Saturday, May 10, 2014

Rasisme Salah Kaprah



Seberapa sering lo mendengar orang mengucapkan kata RASIS? Gua sering banget liat orang yang bicarain tentang rasis. Di facebook ngeluh tentang rasis, di twitter juga bicarain rasis. #RasisEverywhere.

Akibatnya, pengertian rasis malah semakin rancu dan ambigu. Gua pernah debat sama temen gua, ketika itu gua kurang sreg sama tingkah FPI yang sesukanya konvoi di jalan. Trus kawan gua negur “Jangan rasis gitu ah.”

What? Rasis? Ras macam apakah FPI ini? Apakah mereka termasuk ras langka berkepala batu yang patut dilestarikan?

Gua juga pernah baca di salah satu akun sepakbola. Salah seorang followernya ngetwit gini “ Rasis itu adalah kalau lo menghina klub bola kesayangan gua.”

Oke. Jadi klub bola favorit lo itu mungkin keturunan bangsa Arya yang semuanya berambut pirang, berhidung mancung, dan berkulit putih. Kemungkinan besar ini adalah klub sepakbola Nazi.

Rasisme dalam sepakbola adalah ketika fans menghina salah seorang atau lebih pemain sepakbola lawan karena dia “berbeda”. Seperti melemparkan pisang ke lapangan, meneriakkan kata “monyet” dan lain sebagainya.

Gua juga pernah baca. “Dih, IPS dan IPA kok dibedakan. Rasis banget”
Nah. Sejak kapan di Indonesia, ras dibedakan menjadi jurusan IPA dan IPS. Mungkin jurusan IPA berkulit gelap, dan jurusan IPS berkulit putih. Atau jurusan IPA berhidung mancung, dan jurusan IPS berhidung pesek. Jurusan Ip

Gua takut lama kelamaan bakal menjadi, “Sialan, gua terus dihina sejak jadi jomblo. Rasis banget.”

Kayaknya pada gak bisa bedain antara rasis dan diskriminasi ya?

Mari kita bahas.
Rasis menurut wikipedia adalah : Suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Kalau melihat pengertian di atas, sesuatu dikatakan rasis kalau kita membedakan manusia berdasarkan perbedaan biologis, tergantung pada rasnya. Juga ketika kita merasa ras kita adalah ras pilihan Tuhan, jadi mempunyai kekuatan super untuk menggerakkan bumi dengan tenaga kentut. Sehingga kita meremehkan ras lainnya.

Misalnya, membedakan transportasi antara warga pribumi dan warga Tiongkok. Atau misalnya lo mengejek suku Afrika dengan kata Hitam, Keriting, Tai Panci.

Rasis bukan berdasarkan pembedaan organisasi, agama, atau bahkan jurusan pelajaran.
Kurang percaya sama wikipedia? Baiklah, mari kita telaah menurut KBBI.
Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia,rasisme diartikan sebagai paham atau golongan yang menerapkan penggolongan atau pembedaan ciri-ciri fisik (seperti warna kulit) dalam masyarakat.

Udah mulai jelas?
Kalau di Indonesia, hal ini cukup membingungkan. Karena rasisme sudah termasuk di dalam SARA. Jadi kalau ada pembedaan seperti gitu, kita langsung mengatakan itu SARA, padahal kan unsur SARA itu ada empat (Suku, Agama,Ras,Antar Golongan).
Akhirnya pengertian rasis sering masuk ke dalam diskriminasi suku atau antar golongan.

Jangan-jangan lo gak tau selama ini termasuk ras mana? Gua jelasin sedikit deh mengenai ras yang ada di muka bumi ini.

Yang pertama adalah ras Kaukasoid. Ras ini tersebar di Eropa Utara, Eropa Tengah, Arabia, India, dan Pakistan. Ciri-cirinya adalah berkulit putih, hidung mancung, berambut pirang dan bertubuh jangkung.

Ras ini bener-bener idola cewek banget ya. Kebanyakan ras Kaukasoid emang cakep semua. Kalau ras ini dihina, mungkin yang paling murka adalah para cewek. Jadi kalau lo bilang gini “ Woi. Idung aja kau besarin. Ngabisin stok oksigen aja.”

Lo udah rasis parah banget men.

Yang kedua adalah ras Mongoloid. Ras ini terdapat di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Utara. Ciri-cirinya berkulit kuning, berambut hitam dan bertubuh sedang.

Indonesia termasuk dalam ras ini. Tepatnya ras Malayan Mongoloid. Gua juga kurang tau apakah menghina ras sendiri termasuk perilaku rasis, soalnya kita sering banget ngehina Malaysia, yang masih satu ras dengan kita. Kalau ada yang tau, silakan jawab di kotak komentar ya.

Yang terakhir adalah ras Negroid. Tersebar di Benua Afrika, Papua dan Kepulauan Melanesia. Ciri-cirinya berambut keriting, berkulit gelap dan bertubuh tinggi.
Ras ini adalah ras yang sering sekali mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Mereka dianggap kaum budak karena memiliki kulit berwarna. Sampai sekarang pun yang berkulit gelap tetap dipandang sebelah mata. Lihat saja kosmetik yang menjanjikan pemakainya putih berkilau. Seakan-akan kulit putih menjadi standar kecantikan.

Gimana? Udah mulai paham kan tentang penjelasan rasis? Gua juga gak tau kenapa ras selalu diakhiri dengan kata “oid”. Apakah android termasuk ras juga? Hmmmm.

Nah, jadi mulai sekarang gunakanlah kata-kata pada tempatnya ya. Jangan asal ngomong tapi gak tau makna kata. Kasian loh yang uda susah-susah ciptain kata tersebut.

This is the end of the post. Kalau lo ada pemahaman lain tentang rasis silakan berbagi di kotak komentar ya. Atau ada pengertian yang salah dari penjelasan gua, silakan kritik dan sarannya. Gua juga masih belajar J





62 comments:

  1. rasisnya fans sepak bola itu bikin aku merinding. dulu pernah liat pas mereka tawuran di semarang :( tapi ga tau klo fans luar negeri kayak gimana ya? apa sama aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di luar negeri lebih ke cacian oleh fans lawan. trus dilemparin pisang gitu. atau dibuat lagu utk menghina dia gitu

      Delete
  2. Hahaha temen temen gue juga sering salah kaprah gitu man, suka salah mendefinisikan rasis sama diskriminatif :D
    kita masih satu Ras sama Malaysia,Singapur,Thailand,Filipina,Brunei.. jadi kalo masalah banyak yang ngehina negara tetangga apa bedanya kaya kita ngehina diri kita sendiri, karna kita masih satu Ras sama mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya. berarti kita gak boleh menghina negara tetangga seharusnya. karna sama dengan melecehkan diri kita sendiri

      Delete
  3. njirrr... sekarang, kata rasis itu banyak yang salah kaprah, dan sudah menjadi kebiasaan dan membudaya, karena tidak ada filter untuk mengurangi kesalahkaprahan tersebut... penggunaan bahasa yang benar dan baik di indonesia saya rasa juga kurang karena tercampur dengan penggunaan bahasa bahasa lainnya... kita biasa menggunakan kata "tapi" sebenarnya yang bener itu tetapi dan masih banyak yang lainnya

    kalo ditanya, mengenai rasis malaysiaan yang dijelaskan di atas, mungkin bisa jadi kita tidak rasis terhadap ras kita, melainkan menjuruskan ke hal yang lebih spesifik lagi, misal biologisnya... kan sudah dijelaskan kalo rasis itu perbedaan biologis..

    sya juga pernah berdiskusi di sebuah forum mengenai carut marutnya bahasa indonesia tepat saat hari sumpah pemuda tahun lalu, terus apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki carut marutnya bahasa kita? apakah anak cucu kita harus dicekokn yang namanya bahasa gaul, cumpah, cius, miapah?

    hahaha. terlalu banyak komen ya gue :p
    aslinya juga kagak ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang banget komen lo bro. tapi gua senang. hehe
      hoo. jadi walau satu ras, kalau tetep menghina fisik dikatakan rasis ya? hati2 aja yang suka ngina orang berhidung pesek. haha

      Delete
  4. Jaman sekarang, dikit2 emang mainannya sok2 ngebawa ras, padahal mah salah kaprah.

    ReplyDelete
  5. Wah Bang Arman ini #notetomyself banget. Hahaha. Iya, soalnya dulu sempet ngerti kalo Rasisme itu ya... yang membeda-bedakan orang dengan warna kulitnya, penampilan fisiknya. tapi sekarang malah kebanyakan dipake untuk hal-hal yang umum huahaha. Oke, oke, kalo ada yang gitu lagi harus ngasih tau postingan yang ini ya. Hehehe.

    Btw, aku kayanya yang ras Kaukasoid deh. Soalnya aku cakep. /kaboooor./

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh ma. kebiasaan ya memuji diri sendiri. hahaha
      bener banget tuh. kasih aja postingan ini sama mrk. biar mrk tau

      Delete
  6. Gue juga sering ketawa Man kalo followers akun sepakbola itu ngomongin rasis, ngebully klub bola kok dibilang rasis. Emang nggak semua sih.

    Segmen curhatnya yg kemarin gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. gua jg ngekeh sendiri.
      segmen curhat masih dalam tahap. mungkin minggu depan gua posting. penasaran ya?

      Delete
  7. Saya termasuk ras IPAis Jombloisis hahahaha
    Eh baru tau loh kalau ada kasus ngebuli klub sepak bola dibilang rasis. Saya nggak pernah ngerti soal fans fanatik sepak bola sih, cuma suka liat berita sepak bola ditivi aja, waktu gol-gol indah diciptakan itu saja. Malas lihat 90 menit bola digiring kesana kemari hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh salah ding harusnya Jombloid ya hahaha...

      Delete
    2. tau tuh. mrk yang mengaku fans fanatik kadang emang suka gak mau mikir dulu mengenai makna kata2nya

      Delete
  8. Gue juga sering menemukan kasus serupa, kak. Banyak temen gue yang menyamakan diskriminasi dengan rasis. Mungkin gara-gara SARA itu tadi. Oh iya, gue ini dari ras yang paling ngenes. Kalo gue ditolak cewek, temen gue pasti bilang, "Ras-ain!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah beda kasus Dhik. kalau itu lo udah nasib banget ditolak mulu. haha

      Delete
  9. Gue setuju kalau rasisme dibilang salah kaprah. Soalnya udah rawan banget nyangkut masalah SARA.. Btw, ini kunjungan pertamaku..

    salam kenal,
    belajar-berkata.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Hahaha, temen-temen gue juga banyak yang salah kaprah soal rasis.
    Android itu ras baru kali ya -_-

    ReplyDelete
  11. nah gua palig ga suka rasisme dari guru soal anak ips sama anak ipa, bedalah katanyaa. padahal kan emang bedaa. :D

    ReplyDelete
  12. Iya man gue ngerti perasaan lo juga, sabar man sabar. Ini apaan sih gue? hahaha. Gue juga pernah ngadepin teman yang kurang mengerti benar arti kata rasis. Sehingga, dia menggunakannya pada kalimat yang tidak tepat. Mau mengoreksi, nanti gue dikira sok pinter. Jadi malas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua udah sabar banget kok wang. haha
      koreksi aja lagi. biar mrk sadar dan mau belajar

      Delete
  13. Kakak gue masih menganut rasis IPAis nih kayaknya. Menurut dia jurusan IPAis itu prospek kerjanya banyak dibanding dengan jurusan IPSis..

    Btw, kenapa akhirannya -oid semua? Karena dalam bahasa inggris, akhiran -oid itu artinya “terlihat seperti”. Jadi yang berakhiran -oid itu nggak semuanya rasis hihihi:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena di negara ini masih memuja sistem otak kiri.

      jadi kalau love you oid itu berarit terlihat seperti mencintaimu?

      Delete
    2. *gue nimbrung komentarnya di sini aja ya, mumpung ada drama*

      setuju dengan tulisannya Man, tapi memang trennya begitu, suka membuat pergeseran makna. Kayak modus. Dan kayaknya masih banyak kata yang akan terkenal dengan pergeserannya.

      itu yang android, kalo di dunia teknologi atau gadget, imbuhannya itu menggunakan -roid, bukan oid, makanya dia ga termasuk dalam rasisme.

      #KomenGueLagiBener

      Delete
    3. Arman : Padahal di luar negeri udah banyak yang menganut sistem kerja otak kanan dan kiri loh.. Knp disini nggak gitu ya?

      Ya nggak lah. Itu mah lo nya maksa bgt buat nambahin akhiran -oid wkwk

      Haw : android itu mendapat imbuhan -oid. andro itu kalo di biologi artinya laki - laki, -oid itu artinya seperti atau mirip. jadi icon android itu melambangkan sebuah robot yang mirip laki - laki...

      Delete
    4. Imas: itu kalo biologi, tapi di dunia teknologi pakenya -roid, kan ada itu android 18 yg kelaminnya perempuan. Selain itu ada juga gyroid, drillroid, vehicroid, decoyroid, banyak lain lagi.

      Delete
    5. ini kenapa dua orang ini pada berantem disini ya? haha
      haw, komen lo lagi bener emang. saking benernya, gak tau kalau masalah android itu kan sebenarnya gua bercanda. yakali android itu ras. hahahaha

      kalau steroid gmn?

      imas : ini kok kayak komen di sosial media ya. hahaha.
      itu karena disini mereka cuma tau ilmuwan dalam bidang ipa. ilmuwan dalam bidang ips kurang diekspos

      Delete
    6. lagi mau ngebully Imas soalnya, biar kalo kamu dateng bisa nyelamatin.

      Tau kok itu becanda. Tapi gue jawabnya sekadar ngasi Info yg didapet, yah kayak berita tipi. Ilmu, ga mau dipake, juga ga apa-apa.

      steroid? asteroid? seluloid? ga tau. entar tak tanya mereka, kali aja mereka Ras luar angkasa.

      Delete
    7. Arman : Lah, ini bukannya termasuk sosmed ya, Man?._.

      Haw : Haw, lo tuh kenapa sih nggak ada henti - hentinya buat ngebully gue terus. Gue salah apa sih sama lo-_-

      Delete
    8. haw. kali aja mereka alien ya.

      imas. haha. sosmed gak gini-gini juga deh kayaknya. haha

      Delete
    9. Terus abdi teh kudu ngelakuin naon, Man?

      Delete
    10. Hahaha itu artinya "Terus gue itu harus ngelakuin apa, Man?"

      Delete
  14. yah indonesia, kadang menggunakan kata-kata ga perlu tau hakikat arti sebenarnya. yang penting keren lah klo kata itu di pakai dalam kalimat yang dia ucapin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. bener banget kak. supaya keliatan pinter gitu. make bahasa asing juga suka kebablasan

      Delete
  15. rasis sama diskriminasi emang hampir mirip sih bro. tapi kita harus menanggapinya dgn lebih bijak lagi.dan jangan sampe ada salah paham yang dapat mengakibatkan hal-hal yg tidak di inginkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro. emang hampir mirip. adik kakak mereka.
      bener tuh. bagaimanapun, keduanya bisa memecah persatuan

      Delete
  16. Postingan yang bagus. Aku juga sering denger oranng ngomong gtu, tanpa ngerti apa maksud daari kata rasisi yang dia sebut. Terima kasih buat informasinya.

    ReplyDelete
  17. Rasis everywhere udh kyk jomblo everywhere --"
    Android itu ras toh, ras-a opo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha dil. itu mah becanda doang. mana ada ras android. haha
      efek baru jomblo ya gini deh

      Delete
  18. Setuju banget man. Orang kadang gitu sih suka asal banget ngegunain kata padahal gak tau maksudnya apa.

    ReplyDelete
  19. Ah! gue setuju tuh. Kadang-kadang orang indonesia itu cuma asal ngomong doang. Ngomong sok-sok keren, tapi gak ngerti artinya apaan. Contohnya kaya kata-kata 'Rasis'. Gue bener kan???

    *Kobaran kemarahan*

    ReplyDelete
  20. Bahaha gue aja nggak tau Rasis. cuma sering baca & denger aja. Yang gue tau itu Raisa. Yoi, calon gue. #lah #iniapaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. calon apa nih? calon majikan? haha
      mungkin lo harus kenal saudara kembarnya, raiso

      Delete
  21. Oh jadi gitu ya bang? Aku baru bener-bener ngerti penempatan kata rasis krna baca postinganmu ini, makasih lo :)

    ReplyDelete
  22. Apa rasisme erat kaitannya dengan bully?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda bang. kalau bully itu menyiksa, menghina dan merendahkan seseorang yang lebih lemah dari dia. tapi rasisme itu kalau udah menyangkut ciri-ciri fisik bangsa

      Delete
  23. Gue tau tuh akin sepakbolanya hahaha, udah jelas RASis masih aja banyak yg salah kaprah. Kalo menghina agama atau golongan ya masuk SARA, seperti ngatain FPI. Emang harus digerakkan paham rasisme yg bener kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssst udah. jangan dibocorin disini akunnya. iya, harus diberi pelajaran tentang rasis nih. porsinya di pelajaran ips masih kurang kali

      Delete
  24. jadi orang gemuk itu termasuk Antar golongan. Jangan SARA lah!! gitu mungkin lebih tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau orang gemuk dibilangin gemuk malah cengengesan. haha. gak SARA dong bon. hahaha

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan