Thursday, September 20, 2012

Penyakit yang masih misterius


IPTEK sekarang emang semakin berkembang. Tak terkecuali di dalam dunia medis. Berbagai penyakit berhasil disembuhkan oleh perkembangan iptek. Namun, semua tetap ada kelemahannya. Masih ada beberapa penyakit yang misterius dan belum ditemukan pengobatan yang efektif untuk mengobatinya. Inilah delapan penyakit tersebut.

1.      AIDS
Penyakit ini emang cukup menyeramkan. Diduga penyakit ini awalnya diderita oleh simpanse. Namun entah kenapa jadi menyerang manusia. Ada juga teori yang mengatakan bahwa AS lah yang menciptakan penyakit ini lalu disebarkan ke Negara Afrika. Tidak heran di sana banyak ditemui pengidap AIDS. Penyakit ini telah diidentifikasi selama lebih dari 25 tahun namun belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Tapi, gua dengar sih tokek bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Makanya tokek mahal bangat. Gua lupa apanya yang diambil dari tokek. Air liurnya gitu deh kalau gak salah. Kali aja lo ketemu tokek, gak usah ragu untuk nangkap. Trus lo kasih ke kolektor. Pasti dibanderol mahal tuh. Kawan gua pernah jual 1 tokek seharga 5 juta. Bisa jadi jutawan kan lo.

2.      Alzheimer
Gua masih asing sama penyakit yang satu ini. Alzheimer ini adalah gangguan kemunduran fungsi otak. Pengidapnya biasanya sering bingung dan sering lupa. Hayo? Lo harus mulai identifikasi diri. Lo sering bingung atau lupa gak? Lo harus lebih hati-hati lagi karena penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti dan belum ada pengobatan nya.

3.      Flu Burung
Penyakit ini emang udah lama berjangkit. Tapi sampai sekarang belum ada cara yang efektif untuk mengobatinya. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh manusia tidak dapat merespon virus flu yang menginfeksi burung dan unggas lainnya. Parahnya lagi, virus flu burung dapat bermutasi menjadi wabah penyakit yang dapat menular antar manusia. Kalau udah terserang flu burung, maka tingkat kematiannya adalah 50%. Seram memang. Sejauh ini, orang yang terserang flu burung biasanya karena melakukan kontak dengan unggas yang telah terinfeksi. Tapi ada juga kasus flu burung yang disebabkan karena penyebaran antar orang ke orang. Jadi kalau mau makan unggas, masak sampai benar-benar matang agar virus yang terkandung di dalamnya dapat mati.

4.      Pica
Pernah mendengar nama penyakit ini. Namanya memang kurang tren. Penyakit ini menyebabkan penderitanya memakan berbagai benda yang tidak lazim untuk dimakan. Seperti tanah, rambut, lem dan lain-lain. Penyakit ini memang benar-benar aneh dan masih membingungkan para peneliti. Banyak pihak yang meyakini hal ini disebabkan karena kekurangan mineral dalam tubuh. Tapi, itu semua masih dipertanyakan. Penyakit ini juga belum dapat diobati oleh pakar kesehatan sekalipun.

5.      Gangguan Autoimun
Penyakit ini seperti halnya penyakit lupus yang mulai disosialisasikan belakangan ini. Gangguan ini menyerang dan dan melemahkan fungsi normal organ tubuh. Pengobatan yang diberikan oleh dokter hanya dapat dilakukan untuk menghilangkan gejalanya saja. Namun, penyakit nya sendiri akan tetap menggerogoti.

6.      Skizofrenia
Penyakit ini adalah sebuah penyakit mental. Namun ini adalah penyakit mental yang paling membingungkan para ahli. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak dapat membedakan antara realita dan imajinasi. Banyak yang mengira penyakit ini adalah kepribadian ganda. Namun anggapan itu salah. Kalau di kepribadian ganda, ada satu kepribadian yang dapat keluar yang merupakan kepribadian aslinya. Kalau skizofrenia, kepribadian awal menghilang, dan digantikan oleh kepribadian yang lain. Agak membingungkan memang. Gejalanya biasanya meliputi halusinasi,bicara tidak teratur, kurang semangat dan emosional.

7.      Penyakit sapi gila
Melihat nama penyakitnya, lo mungkin mengira kalau yang mengidap penyakit ini adalah sapi. Penyakit ini adalah penyakit yang langka dan merupakan salah satu jenis gangguan otak. Penyakit ini disebabkan karena makan daging sapi yang telah terkontaminasi. Penyakit ini selalu berakibat fatal, dan sampai sekarang tim medis blum menemukan cara yang efektif untuk mengobatinya.

8.      Sindrom Kelelahan Kronis
Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit misterius karena gejalanya yang aneh. Penderitanya biasanya akan merasakan kelelahan yang berlebihan hingga memaksanya tetap terbaring di tempat tidur selama berhari-hari. Penyakit ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan