Tuesday, February 18, 2014

Kehebohan yang Bernama Tugas



Kehebohan ini bermula ketika dengan tengilnya dosen gua bilang, “Arman, dimana tugas kelompok kalian?” Sambil tangannya ditengadahkan, kayak juragan lagi nagih setoran.

Gua berusaha mengumpulkan semua ingatan gua mengenai keadaan tugas ini. Dimana nih tugas nyungsep ya? Kayaknya nih dosen ngawur deh. Atau gua yang mendadak amnesia.

“Kalau kalian tidak mengumpulkan tugas ini, maka nilai UAS kalian kosong.”
DEG. Perkataan itu langsung menyadarkan gua. Ini adalah tugas yang bersifat kegiatan di luar kelas. Dan waktu itu gua dan kelompok gua memilih mewawancarai mahasiswa lain di kampus. Tugas ini udah diberikan sejak tiga bulan yang lalu, dan dengan luar biasanya kami belum mengerjakan satu pun. Kami memang mahasiswa penggila deadline.

Gua balik badan. Memandangi kelompok gua satu-persatu. Ada yang main hp, ada yang ngupil, ada yang lagi pacaran, ada yang lagi garuk ketek. Mampus. Kayaknya IP gua bakal menjerit. Bisa-bisa gua dijadiin mumi sama Mak.

“ Tampaknya kalian belum mengerjakan ya? Saya berikan waktu satu minggu untuk mengerjakan ini. Kalau tidak siap, tenang saja. Kita tetap akan bertemu. Tahun depan.”
Gua segera mengadakan rapat darurat. Membahas mengenai tugas ini.

“Menurut kalian, kita bisa gak ngerjakan ini dalam waktu seminggu?” tanya gua.
“Kayaknya kita pasrah aja deh. Tuhan tau yang terbaik untuk kita,” kata Sam. Rasanya gua pengen jorokin dia ke dalam sumur.

“Kita coba aja dulu. Kita pasti bisa kok.” Cindy menguatkan hati kami. Tapi entah kenapa hati gua tetap rapuh. Mungkin karena jomblo. Oke, lupakan ini.

Kami akhirnya sepakat untuk mengerjakan tugas ini. Maka minggu tenang yang seharusnya digunakan untuk bersantai di rumah, malah kami gunakan untuk mengerjakan tugas.

Mulai dari meminjam kamera video ke pihak fakultas. Dimana cobaan datang bertubi-tubi. Ketika kamera sudah ditangan, gua baru sadar kalau batrenya gak ada. Gua lalu balik ke kantor untuk mengambil batre. Penjaganya natap gua kayak “Nih, anak ganggu gua lagi nonton bok*p aja.”

Ketika kami udah siap-siap mau wawancara, ternyata memory card kameranya gak ada. Duh, Gusti. Masak gua harus ketemu sama penjaga mesum itu lagi.

Akhirnya, dengan menahan malu, gua kembali ke kantor untuk mengambil memory card. Kayaknya penjaga tata usaha, udah mau nelan gua bulat-bulat karena gangguin dia mulu. Mukanya ditekuk, bibirnya dilipet, matanya keluar. Seram deh pokoknya.

Kami pun mewawancarai tiga orang mahasiswa. Konsep kegiatan kami adalah, ketika mengedit video, kami akan mengubah pertanyaannya, sehingga jawaban terdengar ngaco dan lucu.

Awalnya, gua kira ini adalah tugas yang mudah. Mudah banget emang. Wawancara doang. Pas mulai mengedit video, bencana datang.

Gak ada seorang pun dari kami yang pinter ngedit video. Dengan kemampuan pas-pasan kami berusaha membuat video yang bagus. Proses wawancara hanya 2 jam, mengedit sampai dua hari. Dan hasil video cuma 2 menit. Itu kampret banget emang. Gua baru tau rasanya kerja di bagian broadcasting.

Tapi dari jerih payah itu, gua belajar banyak hal.
Gua juga belajar, ketika wawancara kita harus memberi jeda ketika mengajukan pertanyaan. Jangan langsung menyambar jawaban narasumber. Supaya, ketika diedit maka suara kita tidak ikut terdengar menimpa jawaban narasumber.

Kalau kamera yang lo gunakan enggak didukung sama mikrofon, maka lo harus sebisa mungkin mendekatkan kamera dengan narasumber. Supaya suaranya kedengeran. Dan satu lagi, pastikan narasumber enggak mengunyah sesuatu. Ntar, malah gak jelas dia lagi ngomong atau malah nyinden.

Dan buat lo yang penasaran, inilah dia hasil kegiatan kami. Masih amatir dan jelek banget. Editannya juga masih parah. Maklum, inilah pertama kali kami ngelakuin hal semacam ini.

Kayaknya gua bisa tersenyum ketika melihat KHS semester ini.


49 comments:

  1. cieeeeeee selamat yaa berapa IPK? 4,00 yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. behh. gak mungkin lah itu. masih belum keluar nih ip nya

      Delete
  2. gue juga pernah ngedit video 2 bulan-an yang durasinya cuman 4 menit doang.. itu memang benar kampret sekali. :))
    the power of deadline kadang sangat membantu kalo ngerjain beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. video 2 bulanan itu yang gimana?

      kalau udah deadline, pasti ada tenaga tambahan gitu. haha

      Delete
  3. Hahaha. Keliatan banget mental mahasiswanya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya semua mahasiswa yang gua kenal sih kayak gini

      Delete
    2. Iya, emang. Penggila deadline. Hahaha

      Delete
  4. hahaha KHS gue cukup melegakan semester ini. masih ada next semester buat memperbaikinya kok broh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya, kalau KHS gua bermasalah, ngejelasin ke ortu susah bro. musti bertapa untuk nyari jawaban yang "aman"

      Delete
  5. tugas dosen.. hahaha//
    keren nih... pengalaman yang mungkin tak kan kamu lupakan..

    dari bolak balik ke kantor. sampai ngeditnya usaha keras sangat dibutuhkan... tapi sekarnag semuanya tak akan pernah terlupakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua itu bakalan jadi kenangan yang indah bro. hehe

      Delete
  6. Kalo dikasih tugas jauh-jauh hari emang suka lupa. Tapi kalo dikasih waktu sedikit buat ngerjain, suka kurang.

    ReplyDelete
  7. Hahaha. Idenya lucu juga tuh. Itu kenapa semua jawabannya di kamar mandi yaa. :D
    yang jelas sekarang ngga ngulang deh mata kuliahnyaa. Hoho.

    ReplyDelete
  8. yang penting tugas terselesaikan... not bad kok

    ReplyDelete
  9. "Penggila deadline" alasan yang keren hahaha. Untung aja selesai, daripada harus ngulang ya bang? *sok udah pernah kuliah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, nanti lo kuliah juga kok. dan bakal merasakan juga

      Delete
  10. Bahahaha.
    Itu pernyataan pasti awalnya gak kayak gitu.
    Ngakak gue. Kasihan mereka yang telah terjebak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pernyataan awalnya dibuat gitu, mana ada yang mau jawab. tapi lo gak usah bilang bilang mereka kalau kena jebakan betmen ya. haha

      Delete
  11. ke sana sama kawan-kawan....
    Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunjungan balik dari http://rizkidwika.com!!
      bingung mau nulis di mana, alhasil di sini aja deh ( ._.)/||

      Delete
    2. padahal kan bisa scroll aja sampe kebawah.
      makasih udah berkunjung

      Delete
  12. jadi kangeeeen jadi mahasiswi lagi , kuliah lagi ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh tuh mbak kuliah lagi. mau ngambil S2 apa S3?
      atau mau es dawet aja?

      Delete
  13. iya emang betul, gue pernah bantuin temen kantor gue buat tugas TA anak deain grafis, syutingnya seharian, nunggu hasilnya berhari-hari hasilnya cuma beberapa menit doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana lagi kalau udah syuting film ya. pasti capek banget

      Delete
    2. namanya aja pekerjaan pasti cape, tapi bagaiamana kita saja menikmati pekerjaan, sehingga pekerjaan itu menyenangkan *gak nyambung*

      Delete
  14. haha, padahal kalau mengikuti kata si sam dan beneran pasrah, maka postingan kali ini tidak akan ada :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya bener juga ya. gua gak kepikiran. haha. untunglah gua gak ikut dia

      Delete
  15. "the power of kepepet"nya sukses banget nih, haha lumayan bikin ngakak videonya =))

    ReplyDelete
  16. haha :D videonya lucu
    gmn ya ekspresi mereka pas lihat video ini? hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. beragam sih. ada yang ketawa. ada juga yang marah-marah. hehe

      Delete
  17. ngedit video emang rada2 bikin kesal, apalagi kalo rendernya susah *curhat

    ReplyDelete
  18. "Kayaknya Tuhan tahu apa yang terbaik utnuk kita." Sini biar gue bantuin jongkorkin Sam ke sumur..

    ReplyDelete
  19. ini baru mahasiswa keren, kalau saya mahasiswa nakal wakakak

    ReplyDelete
  20. nakal yg gimana nih?
    nakal kayak cabe-cabean?

    ReplyDelete
  21. Arman gaull ih ipk nya 4.9 *eh jahahaha

    ReplyDelete
  22. Hahaha. Pasti ada sambung pautnya sama jomblo

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan