulang. Bahkan, lebih jago ngejelasin mata kuliah tersebut ketimbang dosen. Tapi, teteeeep aja gak tamat.
Kamu di kampus udah dianggap kayak benda purbakala yang rapuh banget. Bahkan, rektor aja sampe sungkem kalo jumpa sama kamu. Dibalik semua penghormatan itu, tetep aja terasa hampa. Gak ada lagi seneng-seneng sama temen seangkatan. Gak ada temen curhat di kampus. Mau godain maba, eh kamu malah dikira mahkluk halus. Langsung dikasih sesajen. Sedih.

Kalo kamu duluan tamat, pasti hal itu gak bakal terjadi sama kamu. Mungkin sehabis tamat kamu malah bisa langsung ngelamar pacar kamu. Jadi ada temen hidup deh.

Nah. Itu tuh menurutku keuntungan yang bakal kamu dapat kalau kamu lulus kuliah lebih cepat atau tepat waktu. Gimana? Setuju gak sama pendapatku? Atau kamu tau keuntungan lain yang bakal diperoleh? Yuk share di kotak komentar.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini di sosial media yang kamu punya. Cukup klik link di bawah. Supaya temen-temen yang lain bisa baca.

Sekian artikel hari ini. Tunggu artikel lainnya.

Salam Asal


33 comments:

  1. Yang penting, sebelum lulus kuliah jangan lupa pesta bikini yes...

    -gkr-

    ReplyDelete
  2. Njir. Itu yang anonim. XD

    Hmm, malahan kalo temen-temen gue, jadi hobi nulis gegara gagal skripsi, Man. Lulus ketunda eh bikin novel malah. :D

    Tapi ya gitu, balik ke harga diri. Mau berhasil bikin novel, ya tetep malu kalo lulus kelamaan. Temen udah lulus dari 2 tahun yang lalu, eh ini masih sibuk skripsi. :(

    Ah, gue masih semester 5. Nikmatin dululah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kebanyakan bikin novel tentang susahnya skripsi. haha
      iya, silakan nikmatin waktu luang lo. semester depan gak bakal bisa lagi. haha

      Delete
  3. Langsung kawin aja dah bang. Jangan pake kuliah2 segala :v

    ReplyDelete
  4. Pengennya sih gitu, tapi gak tau kedepannya. Lah emang wong baru tamat SMP -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah -_-
      semoga masa putih-abu abunya menyenangkan ya

      Delete
  5. Bang Fandhy... hahaha... mentang2 udah wisudaan~ suit suit~

    Kesepian dan harga diri itu katanya yang paling memotivasi. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. makanya banyak yang macarin junor. biar termotivasi untuk semakin lama kuliah. haha

      Delete
  6. Hahaha harga diri ya. Kalau di kampus gue rentangnya jauh banget antara yang lulus pertama sama yang terakhir. Yang pertama biasanya emang jeniusnya kelewatan. :))

    ReplyDelete
  7. Cie banget deh si mahasiswa tingkat akhir ini. Setuju banget kalo kuliah gak usah lama-lama tp gak usah cepet-cepet juga, pasin aja 4 taun. Semangat terus ya Arman Zeti Zega calon S.Kom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakali kak bisa tamat S1 dua tahun. haha.
      btw, gelarnya nnt S.Ikom kak. S.kom mah komputer

      Delete
  8. Menohok, ya. Cukup ngegampar gue, pas gue baca. :(

    ReplyDelete
  9. langsung kerja ajah biar bisa bahagiain ortu nya :)

    ReplyDelete
  10. Jadi inget tahun lalu pas sibuk skripsi sambil side project-nya bikin blog buat motivasi nulis. Salah satunya yang ini
    http://hatakeniwa.blogspot.com/2014/01/makna-kesempatan-chance.html
    Kuncinya jangan sampai ngelewatin kesempatan bertemu dosennya gan. Kejar terus pokoknya. Good luck yah.Cepet kelar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih. abis dosennya dikejar. segeralah ditembak. ungkapkan perasaanmu

      Delete
  11. Serem. Sekarang aku semester 4. Sebentar lagi, ya.. Nggak nyangka.. Perasaan kemarin baru aja jadi zigot. :(
    Semoga aku nggak termasuk golongan mapala (mahasiswa paling lama), deh. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin baru jadi zigot? kirain kemarin baru aja putus. hahaha
      lo emang gak jadi mahasiswa paling lama. tapi mahasiswa paling lapuk

      Delete
  12. Halo dapat salam asal balik dari seseorang yang baru akan diospek bulan September nanti hihihi. Semoga tidak lama tamat yaaaaaaaaaaaa. Jadi mahasiswa nggak seseram itu kan Bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oohhh enggak. jadi mahasiswa gak serem kok. hehe. buruan deh masuk. kalau bisa lo diospek bulan juli aja

      Delete
  13. tetep semangat aja, jangan males intinya, aku juga allhamdulilah baru lulus, S1 dengan 3 tahun 7 bulan, tapi sampe sekarang masih belum dapet kerja, jadi ga ngejamin juga sih walaupun lulus cepet juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang gak ada jaminan sih kak. dan lulus lama juga gak menjamin kan? haha.

      Delete
  14. Bung Karno aja kuliahnya 7 tahun, jadi ya pengen ngikutin jejak langkah sang bapak bangsa ini aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sadis. ideologis banget ini. tapi soekarno kebanyakan dipenjara sih nantinya. elu mau juga? hahaha

      Delete
  15. anjir orasi ke rumah mantan karena gak lulus-_- nggak perlu bang, bener. yah gimana ya kalo entar aku kuliah ya :/ #masihsma

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan