Wednesday, April 17, 2013

Secuil Kenangan


Indonesia kembali merayakan Ujian Nasional. Sebenarnya gua gak ngerti-ngerti amat untuk apa ujian ini dilakukan. UN itu gak cocok dijadiin barometer keberhasilan pendidikan di Indonesia. Ngabisin anggaran miliaran aja. Mending itu digunain buat biayain anak-anak yang putus sekolah karena kurang mampu. Lagipula, kecurangan-kecurangan tetap akan terjadi di Indonesia. Yah, tau sama tau lah. Saling bungkam mulut.

 Kemarin juga gua sempet baca kalau kurikulum bakalan diganti lagi. Menurut gua percuma aja sih, yang harus diperbaiki itu adalah kualitas pengajaran guru. Kalau gurunya udah pada paten semua, terserah deh mau make kurikulum yang gimana, pasti proses belajar mengajar jadi menyenangkan. UN tuh cuma jadi momok aja buat siswa. Banyak yang tertekan, apalagi kalau gak lulus. Wih, bisa-bisa bunuh diri tuh siswanya.

Oke, teringat UN, gua jadi teringat masa-masa SMA. Masa putih abu-abu. Lo masih berusaha menemukan jati diri lo yang sebenarnya. Menyenangkan banget di masa itu. Semua masih putih dan abu-abu. Gak jelas. Lo masih bisa berbuat seenak udel lo. Gua masih ingat gimana kami dulu sering ngerjain guru mandarin kami yang orangnya terlalu lembut, sampai gak nyadar kalau dikerjain. Maaf ya pak. Hehehe. Kalimat yang paling gua ingat hanyalah xiao xiao shou. Inilah bahan ledekan kami tiap pelajaran mandarin masuk. Kelas pasti langsung kayak pasar malam.

Heboh. Dan herannya, guru itu tetap mengajar seakan gak terjadi apa-apa. Mungkin mentalnya udah diasah sedemikian lama di kuil shaolin, jadi tahan ngadepin tingkah kami.

Kejadian lain contohnya diam-diam ke kantin atau ke koperasi pas lagi pelajaran kosong. Sekedar membeli makanan ringan, biar perut gak keroncongan.Walaupun dengan resiko ketemu guru BP dan siap-siap untuk diceramahi. Juga pas ada les tambahan semua murid pada cabut. Gak ada yang mau ikut les, dan menuntut agar uang les tidak dibayar.Juga memprotes uang buku yang kemahalan. Sepertinya kami semua cocok jadi pengacara. Taunya cuma nuntut aja. hehehe

Pas kelas satu, masih alim semua mukanya. Polos. Ketika udah saling kenal ternyata bejat nya luar biasa. Nakalnya gak ketulungan. Banyak yang ngintipin celana dalam siswi nya.  Gua gak termasuk ya. Gua mah pantang lihat itu. Pantang lihat sekali maksudnya ( nagih boy). Gak ah, becanda. Gua mah gak pernah berbuat kayak gitu. Haram. Ada juga yang dangdutan di dalam kelas pas lagi pelajaran kosong. Tiba-tiba guru kelas sebelah datang, matanya merah, di kepalanya muncul tanduk, napasnya ngos-ngosan. Seisi kelas jadi hening mendadak. Guru itu pun marah-marah dengan sukses. Kami mah ngangguk-ngangguk aja. Pura-pura dengar. Pas gurunya balek, kelas kembali heboh. hahaha

Masuk kelas dua, bejatnya semakin menjadi-jadi, walaupun belajar tetep nomor satu. Gua juga terdampar ke dalam kelas neraka. Isinya juara kelas semua. Susah banget bersaingnya. Tapi itu gak buat kami tercerai berai, kekompakan kami boleh diuji. Lebih kokoh dari batu karang. Guru-guru juga lebih suka ngajar di kelas kami. Bahkan, kelas kami disebut-sebut sebagai bayangan kelas plus.


Menginjak kelas tiga, gaya mulai seenaknya. Udah gak ada takut nya sama guru BP. Bahkan sengaja terlambat. Kaki baju gak dimasukkin lagi. Pokoknya belagak paling hebat lah. Namanya senior. Jadwal juga semakin padat oleh les disana-sini karena akan menghadapi UN dan SNMPTN. Semua pasti berharap lulus di kedua ujian tersebut. Termasuk gua sih. Walaupun gua akhirnya gak lolos di SNMPTN. Ah sedihnya,

Ketika perayaan kelulusan, semuanya pada berteriak kegirangan kayak orang menang lotre 2 miliar. Pylox segera beraksi. Baju kebangsaan menjadi sasarannya. Dipenuhi tanda tangan, coretan tak menentu yang berasal dari puluhan tangan. Ah, masa yang luar biasa indah. Gua gak menyangka bakal begitu banyak kenangan yang terpatri dalam benak gua, dan betapa gua sangat merindukan saat saat itu. Kadang ketika gua membuka album kenangan, hati gua nyesek. Kangen banget pengen ngerasain masa itu kembali. 


Gua juga kangen maen futsal dengan coko FC. Klub futsal yang terbentuk sejak kelas 1. Gua mungkin anggota yang paling gak sering maen. Kalaupun maen gua lebih sering duduk di pojokan dan menyaksikan kawan-kawan gua beraksi. Gua nanti bakal buat cerpen tentang Coko FC ini. Sorry guys, gua jarang maen bareng kalian lagi. Waktu dan jarak yang memisahkan jadi penghalang berat. Gua sebenarnya pengen banget maen, meskipun dengan skill yang pas-pasan sih. Tapi bukankan prinsip kita yang penting main dan bersenang-senang?


Itu dulu deh yang bisa gua share. Tunggu cerpen gua tentang coko fc ya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan