Saturday, January 31, 2015

[Cerpen] Cinta Tapi Beda


“Menurutmu, kita bisa bersatu nggak, sih?” Fiona menatap mataku.

Aku cuma tersenyum. Membelai lembut rambutnya.

“Kenapa enggak bisa?” tanyaku pelan.

Fiona yang sedang bersandar di bahuku, tiba-tiba menegakkan duduknya.

“Ya, kan kamu tahu sendiri masalah kita. Kita berbeda. Tepatnya, Tuhan kita yang berbeda,” gumam Fiona lemah. Dia lalu menunduk. Memandangi sepatunya.

Aku beringsut mendekatinya. Mengulurkan tangan untuk memeluknya.

Hei..Shhh..... Tenang aja sayang. Kita pasti bisa melewati ini kok.” Aku mengecup puncak kepalanya.

“Kamu janji? Kamu janji kita akan selalu bersama walaupun kita berbeda?”

“Iya.. Aku janji. Kamu jangan sedih lagi dong ya.” Aku tersenyum. “Liat tuh,  maskara kamu jadi luntur gini.”

Fiona memukul pundakku pelan. Pura-pura merajuk. Aku hanya terkekeh geli. Lalu memeluknya erat.

Aku akan melakukan sesuatu untuk memecahkan masalah ini

***

Aku memandang wajah Ardhi yang sedang tertidur di pangkuanku. Memainkan rambutnya yang ikal. Wajahnya begitu damai. Seandainya kami bisa selalu bersama. Orangtua Ardhi adalah seorang ulama terkenal. Jadi bisa dipastikan, dia diajari sangat keras mengenai agama. Sedangkan orangtuaku tidak kalah keras dalam mengajarkan agama Kristen.

Aku menghela napas. Entah kenapa aku selalu jatuh cinta dengan orang yang berbeda agama. Sebelum dengan Ardhi, aku pernah pacaran dengan Dion selama dua tahun. Kami terpaksa putus karena orangtuanya tidak mendukung kami. Butuh waktu sangat lama untuk menyembuhkan luka tersebut. Disaat aku terpuruk itulah Ardhi datang. Menawarkan canda, tawa, dan kehangatan.

Namun perbedaan kembali menjadi tembok. Aku selalu bingung, apakah agama memang diturunkan supaya cinta bisa dibatasi?

Aku menghela napas panjang. Urusan cinta bisa begini rumit ternyata. Beberapa hari lagi adalah perayaan anniversary kami yang pertama. Aku akan memberikan kado spesial untuknya.

***

“Happy anniversary, sayang.” Ardhi mengecup kening Fiona lembut. Fiona tersenyum dan memejamkan matanya. “Semoga kita selalu bisa bersama, jarang berantem dan punya anak banyak.” doa Ardhi.

“Fiona menangkupkan tangannya. “Amin sayang. Amin. Hehe. Tapi untuk punya banyak anak. Aku masih mikir-mikir.” Fiona memeletkan lidah.

“Iya deh iya.” Ardhi mengangkat tangan. Menyerah. “Oh ya. Aku punya hadiah loh buat kamu.” Ardhi merogoh celananya.

“Eitss. Emang kamu aja. Aku juga punya hadiah untuk kamu nih.” Fiona mengedipkan sebelah matanya. “Pasti kamu suka.”

“Jadi, siapa nih yang duluan ngasi hadiahnya?” tanya Fiona.

“Gimana kalau bersamaan aja. Kamu dan aku berbalik badan dan pada hitungan ketiga, kita sama-sama menyodorkan hadiah kita. Gimana?”

Fiona pura-pura berpikir keras. Ardhi mengecup pipinya. “Kelamaan kamu mikirnya. Hahaha. Buruan balik badan.”

Fiona terkekeh. Lalu membalikkan badannya.

 “Oke siap ya.” Ardhi memberi aba-aba. “1....2....3....”

Mereka serentak berbalik badan. Sambil mengacungkan kadonya.

Sebuah KTP.

“Lihat nih sayang. Aku udah ganti agama loh. Jadi kamu gak perlu takut lagi. Kita pasti selalu bersama kok.” Ardhi menunjukkan kolom agama di KTP nya. Kristen Protestan. “Tapi, kamu kok nyodorin KTP juga?” Ardhi garuk-garuk kepala.

“Jangan bilang kalau kamu...”

Tangan Fiona bergetar hebat. KTP nya terjatuh. Ardhi membungkuk memungut KTP tersebut.

Ia tidak sengaja memandang ke kolom agama.

Islam.

-The end


Pesan moralnya. Jangan terlalu suka memberi kejutan. Ntar malah kamu sendiri yang terkejut. Btw, udah lama gak buat cerpen yang endingnya ginian. Semoga semua suka. Kritik dan saran sangat dinanti. Oh ya, ada yang pernah ngalamin kisah kayak gini juga? Cerita dong di kolom komentar. hehe

Salam Asal


44 comments:

  1. hahaha, agak lucu endingnya ya. miss communication gitu.
    cinta dan agama itu emang nggak seharusnya diperdebatkan ah..

    ReplyDelete
  2. Judulnya agak gimana gitu ya. Mirip kayak Film. But nice.

    Toss suka nulis cerpen.

    Mari menyambung silaturahmi dengan Liebster Award.
    Sambungkan talinya.

    Your Award in Here. Waiting for Your Respond.
    http://www.wignyaharsono.com/2015/01/menyambung-silaturahmi-via-lister-award.html

    Regards,
    Semoga Hidupmu Tak Sefiksi Ceritaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kepentingan seo doang sih itu bang. haha

      sip. makasih awardnya ya

      Delete
    2. ah, dilema yang sedang kualami...jatuh cinta pada laki-laki beda agama :(

      Delete
  3. Endingnya, dua-duanya malah pindah agama gitu --"
    Tapi keren alur ceritanya :D

    ReplyDelete
  4. Keren bro cerpennya, bikin lagi dong...

    ReplyDelete
  5. Padahal di awal cerita udah dibikin iri sama keromantisan mereka, tapi pada akhirnya mereka dipisahkan oleh kecerobohan. Entah siapa yg harus dikasihani.. beruntunglah Fiona. :))

    ReplyDelete
  6. Ya ampun endingnya malah sama-sama ngagetin .__.
    Tapi enak nih baca cerpennya.
    Gue juga dulu sering pacaran beda agama, tapi makin kesini enggak deh kayaknya, mau yang seiman aja. :D

    ReplyDelete
  7. pesan moral versi saya:
    1. jangan terburu-buru
    2. pegang teguh keyakinanmu

    ReplyDelete
  8. Hahaha.... awalnya ini cerita udah keren banget, lho.Gue sampe terhanyut bacanya. Dan sampe seketika terlintas penyeselan gue mutusin chelsea islan karena beda agama.

    Ah..... harusnya gue bikin kejutan kayak gitu aja kali ya. Cukup modal ganti nama ktp aja. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo ketabrak odong-odong ya? mimpi lo kelewatan tuh tingginya. haha

      Delete
  9. Kiarain pesan moralnya, janganlah memberikan KTP untuk sebuah surprise haha

    ReplyDelete
  10. Cerpennya bagus, nih. Enak buat dibaca :D

    ReplyDelete
  11. Gue suka man dengan ending yang beginih. *bikin lagi ya!* Btw, judul cerpennya sama ama pilem indonesia kemaren. isinya juga sama, tentang beda agama saat akan menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sengaja gua buat judul gitu. supaya kalau ada yang googling, langsung nyasar dimari. haha. tapi itu ceritanya mereka gak menikah kok.

      Delete
  12. ending-nya emang elo banget, Man. Lucu tapi bikin nyesss. Gue kira hadiahnya seperti pada gambar di awal cerita. eh, ternyata....

    ReplyDelete
  13. Iya nih semenjak cerepen pemerkosaan :))
    cuman yg ini kurang jedot bro hahaha
    keep posting ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh. nanti deh dibikin lebih jedot lagi bro. haha

      Delete
  14. hahaha padahal aku suka kejutan loh mas arman... :)

    ReplyDelete
  15. Ya uda siiiih, sama-sama ganti ke agama laen aja yang baru. Biar adil. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ganti agama kok kayak semudah ganti angkot -_-

      Delete
    2. Yah.. Namanya jugak demi cinta :P

      Delete
  16. Awalnya keren banget bikin gue bener-bener ngedalemin ceritanya sekaligus jadi iri sama kemesraan mereka. Tapi, endingnya kurang greget dari yang biasanya. Hehehe ditunggu ya cerpen-cerpen selanjutnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang greget ya? nanti deh dibikin yang lebih greget ya. spesial buat lo. hehe

      Delete
  17. TAEEEEEE ending-nya.
    Ada lagi. Jangan main-main sama agama pesan moralnya. :)
    Kereeeenn, Bang, seperti biasa. :D
    Selalu dapet twist gue. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sip.makasih bro.
      iya agama emang bukan untuk dipermainkan ya

      Delete
  18. Hahahaah endingnya kampret banget, bisanya malah dua-duanya terkejut. Keren ahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalau mau ngasih kejutan ya mikir-mikir dulu akibatnya. haha

      Delete
  19. itu yang kalimat di atas salah tuh, bagian "Tuhan kita yang berbeda"
    Tuhan mah cuma satu mas, Cuma kitanya aja manusia yg beda bedain..

    Gue jadi inget mantan kan, beda agama juga ._.

    Btw keren ceritanya, endingnya susah ketebak, suka cerita kaya gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, namanya juga manusia lagi galau mbak. suka melebih-lebihkan gitu ceritanya.
      ciee yang flashback. haha

      Delete
  20. Hahaha ngetwist lagi nih. Oke. Oke.

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan