Wednesday, September 3, 2014

Kenangan Hampa

Akhir-akhir ini gua lagi suka nonton film Thailand. Ternyata banyak juga yang asik, kocak, apalagi kisah cintanya. Benar-benar memikat. Dulu film Thailand yang gua tau cuma Ong Bak doang. Tentang seseorang yang gemar bertarung menggunakan lutut. Saking kerasnya itu lutut, helm bisa pecah. Amazing. Gua mau memperkerjakan orang semacam ini untuk memecahkan kulit durian.

Kerjaan gua pas liburan emang cuma nonton aja. Mental pengangguran udah mulai keliatan.

Kemarin gua nonton film A Crazy Little Thing Called Love. Mungkin lo udah pada nonton dari tahun kapan. Tapi, gua baru nonton kemarin. Gua emang out of date.
Film itu bercerita tentang seorang cewek, yang memendam rasa cinta sama seorang cowok. Tapi dia gak berani menyatakan cintanya. Dia cuma bisa kode-kode. Terkutuklah kode-kode sialan.

Ketika dia akhirnya menyatakan perasaannya kepada cowok itu, ternyata cowok itu baru aja pacaran. Nyesek banget. Ditambah, ternyata dia gak tau kalau cowok itu juga suka sama dia.

Ceritanya sih happy ending. Dia akhirnya menyatu juga dengan cowok itu. Tapi setelah bertahun-tahun. Wahai wanita... ITULAH AKIBATNYA DARI KODE-KODE.

Film itu sukses mengingatkan gua tentang masa-masa sekolah.
Dulu, gua selalu berpikir yang mengatakan, “Masa SMA adalah masa yang paling indah”, hanyalah guru. Mereka membuat slogan begitu supaya siswanya pada rajin ke sekolah dan ngerjain Pr. Gua dulu nganggep itu semua bullshit.

Well, sekarang gua kena karmanya.
GUA KANGEN!

Gila, gua kangen banget masa-masa sekolah. Dan semakin gua ingat-ingat, gua semakin sadar, tidak terlalu banyak kenangan yang bisa gua kenang di masa SMA. Gua pas masa SMA kayaknya cuma sebatas figuran doang. Numpang lewat.

Ketika SMA, gua adalah sosok yang cuek. Sok sok gak mau kenalan sama cewek, gak mau pacaran, gak mau hangout. Gua dulu kuper banget. Merasa gak butuh temen banyak-banyak. Gua terlalu terpengaruh dengan sifat Bohemiannya Sherlock Holmes. Gua menganggap kesendirian, ketertupan, introvert, dan misterius adalah hal yang keren.

Kalau gua punya mesin waktu, gua pengen balik ke masa lalu, trus nonjok diri gua pas SMA dan bilang “KEREN, NENEK LO KIPER.”

Masa SMA gua tuh hampa banget. FYI, gua gak pernah pacaran pas SMA. Entahlah gua harus nganggep ini sebagai anugerah karena kesucian gua, atau malah menganggap ini musibah, karena gak ada satupun kenangan manis bersama cewek yang nemplok di ingatan gua.

Kenangan manis gua paling cuma sama mbak-mbak kantin, yang selalu menatap dengan tajam ke arah setiap pembelinya. Takut mereka gak bayar, atau malah bayar pake duit monopoli. Gua pernah nyoba bayar pake daun, biar dia ngira gua makhluk halus. Hasilnya, badan gua patah-patah karena tertimpa gajah afrika.

Gua juga ingat pernah dimintain tolong untuk FOTOIN beberapa cewek sama salah satu cowok. Itu anjrit banget. Dengan muka ditekuk kayak origami, gua motoin mereka. Berkali-kali. Sepatu gua udah gatal pengen nyiumin muka mereka satu-satu. Abis motoin, cuma dibilang makasih doang. Gondok abis.

Padahal, kayaknya gua bisa aja kenalan ke adek kelas, pedekate, trus pacaran, trus putus. Bahkan, dulu pernah ada cewek yang nekat pdkt ke gua, tapi dasarnya gua nya lagi kesurupan suster keramas, gua tolak tuh cewek.  Iya baru pdkt aja udah gua tolak, gua emang songong.

Sekarang, gua cuma bisa guling-guling di aspal, sambil nari hujan, dan berteriak “KENAPAAAHH, GUA BEGOKK BANGET YA TUHANNN, KENAPAHH. APA SALAH HAMBA?”

Kadang gua beranggapan, gua itu pengidap cewekphobia. Gua takut berhadapan sama cewek cakep. Apalagi kalau cewek yang gua suka. Gua pasti selalu masang tampang sok gak peduli, padahal dalam hati udah kebat-kebit kayak gendang orang kawinan. Penyakit ini juga mengakibatkan gua menjadi diam seribu bahasa di dekat cewek. Gila aja gua disuruh nguasain seribu bahasa.

Ketika gua udah ngumpulin keberanian untuk nembak cewek, ketika kata-katanya udah diujung lidah, selalu susah mengungkapkannya. Mulut gua terasa kayak dijahit pake senar gitar. Cuma berdenging nggak jelas.
Hasilnya malah gini..

Gua : Emm. Kamu pulang sekolah nanti, mau kemana?
Cewek : Ke rumah doang. Trus makan, trus mandi, trus jalan deh sama pacarku. Emang kenapa?
Gua : Oh enggak. Engggg. Eh liat deh itu ada kecoak lewat... wah lucu ya. Eh liat dia terbang.. eh dia terbang ke arah sini. Arghhhh tidak..... mama.... tolong anakmu...

Gua pun lari sambil angkat celana. Setidaknya kecoak tersebut menjadikan gua punya alasan untuk kabur.

Gua sebenarnya punya banyak temen cewek ketika masa SMA. Tapi semuanya gak ada yang jadi pacar gua. Gua cuma dianggap teman. Gila, Friendzone massal. Lo baru ngerasain satu jenis friendzone aja udah sakit, lah gua? massal bro. Ini hampir sama kayak dikencingin massal.
Kalau lo tau sakitnya, Sakitnya tuh disini, *nunjuk organ vital*

Gua juga baru aja nonton You Are The Apple Of My Eye. Dan gua kembali galau. Galau karena ending filmnya yang gak sesuai harapan gua, dan juga galau karena gua gak pernah ngerasain masa-masa indah kayak gitu.

Udah gua bilang tadi, gua adalah orang yang kuper. Gua terlalu memperhatikan apa kata orang. Gua takut ketika kenalan dengan cewek, temen-temen gua bakalan nyorakin. Gua paling gak suka digituin. Alhasil, pas SMA gua cuma bisa jadi secret admirer. Mengagumi keindahan para cewek dari jauh. Berat langkah untuk berkenalan, sukar mulut untuk menyapa.

Kadang gua merasa hidup ini gak adil. Kenapa gua gak pernah ngerasain kisah-kisah indah kayak orang lain? Kenapa masa muda gua kayaknya terlalu banyak diisi dengan kesendirian? Dan kenapa Andhika Kangen Band poninya harus begitu? Ini masalah rumit.

Bukan berarti gua mau ngabisin masa muda dengan hura-hura. Cuma, rasanya gak ada kenangan yang bisa gua kenang selama gua remaja. Gak ada kenangan ketika merasakan cinta monyet yang pertama kali, gak ada kenangan ketika gua pedekate sama cewek. Hampa.

Tapi Tuhan emang bekerja dengan cara yang ajaib. Gua disadarkan kalau “Kisah indah di orang lain tidak harus terjadi di kehidupanmu.” Masa muda gua masih panjang, masih banyak yang bisa gua perbuat.


Ketimbang menyesali yang telah lewat, lebih baik bersiap untuk masa depan. Karena gua udah merasakan sakitnya mengenang kenangan yang hampa, gua gak mau itu terulang kembali. Gua gak mau jadi orang yang kuper lagi. Gak mau jadi orang yang menganggap bahwa lo bisa menjalani dunia ini sendirian, tanpa ada orang lain yang berdiri bersama.
Jadi gua akan berusaha....

Berusaha terus menerus......

Mencari DVD film romantis lain.

Buat lo yang masih duduk di bangku sekolah, saran gua nikmatilah itu semua. Jangan banyak mengeluh. Bertemanlah sebanyak mungkin. Jadikan kisah lo di masa sekolah penuh dengan kenangan. Supaya ketika lo udah kuliah, lo gak kayak gua. Cuma bisa menyesal. Percayalah, menjadi sok keren itu gak menjadikan lo keren.

Karena sakit rasanya ketika menyadari, betapa banyak hal yang seharusnya bisa kita perbuat di masa lalu, tapi kita tidak mau berbuat hal tersebut. Karena alasan gengsi, malas ataupun hal lain.

Tapi, kalau lo mau merasakan kayak gua, ya silakan aja sih. Hahaha. Gua malah seneng dapat kawan. Minimal nanti dapat temen cerita.

Postingan ini udah hampir habis. Kalau lo juga pernah ngerasain yang kayak gua alamin, silakan share di kotak komentar ya. Atau lo sekedar pengen mentertawakan kesialan gua, silakan tumpahkan semuanya di kotak komentar.

Dadahhhh J




32 comments:

  1. Gue juga seneng pilm thailand, dan jadi inget Dzawin khpung khaaap hhahaha

    ReplyDelete
  2. dibalaik kenangan yang hampa itu, pasti ada kok kenangan yang menyenangkan. kenangan bareng temen. kenangan bersama teman akan lebih berarti ketimbang kenangan bersama pacar :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyasih. tapi gara-gara dua film itu gua rada nyesel juga gak punya pacara dulunya :(

      Delete
  3. Film Suck seed juga bagus bang nonton dehh, oiya FYI andhika kangen band uda potong rambut dan sudah tidak berponi lagi ihiiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh. gua juga udah nonton suck seed kok.
      poninya udah dipotong, wah kita mesti bikin selametan. potong tumpeng

      Delete
  4. Film thailand itu banyak kocaknya haaa, tapi banyak juga yg horor :-D

    ReplyDelete
  5. Nggak suka film Thailand, habisnya suara dan dialek ngomongnya bikin nggak betah. :)

    Alhamdulillah, saya nggak pacaran saat SMA, tp nggak hampa banget. Soalnya aktif Paskibra dan OSIS, jadi tetep happy di jalan saya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. kok nggak betah?
      wah, gua dulu pas sma gak pernah ikut organisasi. jadi makin sedih deh :')

      Delete
  6. emang kalau ngenang masa2 SMA itu bawaannya pengen balik lagi. tapi kalau disuruh balik beneran, sy mending mikir dua kali. soalnya fisika itu kejam! apalagi di SMA sy buku paketnya pake bahasa inggris, gila! xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kangen sama kehidupan sosialnya sih. sama pelajarannya mah enggak. haha

      Delete
  7. Wah sama kak, kayaknya gue kena cowokphobia. gue suka diemm dan sok cuek kalo deket cowok. Dan kayaknya gue harus rubah itu, biar gue gak nyesell.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah nah. jadikanlah pengalaman gua sebagai pelajaran. haha

      Delete
  8. Sekarang aku masih SMA dan... secret admirer juga :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu lama dipendam. kencing ditahan aja bikin penyakit, apalagi cinta yang ditahan

      Delete
  9. Film Thailand ada yang romantis juga toh? Kirain adanya tentang gajah sama siluman buaya doang, hehehehe.

    Gua nggak tau masa SMA itu indah apa nggak, soalnya lulusan STM sih, cowok semua :|
    Kurang lebih sama, lah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah batangan semua deh itu di stm ya. apalagi katanya stm doyan tawuran. sangar bro

      Delete
  10. Man suka deh gaya ceritanya asik gitu. Kayanya lu lebih cocok cerita lucu deh man daripada cerita serem serem gitu. Keep wiriting anyway!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain sih sukanya sama aku, kak.
      cerita lucu? aku buat cerita seram malah jatuhnya lucu kak. buat cerita biasa malah serem

      Delete
  11. Hai pria kesepian. Sekarang masih, nggak?

    Sebenernya ga jauh beda sih sama masa-masa SMA gue. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai yang sama-sama kesepian.
      masa sma nya gimana emang?

      Delete
  12. Gue mau ngetawain lo dulu kak, ahahahaha.... XD
    ternyata masa sekolah lo kaya gitu? hahaha.. sama ._.
    tapi seenggaknya sikap sok keren gue beneran terlihat keren di mata temen-temen gue B).
    ngomong-ngomong film Thailand, ada juga tuh film Jepang yang judulnya I Give My First Love to You, lumayan bikin mata berkaca-kaca ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah. dia juga sama ternyata -__-
      ah udah males deh gua film romantis. galau mulu gua ntar.

      Delete
  13. haha sama nih, gue akhir-akhir ini suka nonton film yang begituan. ceritanya tragis-tragis. You're the apple of my eyes itu, gue banget. kocingteng kayak gue banget

    ReplyDelete
  14. Bagi film, oy!


    Baca ini jadi ingat pas SMP kemarin. SMP loh, hah.

    ReplyDelete
  15. oh... jadi cowok sok cool it aslinya begitu ya *ngangguk2* :D
    syukurlah pas sma saya pernah pacaran, pernah ngikut organisasi, punya temen2 yang asoy geboy. sori bro... jangan iri ya, huahahahaha *ketawa penuh kemenangan* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kakak satu ini emang jago banget manas-manasin. huh

      Delete
  16. haha,,pas ada cewek yang PDKT aja langsung di tolak,ekh giliran suka sama cewek gak berani ngomong terus pas mau ngungkapin si cewek malah udah punya cowok :) ya udah jadikan ini sebagai pelajaran,,hehe (sok-sok nasehati)

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan