Monday, December 29, 2014

Secuil Kisah Pulang Kampung

Tanggal 21 Desember kemarin, aku pulang kampung. Kembali ke Pulau Nias. Udah lama juga sih gak pulang kampung, sekitar 4-5 tahun gitu. Saking lamanya, udah gak inget lagi. Dan banyak banget yang udah berubah dari Nias. Bandara, jalan, rumah-rumah, toko, semuanya berubah. Memang perubahan itu suatu keniscayaan kan? Jadi jangan selalu menggunakan alasan “kamu berubah” sama pasangan, ya.

Kebanyakan tetangga juga pada pangling samaku. Mereka taunya dulu aku masih anak kecil ingusan, yang suka main tanah, mandi di selokan (FYI, selokan di Nias itu dulu bersih dan jernih kayak air sungai). Eh, sekarang tiba-tiba udah gede gini, dengan kumis dan janggut. Beberapa ibu-ibu langsung berebut jodohin aku dengan anaknya. Yaa, aku mah bisa apa. Hahaha

Tapi yang sekarang baru kusadari adalah..... mereka juga berubah. Ya, mereka adalah keluargaku. Akhirnya aku melihat wajah mama lagi, dan rasanya itu kayak ngemut rang-rang. Aku melihat rambutnya yang mulai memutih, sehingga sering dicat (Mak bisa gaul juga ternyata). Keriput juga mulai menggurat wajah lelahnya. Dan matanya yang semakin kuyu terlalu banyak bekerja dan terlalu banyak pikiran. Sedih rasanya baru melihat semua itu.

Aku merasa jahat sekali. Kadang di perantauan aku malah tidak mengingatnya, teralihkan oleh hal-hal indah disana. Tapi, kasih ibu emang sepanjang masa. Ketika aku tiba, dia memeluk dan langsung menawarkan makanan. Bahkan bersusah payah menyiapkan kamarku. Yah, jujur saja aku berlinang air mata ketika melihat mama begitu telaten membersihkan kamar untukku.

Ma, sungguh ingin aku memelukmu dan mengucap syukur telah dikirimkan malaikat seperti dirimu. Namun, gengsi membelenggu tanganku dan merantai kakiku. Berat sekali rasanya melakukan hal tersebut. Entahlah, apakah aku akan termasuk golongan mereka yang nantinya akan menyesal karna tidak melakukan hal tersebut.

Abangku juga berubah. Dia yang dulu berandal, selalu dianggap tidak akan berhasil, perlahan membalikkan semuanya. Dia kini udah bekerja, bahkan tergolong gila kerja. Atau mungkin juga emang pekerjaannya yang gila. Hehe. Yang pasti, aku sangat bangga padanya. Dia mulai menjadi tulang punggung keluarga ini. Meski aku agak sedih karna dia tidak bisa diajak bermain lagi seperti dulu, tapi itu bukan soal. Aku yakin dia sedang mengusahakan yang terbaik untuk keluarga kami.

Kakakku juga mulai memasuki umur layak nikah. Banyak pilihan dihadapkan, dan dia masih galau akan hal tersebut. Semoga kelak nanti dirimu diberi pendamping terbaik. Semoga juga karirmu lancar kayak jalan tol. Aku ingat, dulu kita sering bertengkar, tapi sekarang kita menertawakannya. Waktu memang ajaib, bukan?

Mereka juga tetap hidup dalam kesederhanaan. Ditengah banyak orang yang mementingkan gengsi tanpa memikirkan keadaan dompet. Di dalam suasana Natal, mereka bahkan tidak memiliki pohon natal. Yah, sekarang pohon natal memang sudah berubah jauh maknanya. Tidak lebih dari prestise tanpa makna. Sarana pamer terhadap orang lain yang berkunjung.

Tapi biarlah. Toh itu bukan masalah besar buat kami. Hidup akan baik-baik saja tanpa kerlap-kerlip pohon natal, topi santa dan semacamnya. Natal kali ini malah lebih berkesan daripada natal sebelumnya yang kuikuti di Medan.
Tuhan, kadang aku lupa bahwa hidup ini memang indah. Indah dalam kesederhanaan. Ketika masalah tak kuat untuk ditanggung, keluargalah tempat kembali dan mencurahkan segalanya.

Terimakasih Tuhan telah memberiku keluarga terbaik.

Terimakasih.



23 comments:

  1. Baru tahu kalau abang merantau. Mayan lama juga ya, 4-5 tahun.

    Wah pasti nano-nano banget ya kalau pulang itu.

    ReplyDelete
  2. pulang kampung....suka sekali ama cerita tentang pulang kampung...selamat pulang kampung ya, aku tau pasti pulang kampung itu bikin happy :)

    ReplyDelete
  3. Semua hal selalu berubah bro, kecuali perubahan itu sendiri.
    Baru tau gua kalo lo merantau. Gila ya, bisa tahan ga ketemu emak sampai 5 tahun gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi dong. makanya gua jg bisa tahan jomblo bertahun-tahun. gak ada hubungan sih emang. haha

      Delete
  4. << setiap baca cerita ttg keluarga lgsung berkaca-kaca :(
    pingin ngerasain jadi anak perantauan.. btw selamat natal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat natal juga.
      buruan deh jadi anak perantauan. ngeri ngeri sedap itu

      Delete
  5. gue nggak bisa jauh dari keluarga.. :(
    lo hebat bro!
    seperti kalimat di film keluarga cemara, harta yang paling berharga adalah keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibiasain bro. biar mandiri. hehe
      jadi kangen keluarga cemara gua

      Delete
  6. 4-5 tahun. itu lma banget loh mas. emg merantau dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. merantau di medan. rencana awal sih merantau di hati kamu

      Delete
  7. gila lo kuat banget broh, rasanya pasti gimana gitu ya, udah banyak yang berubah banget pastinya, terus ngeliat mama setelah sekian lama engga ngeliat tuh rasanya seneng,sedih campur aduk bro :')

    hidup ini memang indah bro, tapi banyak orang yang lupa karna mereka tidak pernah merasa bersyukur. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua terbiasa minum obat kuat bro. makanya bisa sekuat gini

      Delete
  8. wah hebat lo bisa tahan 4 tahun, ngerantaunya sendirian ya? atau ada keluarga lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sendirian doang. mau ngajak gebetan, eh dia nolak. apa daya

      Delete
  9. wih jauh banget ya kampungnya di Nias, salam juga buat warga Nias disana

    ReplyDelete
  10. Waktu itu gue sepuluh tahunan gak pulang kampung, berasa banget juga bedanya. :')

    ReplyDelete
  11. Masik cantik paret yang Abang mandi di sana? Penasaran aku. Belom pernah ke Nias soalnya. :)

    Kalok meranto memang gitu ya. Mamak pasti senang kali anaknya pulang. Kangen beliau kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sih paritnya udah gak ada lagi. udah ditimbun. dijadiin jalan.
      iya. mamak emang senang kali lah. main mainlah ke nias

      Delete
    2. Mau main ke Nias tapi ngga ada kawan. Hahah.. :D

      Delete
  12. Ga, lo merantai 4-5 tahun engga pulang2? Kalah bang toyib, ga... duhh kuat yahh~~ gue paling lama 2 tahun. Pas mau masuk tahun ketiga pulang deh biar engga jd golongan bang toyip..

    Wah sukses ya, ga. Orang2 yang mau merantau itu ciri2 org sukse *ngasal* haha. Tapi aminin aja yaaa.. btw komennya telat bangettrr. Hehe

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan