Thursday, August 22, 2013

Susahnya Move On dari Kenangan Sekolah










 Ada ungkapan “Masa SMA adalah masa yang paling indah”. Well, ungkapan itu gak sepenuhnya salah, mungkin tepatnya adalah “Masa sekolah adalah masa yang paling indah”. Gak cuma SMA doang soalnya, mulai dari TK sampai kuliah adalah masa yang menyenangkan banget buat dikenang.

Yup, kalau lo udah dewasa nanti, lo pasti teringat semua kenangan-kenangan yang lo alami selama mengecap bangku sekolah. Gimana asiknya nyanyi-nyanyi pas lagi pelajaran kosong, sibuknya buat contekan kalau mau ujian yang ternyata gak kepake sama sekali karena lo ngopek pelajaran semester lalu, atau kisah cinta monyet lo yang kandas di tengah jalan. Banyak deh pokoknya. Intinya, kita tuh gak bakalan pernah bisa move-on dari kenangan sekolah. Pasti akan teringat terus, dan kalau lo uda teringat kenangan indah pas sekolah lo cuma bisa bilang dalam hati “ kampret, gua jadi pengen balik sekolah lagi”.

Nah, karena lo uda galau sehabis baca kalimat di atas, gua bakalan bikin lo semakin galau. Hahahha. Gua bakalan jabarin nih ya, apa-apa aja yang sering buat kita kepengen lagi balik ke masa sekolah. Nih dia............................. *jeng jeng jeng jeng*

1.     Gak perlu mikirin kerja
Iya, dulu itu emang indah banget. Bangun pagi, sarapan, sekolah, pulangnya kelayapan ntah kemana-mana.( Ya kecuali saudara kita yang kurang beruntung yang langsung kerja supaya bisa makan). Pokoknya indahnya hidup adalah pas masa sekolah, ada apa-apa tinggal minta ortu, gak perlu capek-capek banting tulang lah. Kan ada ortu yang biayain. Kalau lo udah jadi sarjana, ya bersiap-siap aja deh bersaing dengan jutaan pengangguran yang lain. Ada ungkapan nih ya, SARJANA ITU ADALAH PENGANGGURAN YANG TERTUNDA. Serem banget gak tuh bacanya?

2.    Guru killer
Kalau masalah guru sih, yang paling keinget tuh pasti guru yang killer. Tukang bunuh. Taunya bunuh nyamuk. Hehehe. Gak deng, becanda. Guru killer tuh doyan banget nyari kesalahan muridnya, rambut lewat kuping dikit aja langsung dibotak, gak make sepatu warna hitam, sepatunya langsung disita, trus dikasi sandal jepit. Kampret deh pokoknya. Tapi sekampret-kampretnya guru killer, tetep aja dia yang paling kita ingat. Nanti kalau udah sukses kita pasti bilangnya gini, “ Gua bisa sukses gini karena selalu dimarahin dulu nih ma Bapak Anu. Kalau gak karna teguran dia, gua mungkin udah jadi gelandangan.”. Itu kalau lo sukses sih ya, kalau gak ya jangan salahin gurunya juga, elonya aja kali yang bengal.

3.    Suka bolos
Ini buat murid badung nih. Bilang nya sama ortu mau ke sekolah, eh taunya jalan-jalan bareng kawan ke pantai, atau cabut ke warnet. Alasan bolos sih gak perlu ribet. Ya emang lagi males aja belajar. Hahahaha. Dan besoknya hukuman dari guru BP sudah siap menanti. Biasanya sih disuruh lari keliling lapangan, atau disuruh push-up. Capek sih. Ya sapa suruh lo cabut kalau gitu. Absen lo jadinya bolong-bolong deh tu.

4.    Pelajaran itung-itungan
Kayaknya udah jadi kekompakan hampir semua pelajar kalau mata pelajaran yang paling menyebalkan itu adalah yang berhitung, kayak matematika, fisika, kimia, akuntansi. Aduh, baru liat angkanya aja udah puyeng duluan. Trus ngibarin bendera putih. Menyerah. Tapi gak semua sih benci pelajaran itung gitu. Ada juga yang doyan. Nah mereka inilah yang biasanya jadi sumber contekan pas ada pr atau ujian. Tapi ya kalau yang pinternya itu pelit ngasih jawaban, ya cuma bisa gigit jari aja sih. Berharap gak dapat tinta merah di rapor. Biasanya yang pelit-pelit ngasih contekan pas ujian tuh, suka dijauhin sama temen-temennya, dibilang gak setia kawan lah, pengkhianat lah. Suka digosipin juga dibelakang. Kasian ya. Eh, tapi hak dia juga sih ngasi atau gak. Sapa suruh lo gak belajar? Akibatnya gak tau apa-apa deh. Lebih kasian elo sih kayaknya.

5.    Ujian
Kalau ujian tuh ya, bukannya belajar, malah sibuk nyari posisi yang strategis. Biasanya sih di belakang udah penuh duluan. Trus tiba-tiba jadi intel gitu, pake kode-kode rahasia supaya ngasi jawabannya mudah. Padahal ya belum belajar, dapet jawabannya dari mana coba?
oh iya, tentu aja dari ngopek. Nanti matanya tiba-tiba jadi  bagus semua. Yang make kacamata minus pun bisa lihat tulisan yang segede bayinya semut. Hahaha. Kadang ada juga yang nekat nyelipin buku cetak ke dalam laci. Buku segede gajah gitu gimana ngumpetinnya coba kalau pengawas lewat? Tapi ya namanya orang lagi kepepet. Aja ada deh nanti caranya. Ditutupin badan lah, dikepit di antara paha dan bawah meja lah, didudukin lah. Banyak deh, pada kreatif semua kalau uda masalah contekan. Cuma begonya kembali datang ujiannya uda siap.

6.    Kisah asmara
yuppp. Ini adalah kenangan yang emang paling susah buat dilupakan. Masa sekolah adalah kali pertama lo ngenal yang namanya pacaran. Cinta monyet gitu, tapi kadang bisa lanjut ampe nikah juga. Masa sekolah adalah masa lo mengenal galau, sakitnya di phpin, cinta bertepuk sebelah tangan, cinta dalam hati, friendzone. Banyak deh. Gua juga gak ngerti kenapa cinta jadi banyak banget cabangnya. Kayaknya sih, seluruh masa muda kita habis untuk kegiatan yang satu ini. Cape deh. Makanya banyak banget tuh ftv yang ceritanya tentang percintaan remaja-remaja di sekolah. Ada juga yang masih sd uda cinta-cintaan. Kencing aja belum lurus, uda maen pacaran aja. Makanya nih anak-anak kecil jaman sekarang lebih kenal lagunya Kangen Band daripada lagunya Ibu Kasur. Atau jangan-jangan lo gak kenal Bu Kasur juga. Terlaluuuuu. Mungkin lo keinget pas lagi jauh-jauhan sama mantan lo karna tengsin. Kalau lo mau lewat kelas dia, lo nunduk kayak lagi nyari duit jatuh. Atau gimana deg-degan nya perasaan lo pas mau nembak atau ditembak. Dan bahagianya pas masa-masa awal pacaran. Karena lama-kelamaaan lo jadi enek, berantem, putus, galau, dan cari yang baru lagi.

7.    Upacara
Dulu pas gua masih sekolah, upacara adalah salah satu hal yang bikin gua sangat membenci hari Senin (kuliah gak ada upacara soalnya). Pengennya sih langsung di-skip aja gitu ke hari selasa. Siapa sih yang mau pagi-pagi uda dijemur di bawah teriknya matahari. Kalau uda gini, gua paling iri sama yang berdiri dekat pohon. Anteng banget kayaknya. Ada yang ampe sandar-sandaran segala sama pohonnya. Anjirr, mesra banget. Apalagi kalau lupa bawa topi, wah siap-siap deh buat kelompok lain. Di bedain gitu. Malu banget dah, apalagi kalau gebetan kita ngeliatin. Rasanya mau nyungsep di bawah ketek temen. Trus yang bikin upacara menyebalkan adalah PIDATO. Iya pidato, entah itu dari kepsek, pembina, kapolsek, sampe guru biasa, pidatonya pasti panjang banget. Keringat uda mengucur deras sampe ke ketek pun, mereka tetap setia berbicara panjang lebar, padahal sih ya gak ada yang dengerin juga. Pada sibuk ngipas-ngipas semuanya. Tapi, sekarang gua kangen banget masa itu. Gimana ributnya gua kalau baris di belakang ma kawan-kawan. Cerita-cerita tentang pertandingan bola, tentang cewek, tentang kepsek. Banyak deh gosip-gosip kalau uda berdiri di belakang. Gua juga masih ingat, gimana buru-burunya gua pas telat upacara. Masangin dasi sembarangan, trus masuk dalam barisan secara sembunyi-sembunyi. Kacau banget deh saat itu. Tapi justru kekacauan itu yang selalu gua kenang. Tanpa kehebohan, kekacauan dan segala macamnya pas SMA, maka gak ada yang bisa kita kenang dari masa hitam putih tersebut, kecuali buku pelajaran yang diam membisu.


Nah, itu dia yang buat kita susah banget move-on dari yang namanya sekolah. Gimana? Jadi galau seketika? Jadi kangen masa sekolah? Lo jadi pengen sekolah lagi?. Hahahaha. Selamat mengenang masa indah sekolah guys. Kenangan itu emang akan selalu melekat di hati kita semua. Kalau ada tanggapan, silakan tambahin di kolom komentar ya

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan