Saturday, June 21, 2014

Mengenang #PahitMoment

Pernah gak sih lo melakukan hal konyol? Atau mungkin lo mengalami kejadian yang amat-sangat-super-duper-memalukan. Yang pengen lo hapus dari ingatan. Yang selalu membuat lo tersenyum geli lalu mengutuk diri sendiri, kenapa hal tersebut bisa terjadi sama lo.

Gua pernah mengalami beberapa hal memalukan tersebut. Makin dilupakan, malah makin terbayang. Daripada gua menjadi gila sendiri karena memikirkan hal tersebut, lebih baik gua tuliskan aja disini. Supaya gua bisa menertawakannya, supaya lo bisa tertawa karenanya, dan supaya gua bisa lebih lega.

Yang pertama adalah kejadian pas gua lagi di angkot. Menuju kampus. Di depan gua ada seorang anak sd. Make baju lengan panjang, celana panjang dan make peci. Mungkin dia sekolah khusus Muslim gitu. Umurnya kira-kira sepuluh tahun.

Gua adalah seorang yang tergila-gila dengan analisis deduktif ala Sherlock. Gua meniru gayanya yang suka mengamati orang. Maka alam bawah sadar segera mengirim sinyal untuk mengamati anak tersebut. Tidak banyak yang bisa disimpulkan. Hanya celana usang, sepatu robek di samping, dan baju yang mulai memudar warnanya. Hebat kan deduksi gua.

Lagi asyik mengamati, anak sd tersebut merubah gaya duduk. Melongok ke arah supir, seperti tingkah orang yang ingin mengatakan “pinggir, bang”.

Gua yakin. Yakin banget. Kalau setelah itu dia mengucapkan kalimat “pinggir,bang” dengan jelas. Setidaknya jelas di kuping gua.

Tapi angkot masih terus melaju, maka sebagai seorang yang berbudi luhur, dengan senang hati gua teriak “WOIII, PINGGIR BANG”.

Angkot berhenti mendadak. Seluruh perhatian penumpang tertuju pada gua, dan bukan pada anak sd tadi. Anak sd tadi malah menatap gua dengan tatapan “Ini orang mau turun aja heboh kali”.

Gua tersenyum sama itu bocah. Tapi anehnya dia tidak kunjung turun. Oke, gua mulai panik. Karena yang teriak adalah gua, seharusnya gua yang turun. Tapi kampus masih jauh banget. “Dek, kamu mau turun disini kan?” tanya gua. Bukan bertanya sih, tapi mendesak. Keringat udah mulai mengalir. 

Penumpang yang lain masih mengamati gua. Dengan perlahan, dia mengangguk, lalu beranjak turun dan membayar ke supir. Lalu dia menuju ke sebuah gang, dimana gua tau persis, di situ tidak ada sekolah yang merupakan sekolah Muslim. Angkot kembali melaju, dan gua bernapas dengan lega.

Sampai saat ini, gua gak pernah melihat anak itu lagi. Dimana anak itu sekarang? Hanya Tuhan yang tahu. Semoga dia tidak kenapa-kenapa. Aminn.

Kisah yang kedua dimulai pada suatu siang yang terik. Gua lagi berbaris di lapangan, keringat menetes, rambut lepek, ketiak mulai mengeluarkan bau tak sedap.

Ketika itu gua masih SMP. Masih unyu, masih ababil dan masih alay. Hari itu adalah hari pengumuman kenaikan kelas. Dan siapa aja juara umum tiap kelas. Kelas 2C sudah dipanggil, kelas 2B sudah, dan sekarang giliran kelas gua, 2A.

Juara 1 diumumkan. Tepuk tangan membahana. Dan gua masih asik memainkan pasir dengan sepatu.

“Juara 2.. Arman Zeti Zega..”

Tepuk tangan lagi. Kawan-kawan gua bersorak, kepala gua ditoyor-toyor, tapi gua abaikan. Jarang banget gua bisa dapat juara.

Gua maju ke podium layaknya orang baru menang perang. Meski dengan baju yang basah oleh keringat, gua tetap pede. Gua berdiri di belakang si Juara Satu. Tersenyum memandangi kawan-kawan gua.

“Ekhmm. Ada kesalahan teknis sedikit,” kata Wakil Kepsek yang membaca pengumuman. Telinga gua tegak, perasaan mulai tidak enak.

“Juara 2 ternyata bukan Arman. Tapi Ryan (bukan nama sebenarnya). Silakan Ryan maju ke depan.”

Gua mangap. Untuk pertama kalinya, gua merasakan sakitnya di PHP, oleh guru sendiri. Dengan wajah yang sok dibuat cool, gua berjalan gontai, turun dari podium dan masuk barisan. Wajah gua udah memerah, bibir berkedut, dan mata berair. Gua syok.
Ketika gua sampai barisan. Gua cuma tertunduk malu. Kayaknya gua pengen mengkerut sebesar kutu.

“Juara 3... adalah Arman Zeti Zega.”

Mungkin kalau ada meriam, gua udah bombardir deh itu Wakil Kepsek. Dikira hati ini sama kayak bola pingpong. Yang bisa dimainkan kesana-kemari.
Gua enggak langsung maju. Cuma memastikan apakah kali ini tidak ada kesalahan teknis lagi. Tapi Wakil Kepsek hanya tersenyum menatap gua, dengan kumisnya yang bergerak lincah.

Gua pun maju ke depan, meski tidak dengan langkah setegap tadi. Tersenyum kecut ketika menerima hadiah.

Yah, setidaknya gua punya oleh-oleh buat Mak di rumah.

Kejadian ketiga adalah kejadian yang tampaknya sangat sering dialami oleh setiap orang. Gua mengalami ini gak cuma sekali dua kali doang. Berkali-kali.
Gua ceritain salah satu aja.

Dulu, ketika gua masih punya pacar. Iya, itu dulu banget. Pas Firaun masih make popok.
Gua lagi jalan bareng pacar, menuju kantin. Di kejauhan, salah seorang temen teriak ke gua, sambil melambai-lambai “Woi. Utang kau bayar!!

Kebetulan gua gak punya utang sama dia, dan malah dia yang berutang sama gua.
Maka dengan semangat 45, gua bilang, “Kampret, kau tuh bayar utang.”

Raut wajahnya berubah. Dahinya mengernyit. Senyumnya mengejek.
“Woooo. Bukan sama kau kok aku ngomong. Pede kali kau, kutu badak”

Pacar gua menggoyang tangan gua, “Bang. Dia tadi ngomong samaku.”

“Oh.” 

Gua langsung masang tampang sok cool, sok gak peduli. Tapi hati udah cenat-cenut. Malu banget men. Apalagi itu di depan umum.

Nah, begitulah cerita memalukan yang pernah gua alami. Kalau ada cerita memalukan lainnya, bakal gua share. Dan beban yang menghimpit gua juga udah mulai hilang. Lega rasanya bercerita disini. 

Sebagai oleh-oleh, ada foto dari Pak Es Be Ye nih.

Sumber | Gatel ya pak?


Kalau lo pernah ngalamin kejadian memalukan juga, yuk share di kotak komentar ya. Ciaoo


52 comments:

  1. wahahahhahahahhahaha... numpang ketawak aja deh...

    ReplyDelete
  2. Hahahaha gue ngakak bacanya. itu yang dipanggil ke panggung tapi salah orang emang php yang paling kejam di dunia ;'D
    btw, foto sby gayanya cool

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kampret kan wakepsek gua.
      itu gaya perpisahan dari sby

      Delete
    2. bhahaha, endingnya keren, ditutup dengan fotonya pak beye :D

      Gue tengah malem ngakak sendirian

      Delete
  3. Pertama kali berkunjung kesini udah dibuat terpesona sama bannernya dan baca postingan yang bikin ngakak :))

    Gak malu bang pahit moment-nya diketahui banyak orang? Muhahaha XD
    Salam kenal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok bisa terpesona mbak? haha

      gak malu sih. malah gua yg stress kalau gak dibagi disini

      Delete
  4. haha kasian anak SD yang scr tidak langsung lo usir dr angkot, bang. gmn kalo dia diculik trs dimutilasi trs dijual ke luar negeri? gimanaaa bang? *halah

    kejadian paling malu-maluin yg pernah gue alami adl: mau masuk bioskop tp blm beli tiket, mau keluar dr bioskop tp lupa pintu keluarnya dmn -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah imajinasi lo berlebihan bgt. haha

      itu lo mau nyelip aja sebenarnya kan. gak mau bayar tiket. wuuu

      Delete
  5. Anjrit, ngakak parah ini :))

    Kangen bilang kata PINGGIR BANG di Medan. Dan sepertinya dua minggu lagi aku akan mengatakan itu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. liburan semester ya?
      welcome home, bro. haha

      Delete
  6. ngakak gua bwahaha..

    #PahitMoment-nya yang paling memalukan banget, pas sama cewek lo bang.. bwahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sering banget itu gua alamin. kampret deh

      Delete
  7. Yang Pembagian Rapor itu yang seru. Bunuh aja tuh Wakepseknya pake endrin...

    ReplyDelete
  8. kalo di tempat gue nyebutnya "Kiri bang"... sambil ngetok atap angkot beberapa kali...

    btw, gue juga pernah ngalamin kayak pengumuman juara itu... ama kepala sekolah... kampret sih, tapi tiap silaturahim lebaran bisa bikin suasana cair lho... tentu dengan bibir gue yang datar... :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap daerah beda2 penyebutannya mungkin.

      wah, lo pernah juga. welcome to the club. haha

      Delete
  9. Haha, momen-momen yg kaya gini bisa jadi penghibur disaat kita lagi bete, tapi rasa malunya itu yg gak nahan, rasanya pengen masuk lagi ke rahim kandungan emak gue :D

    ReplyDelete
  10. Baru tau, kalo pengen turun dari angkot bilang, "Pinggir bang.."

    Wakil Kepseknya agak kamprett ya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau kebanyakan daerah sumut sih bilangnya gitu. di tempat lo mungkin beda.

      iya, dia emang kampret sih

      Delete
  11. buahahaa,,,lucu bget nih,,,sempat aja yg memotret kejadian ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau ada yg motret, makin malu dong kak. haha

      Delete
  12. Zaman firaun masih pake popok? Kalo sekarang firaun pake pampers gak? Kan capek ganti ganti popok kalo ngompol

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau sih, gua bukan tukang urus popok kerajaan.
      coba lo lamar kerja deh dibagian itu

      Delete
  13. Yang juara itu bener-bener parah hahaha XD Itu perlu diphp-in balik.
    Tapi fotonya pak es be ye lebih parah sih ya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, masalahnya gua bingung, cara php balik itu gmn.

      kenang2an dari pak sby itu mah

      Delete
  14. Man gue baca cerita pertama ngakak hahaha. Malu banget sik
    Cerita kedua lucu-lucu kesian sih udah pede taunya salah orang.\
    Menghibur banget loh ini cerita-cerita lu :)))

    ReplyDelete
  15. gue juga pernah,,,, kapan kapan gue tulis di blog juga deh,,,wkwkwkwkwwkk

    ReplyDelete
  16. Pernah banget, paling banyak pas SMP sih. pengen banget gue lupain, tapi sayang soalnya bagus buat dijadiin pelajaran dan pasti bikin ngakak di 5 tahun mendatang.

    ReplyDelete
  17. Lo jitak gak kepalanya si wakil kepsek itu? Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kak. mana berani gua. haha. ntar hadiah juaranya batal dong. udah cukup deh gua malu

      Delete
  18. lagi ngantuk jadi ketawa kan.... XD
    cerita yg diangkot, sumpah heroic sekali X'D

    ReplyDelete
  19. itu fotonya kejadian memalukan pak sby ya? hihi

    ReplyDelete
  20. Hahaha lo emang udah malu-maluin dari awal bang, Ar. Gak tau kenapa gue kasian sama anak Sd-nya, gue takut dia trauma naik angkot. Takut ada orang kaya lo lagi hhahahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malu2in dari awal gimana? jangan2 lo anak sd nya?

      Delete
  21. Hahaha itu yang anak SD kesian banget. Pasti hati berasa hancur dan jiwanya terkoyah. Elu bakal kenal kutukan atas hal itu, Man. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya. gua jadi merasa bersalah banget sama dia :((

      Delete
  22. Pahit Moment ya paling kek gue kepleset tibatiba, kaki gemetaran pas nampil di depan kelas, dan mungkin kejadian merasa-dipanggil-padahal-tidak banyak orang yang pernah ngalamin wkwk. Ya gitulah yakan.
    Gue ngakak lihat foto SBY, fyi. :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, kepleset emang selalu tiba-tiba. mana ada kepleset direncanakan dulu?

      SBY emang lucu

      Delete
  23. Kejadian memalukan gue apa ya?? Ah gue emang gak tau malu sih #akurapopo

    Terkutuklah kau wahai, Arman Zega Zeti sudah menelantatkan seorang bocah SD.. Haha

    Yang ketika sering... Sering banget. Dikira ngomong sama gue taunya bukan.. *pingsan ditempat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah. hidup lo emang udah cukup memalukan, cup. haha
      yah, gua hanya membaca tanda-tanda alam. itu tidak disengaja. beneran

      haha. ternyata banyak juga yang sering mengalami kejadian kayak gitu ya

      Delete
  24. pernah. banyak kali malah. tetapi, untung aku berteman akrab sama waktu. jadi dibantu deh melupakan. :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan