Wednesday, November 21, 2012

Misteri Masa Kecil


Gua punya pengalaman unik pas gua masih kecil. Waktu itu gua masih lucu-lucunya dan gak tau apa apa tentang dunia yang kejam ini. Dunia terasa indah banget saat itu. Pas gua masih kecil, ketapel adalah salah satu mainan favorit gua. Gua bisa ngeluarin skill playboy gua untuk nembak betina-betina yang nyasar di atas pohon toge,  * loh?

 Sekarang gua udah jarang lihat anak anak main ketapel atau permainan tradisional gitu. Anak jaman sekarang lebih suka mainin ipad atau blackberry sambil online. Paling parah, anak jaman sekarang malah sibuk buat boyband. Kayaknya gua udah mulai kelindes zaman.
Sepulang sekolah, gua sama kawan-kawan gua langsung maen ke hutan, nyari hewan yang bisa diusili dengan ketapel. Daerah dekat rumah gua dulu emang masih banyak pohonnya. Kami juga sering berlomba menjatuhkan buah mangga dengan ketapel masing-masing. Meskipun, setelah itu gua harus lari maraton sambil mencret-mencret karena dikejar sama yang punya.

Nah, cerita unik ini bermula ketika gua lagi lesehan di teras rumah sambil nenteng ketapel. Gua waktu itu emang masih belum bisa nenteng bazoka. Ketapel itu gua arahin kesana kemari. Apa yang terdeteksi oleh mata, langsung gua bidik dan .. dorr. Mulai dari kucing yang lagi nguap, anjing yang lagi kawin, sampe truk truk yang sering lewat. Entah setan apa yang merasuki, gua langsung arahin ketapel ke lampu pijar yang ada di depan rumah, dan………

Pyarrrr…………..

Kacanya pun pecah berhamburan. Gua shock, kaki gua kejang kejang, air seni gua mulai keluar. Sumpah, gua kaget banget. Dari sekian banyak target, kenapa harus lampu pijar rumah gua yang jadi sasaran. Lampu pijar masih mahal-mahalnya saat itu. Tanpa pikir panjang gua langsung kabur. Gua gak tau mau kemana. Yang penting gua lari. Sekitar 200 meter, ada sebuah lapangan bola. Gua lari ke situ dan menenangkan nafas gua yang ngos ngosan. Gua trus duduk selonjoran sambil menikmati semilir angin.

Hati gua masih berdebar gak karuan. Gua mulai mikir yang enggak enggak. Gua pasti dimarahin nih, pantat gua bakalan ditepok pake pemukul kasur, kuping gua bakalan dijewer pake tang, begitu pikir gua.

Imajinasi anak-anak gua mulai berkembang. Di tembok tempat gua sandaran, ada sebarisan semut lagi berjalan. Melihat itu, gua jadi berangan-angan, andai gua jadi semut, pasti gua bisa nyusup ke rumah dengan mudah dan gak bakalan dimarahi. Gua juga bisa dengan mudah menyusup ke toko mainan, dan ngambil mainan kesukaan gua. Siapa sangka, kecil-kecil gua udah berbakat jadi kriminal.

Imajinasi itu begitu menguasai gua, gua terus terus mikir tentang hal itu. Gua lalu ambil sikap bersila, tangan terbuka di samping badan. Gua persis kayak orang lagi meditasi. Gua menatap langit sambil komat kamit gak jelas. Jadi semut…..jadi semut…. Begitu terus gua ulangin dalam hati. Gua ngelakuin hal itu selama setengah jam. Akhirnya karna leher gua udah makin pegel, bibir gua makin kering,dan selangkangan gua mulai gatal, gua akhirnya nyerah. Gak ada perubahan yang terjadi sama gua. Rasa takut kembali melanda. Akhirnya gua tetap tinggal di lapangan itu sampai senja menyambut.

Karena udah makin gelap, gua beraniin aja pulang. Persetan mau diapain ntar. Dengan langkah gontai gua pulang ke rumah. Penampilan gua bener-bener dekil saat itu. Pas tiba di rumah, gua dengan takut-takut melihat ke arah teras.

Loh? Itu lampu pijar kok gak pecah? Bekas kacanya aja hilang tak berbekas. Apa tadi cuma imajinasi gua doang? Gua bengong di depan teras. Pikiran gua melayang-layang.
Gak lama, nyokap pun keluar. Dia mulai mengomel panjang-pendek karna gua lama pulang dan juga karna penampilan gua yang lusuh persis anak jalanan. Omelan nyokap gak nyangkut di telinga gua. Mental begitu aja. Hati gua masih dipenuhi tanda tanya mengapa lampunya tiba-tiba udah bener. Apakah alam udah berkonspirasi membantu gua?

Entahlah….   Sampai sekarang itu masih menjadi misteri yang belum bisa gua pecahkan.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan