Thursday, August 1, 2013

Kemana kartun menghilang?








Dulu, pas gua masih kecil, hari Minggu adalah hari yang paling mengasyikkan. Selain karena libur, juga karena banyak banget kartun-kartun minggu pagi. Dari jam 5 pagi sampe jam 12 siang gua betah banget tuh depan tv. Pas kartun yang satu abis, kartun yang lain datang, begitu seterusnya. Dulu stasiun tv yang sering banget nyiarin kartun adalah RCTI dan Indosiar. 

Kartunnya banyak banget, mulai dari doraemon, shinchan, p-man, ninja hattori, power ranget, chibi maruko chan, sampai detektif conan.Tapi sekarang penayangan kartun berkurang drastis. Paling cuma dapat jatah sejam dua jam doang. Abis tu diganti sama acara-acara lain yang menurut gua, sama sekali gak berbobot. Acara libur gua di hari minggu pun semakin terusik dengan keberadaan acara-acara gak mutu ini. 

Nah, ini dia acara yang telah menggusur keberadaan kartun dari wajah televisi

1.    Acara Musik
Sekarang lagi heboh-hebohnya boyband dan girlband. Tiap hari kayaknya ada aja grup baru yang bermunculan. Tapi ya itu, easy come easy go. Ngilangnya cepet banget. Cuma nyanyiin satu single, uda deh gak ada kelanjutannya lagi. Ilang kayak ditelan bumi. Boyband dan girlband juga sangat memuakkan bagi gua. selain dandanannya yang alay, banyak juga yang modal tampang doang, tapi suara pas-pasan. Lebih sering lipsync. Mereka make suara yang uda di filter. Jadi suaranya kedengeran bagus, padahal aslinya gahar.

Acara musik sekarang juga makin gak jelas konsepnya, dari yang seharusnya nayangin musik-musik berkualitas, malah melenceng jauh ke acara komedi murahan yang bisanya ngejek fisik doang. Olga Syahputra jago banget kalo soal ini. Ketawa penontonnya juga gak ikhlas banget, bukan hahaha gitu. Tapi argggggggg argggggggggg. Kayak suara bencong kesedak. 

Ada juga acara musik yang malah jadi ajang kuis, bagi-bagi hadiah ke orang gak mampu. Bagus sih, tapi ini kan acara musik, bukan jalinan kasih. Konsepnya kok jadi tabrakan gitu?
Acara musik ini juga jadi salah satu penyebab alayers membludak, menyaingi popularitas jomblo. Kayak joget cuci jemur di Dahsyat, lalala yeyeye. Pusing deh kalau udah bahas alay.
mending nonton kartun. #KembalikanKartun.

2.   Acara Gosip
Aduh, kalau yang ini jangan ditanya deh. Semua kehidupan artis dikupas habis, mulai dari yang hoax, sampai yang emang kenyataan. Ibu-ibu biasanya pada doyan nih. Padahal kan ya, gosipin orang itu dilarang sama agama, eh malah dijadiin acara tv yang pasti ditonton banyak orang. Presenternya juga banyak yang lebay, bibirnya dimonyong-monyongin gitu, bahasanya juga berat , antara berfilsafat dan bersajak. Harus sedia kamus deh kalau mau nonton. Ada sih positifnya, tapi lebih banyak negatifnya. Ngapain juga kita kepo banget sama kehidupan artis, gak ada untungnya sama sekali. Artisnya aja gak suka dikepoin kan. mending nonton kartun. #KembalikanKartun.

3.   Sinetron/FTV
Istilah segala sesuatu mungkin, pas banget kalau diterapkan ke sinetron. Ada cewek cantik, anak orang kaya, bisa jatuh cinta sama supir angkot, atau cowok ganteng, lagi-lagi anak orang kaya, suka sama gembel. Cinta emang buta. Buta banget malah.
Sinetron memang sebaiknya dienyahkan dari dunia pertelevisian (sadis ya bahasa gua). Gak ada bagus-bagusnya menurut gua. Malah ngajarin generasi muda untuk semakin alay. Gak masuk akal. Contohnya ya, pas adegan ketabrak, mobilnya masih 100 meter, tapi dia udah jerit-jerit duluan dan nunggu ditabrak, bukannya lari. Dan pas udah ditabrak dia pasti lupa ingatan. Banyak banget kayaknya kasus lupa ingatan di sinetron. 
Atau bayi yang ketuker-tuker. Seburuk itukah sistem rumah sakit di negara ini sampe bayi-bayi bisa ketuker. Kasusnya pun sering. Dan bayi-bayi yang ketuker ini biasanya tetanggaan atau gak sengaja jumpa dengan cara tabrakan lagi, atau kasus anak kembar yang terpisah. Yang satu miskin, dan yang satu kaya. Aneh banget deh pokoknya alur sinetron. Jalan ceritanya hampir sama semua dan endingnya uda ketebak di awal cerita.

Dan dari semua situ, sinetron yang paling gak masuk akal menurut gua adalah sinetron laga. Kendaraannya elang. Mungkin kalau ke mall dia bakalan parkir di atap, super vvip.
mending nonton kartun. #KembalikanKartun.

Nah, itulah menurut gua acara yang mengakibatkan punahnya film kartun dari televisi. Atau mungkin lo punya pendapat lain tentang acara-acara aneh yang memunahkan kartun? Silakan share di comments ya. 

APA? Lo gak suka kartun, berarti sia-sialah masa kecil, masa muda, dan masa tua lo. Mending lo nonton iklan aja.

3 comments:

  1. Setuju nih. Tiap Minggu tuh nggak ada lagi kartun yang menghibur. Dulu aja membludak. sekarang malah punah.

    kecewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu bisa seharian di depan tv nonton kartun. sekarang malah ogah lama-lama di depan tv

      Delete
  2. Untungnya di rcti masih ada doraemon sama shinchan.. walopun gk sebanyak dulu.. Kangen chibi maruko chan.. (´ะด⊂)
    #KembalikanKartun

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan