Wednesday, November 26, 2014

Tanda Kamu Orang Indonesia

Sumber

Indonesia. Tanah air beta. Pusaka abadi nan jaya

Entah dengan kalian, tapi aku masih merinding kalau mendengar atau menyanyikan lagu itu. Negara kita ini negara yang kaya dan majemuk. Terdiri dari berbagai suku, bahasa, dialek dan agama. Kehidupan kita pun lumayan harmonis satu sama lain, kecuali yaaa, ada beberapa kelompok yang merasa prajurit Tuhan dan berhak untuk memandang rendah minoritas. Mungkin mereka mengira Tuhan begitu tidak berdaya sehingga patut dibela sedemikian rupa.

Tapi, bukan itu yang mau kubahas di artikel ini. Karena Indonesia itu luas dan beragam masyarakatnya, pasti banyak banget dong sifat-sifatnya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa perbuatan atau sifat yang menandakan kamu itu orang Indonesia. Hal yang membedakan kamu dengan bangsa lain.
Penasaran? Yuk baca terus..

1. Bisa Bahasa Indonesia
Yaiyalah. Secara kamu hidup di Indonesia, makan minum dari tanah Indonesia, boker pun di Indonesia, masa sih kamu gak bisa bahasa Indonesia? Beberapa suku pedalaman emang ada yang kurang bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tentu saja ini tugas kita semua untuk membantu mereka. Ada juga yang terobsesi jadi programmer sehingga bahasanya terdiri dari campuran angka dah huruf. 

Contohnya : 4k00ehh c@y@nk d14 c3l4l03h.

Bahkan Illuminatti pun tidak bisa membuat kode serumit itu.

Tapi ada juga sih beberapa orang yang merasa lebih keren bicara pake bahasa Inggris. Dan kalau ada presiden yang pidato kenegaraan tapi bahasa Inggrisnya medok, pasti langsung di bully. Padahal kan ya itu aksen. India atau Cina juga punya aksen tersendiri kalau bicara bahasa Inggris. Kamu tau siapa mereka yang suka ngebully itu? Sstt.... gak usah bilang-bilang. Biarkan aja mereka senang.

2. Hafal Pancasila
Ini kudu, wajib, harus banget kamu tahu. Menghafal Pancasila itu sama dengan menghargai jasa para pahlawan loh. Emang kamu kira mereka nyusun Pancasila sambil duduk di tangga terus nyari kutu? Mereka itu nyusun Pancasila dengan mempertimbangkan warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Mulia banget kan mereka. Makanya kebangetan banget kalau kamu sampai gak hafal Pancasila.

Ada sih beberapa orang yang pengen ngerubah pancasila ini sesuai keinginan mereka. Ada yang pengen ngubah sila pertama, ada yang pengen jadiin pancasila warna merah, macem-macem deh. Kamu jangan mau jadi golongan gitu ya. LAWAN.

3. Suka Makan Nasi Padang
Ada yang bilang, hidup belum lengkap kalau belum makan nasi padang. Uuhhh, nasi padang itu emang paling top kalau urusan memanjakan lidah. Lidah pacar kamu nomor dua. Itu juga kalau punya pacar. Apa? Masih jomblo? Mungkin jodohmu udah disita oleh negara.

Nasi padang itu bayanginnya aja udah bikin laper. Menghirup aromanya udah bikin air liur bergerilya. Apalagi pas disantap, duhh maknyus. Tipsnya sih pesen nasi padang tuh yang dibungkus. Soalnya nasinya lebih banyak. *Mental anak irit*

4. Pernah Makan di Warteg
Nah, warteg ini 11-12 sama nasi padang. Cuma kalau nasi padang masih terlalu mahal untuk dompet kamu yang lagi rawat inap di ICU, maka warteg adalah solusinya.
Warteg itu ibarat penyelamat di kala kelaparan. Selalu ada ketika membutuhkan. Kecuali kamu butuhnya pas dini hari, karna kayaknya belum ada warteg melayani delivery. 

Harganya juga murah meriah. Mulai dari 5 ribu sampai 10 ribu. Kalau kamu udah kenal dengan penjualnya, mungkin bisa dilebihin lauknya, minimal kamu dikasih lengkuaslah.
Di warteg ini semua lapisan masyarakat bisa ngumpul, mulai dari tukang parkir, karyawan sampai bos perusahaan pun kadang suka makan di warteg. 

Tapi kamu tau gak sih apa yang menyebabkan masakan warteg enak? Ya tentu aja keringat mbok-mboknya dong. Itu penyedap utama. Lebih ampuh daripada mecin manapun.

5. Tukang Ngeluh
Nah, ini nih susahnya juga di Indonesia. Banyaaakkkkk banget orang yang suka ngeluh. Itu kalau mereka dikumpulin semua dan ngeluh di waktu yang bersamaan, bisa menyediakan listrik selama sebulan di wilayah indonesia loh.

Ngeluhnya juga banyak banget dan gak abis-abis. Macetlah, uang sekolah naik, sembako naik, panas, jomblo abadi, susah boker. Macem-macemlah. Gak tau deh gimana cara mereka menjalani hidup.

Padahal kan berteman sama orang ngeluh itu gak enak. Malah nambahin beban pikiran kita, karena kita jadi kepikiran dengan keluhan dia. Kepikirannya antara mau bantuin dia atau mau siram mulut dia pake asam sulfat.

6. Sinetron
Wuiihhh. Ini nih salah satu industri paling kreatif di tanah air. Bagus-bagus semua sinetronnya. Sangat layak untuk ditonton lah pokoknya. Dari jarak 5km.
Sinetron Indonesia sekarang ini juga udah Go International loh. Kamu pasti gak tau kan kalau ternyata sinetron itu sering banget ditiru sama film Hollywood.  

Kamu tau film ganteng-ganteng serigala? Ternyata sinetron GGS dibuat versi Hollywoodnya jadi Twilight. Berseri pula. Dih, gak malu deh itu Hollywood. Ada lagi film Bastian Steel. Ternyata film ini menjadi dasar film Harry Potter loh. Kamu kaget? Ya, fakta ini benar-benar mencengangkan kita semua. Makanya jangan langsung ngejudge film lokal gak bagus, buktinya banyak ditiru tuh sama film luar. 
Membanggakan. *prok prok*

Oh ya, sinetron juga semakin bervariasi pemainnya. Dulu kebanyakan menggunakan karakter manusia. Sekarang menggunakan binatang. Iya binatang. Bayangin aja. Pasti susah banget kan akting bareng binatang. Jempol deh pokoknya buat sinetron indonesia. Apalagi aktor-aktornya, wih kalau bicara dalam hati, pasti suaranya kedengeran. Mereka juga suka bicara sendiri gitu, pasti mereka punya sixth-sensei yang kelewat tajam.

7. Suka nge-bully jomblo
Aku juga bingung sih, kenapa jomblo selalu dibully. Salah apa coba jomblo-jomblo ini. Mereka gak ganggu orang pacaran, mereka bayar makan sendiri-sendiri, mereka juga masih pake tangan. Tangan tetangga.

Atau yang pacaran iri kali ya sama yang jomblo? Biar yang jomblo juga ngerasain sakitnya pacaran? Biar yang jomblo akhirnya ngerebut pacar kamu dan kamu hanya ketawa sambil bilang, “Mamam deh tuh mantan gua. siap-siap aja lo galau.”

Pasti itu kan niatnya. Hih, memalukan. Harusnya tindakan ini segera dihilangkan. Emang kalian mau dilaporkan ke KJI? Komisi Jomblo Indonesia? udah ratusan juta loh anggotanya. Kamu mau digigitin rame-rame? Makanya hormati dong yang jomblo.
*Pembenaran banget ya*

8. Suka Dangdut
Dangdut ini bisa dibilang adalah warisan budaya yang harus dijaga loh. Kayaknya cuma di Indonesia aja ada dangdut. Sekarang aja orang asing udah bisa memainkan dan nyanyi musik dangdut loh. Sebelum diklaim sama negara tetangga, mending kita lestarikan mulai dari sekarang.

Tapi nih ya, lagu dangdut jaman sekarang kurang berbobot. Beda dengan jaman dulu. Jaman dulu tuh lirik lagu dangdutnya dalem, nancep di sanubari. Kalau Adele dengerin lagu dangdut jaman dulu, pasti dia langsung minder. Someone like younya mah bukan apa-apa.

Kalau sekarang? yaelah. Cuma make kata-kata yang lagi tren aja. Contohnya kayak Aku Rapopo, Sakitnya tuh disini, Sakitnya tuh disini tapi aku rapopo kok. Aneh-aneh deh.
Tapi, walaupun gitu, kita harus tetap cinta budaya lokal. Hidup Dangdut. Hidup bulu dada bang Rhoma Irama.

Nah, itu deh tadi sifat dan perbuatan yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Apakah kamu termasuk salah satunya? Atau malah ada tanda-tanda yang lain? Yuk ceritakan di kolom komentar.

Sekian aja artikel hari ini.

Salam Asal




25 comments:

  1. Wah, di Aceh ga ada warteg bro. Berarti gue bukan orang indonesia dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan masih ada tanda-tanda lainnya bro. dicek aja dulu. dilihat-lihat. bisa nego kok :v

      Delete
  2. Sayang, masih banyak orang Indonesia yang gak hapal pancasila :3

    ReplyDelete
  3. Gue cuma nomor 1 sama 2. Masih Indonesia dong tapi tetep :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dong. untuk kak Ica apasih yang nggak :3

      Delete
  4. Gue tambahin.
    8. Suka bikin artikel/postingan yang tentang Indonesia :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu menandakan gua juga orang Indonesia dong. haha

      Delete
  5. berarti aku beneran orang Indonesia ternyata asekkkk terbukti sudah kalu aku orang Indonesia

    ReplyDelete
  6. 5-7 nggak bisa langsung dijudge :3

    ReplyDelete
  7. Keakuratanya 99.99%, udah survey berapa taun mas? salut nih, kayaknya udah pernah ngalamin ya! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku surveinya menggunakan lembaga survcei ternama loh. dan disiarkan di tv wan

      Delete
  8. Satu lagi Man, suka nonton orang kecelakaan :|
    gua juga suka nasi padang, tapi kok ga suka sate Padang. iya iya, lu nggak nanya. FYI aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bukan dibantuin malah diliatin doang. duh
      nah, bagus deh lo sadar kalau gua gak nanya. haha

      Delete
  9. Asik ... gue orang Indonesia xD

    Bangga Jadi Orang Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ya. kamu orang ke 230.786.839 yang jadi orang indonesia

      Delete
  10. Poin yang ke -3 ga cocok sama aku tuh, aku ga suka makan nasi padang soalnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget. padahal nasi padang itu kan enak banget :(

      Delete
  11. Gua Indonesia apa enggak yah. Gua gasuka sinteron dan lagu dangdutt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti lo adalah antek asing. atau malah antek decepticon

      Delete
  12. Aku gasuka sinetron cuma dramkor aja kok. #eh.


    Orang Indonesia juga ramah tamah, murah senyum. :)))))

    ReplyDelete
  13. Tanda kamu orang Indonesia: Baca postingan ini.

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan