Thursday, September 20, 2012

hal aneh dalam sinetron


Sinetron. Ah, siapa yang tidak mengenalnya. Sinetron seakan sudah menjadi bagian dari hidup seseorang. Yang menonton sinetron biasanya adalah para pembantu atau ibu rumah tangga yang kesepian. Nah, dalam sinetron ini tentu aja banyak kejanggalan yang menurut gua aneh banget dan seharusnya gak perlu ditampilkan. Ini tentu aja untuk menambah lamanya episode suatu sinetron. Masih ingat dengan sinetron Cinta Fitri?
Sinetron ini berhasil mencapai lebih dari 1000 episode. Entah apa aja yang ditampilkan dalam sinetron itu, gua juga gak ngerti. Berangkat dari banyaknya kejanggalan yang ditemui, gua mencoba untuk menelaah satu persatu. Penasaran? Silakan baca aja


1.                  Kaya vs Miskin
Ide cerita sinetron selalu berangkat dari hal ini. Mereka mungkin ingin membuktikan betapa tingginya kesenjangan sosial yang ada di Indonesia ini. Tapi, orang miskin nya jangan salah, men. Gak ada itu dekil nya. Putih banget. Trus cantik dan ganteng lagi semuanya. Gua mau nanya itu bapaknya sunat dimana ya? Anaknya kok bisa cakep gitu.
Endingnya sih pasti itu orang miskin tadi nikah sama yang kaya.

2.                Slow motion
Gua rasa sih wajar make slow motion. Tapi kalau di sinetron semuanya berubah jadi gak wajar. Mau turun dari mobil pake slow motion. Perlahan-lahan di ambil dari kaki. Gua gak tau apa bagusnya itu kaki. Trus naik sampe ke rambut yang dikibar-kibarin kayak bendera. Kenapa semuanya gak dilakukan secara normal aja? Kalau cuma satu dua sinetron aja yang ngelakuin, oke fine. Nah ini, tiap sinetron pasti ada adegan ini.

3.      Bayi yang tertukar
Ini salah satu topik yang paling gua malas. Gua heran ya, entah gimana penjagaan bayi di rumah sakit di Indonesia ini. Sampai anak sering banget ketukar. Tujuan penukaran modusnya basi banget. Misalnya untuk balas dendam, atau supaya anaknya jadi orang kaya. Trus ketika anaknya udah gede jadi bisa diporotin. Gak kreatif banget sih. Kenapa gak perawatnya aja yang tertukar. Atau rumah sakitnya sekalian. Cari ide baru dong.

4.      Pakai jas dalam rumah
oke men, gua tau elo kaya. Mobil mercy keluaran terbaru. Rumah bertingkat 8 kayak hotel. Tapi lo gak usah juga pamerin jas lo. Emang lo gak ada baju lain untuk di pake di rumah? Kenapa harus make pakaian rapi? Lo juga gak berangkat kantor. Cuma berdebat sama nyokap soal gembel cantik yang elo taksir. Plis men. Lo bikin hati gua itu miris. Lo mungkin gak pernah dengar yang namanya kaus oblong saking kayanya lo. Mungkin elo juga makai jas kalau mau tidur. Lo aneh banget deh pokoknya. Eksekutif muda macam apa itu? Pak sutradara. Tolong gali lebih dalam potensi anda. Gua yakin lo itu bisa. SEMANGKA !!!!!

5.      Perilaku anak SMA
Ini juga bener-bener bikin miris. Apakah di Indonesia ini mau ditonjolkan kalau kaki baju anak sma itu selalu di luar? Baju gak ada lambang OSIS, lambang sekolah, bahkan nama siswa nya pun tak ada. Gimana kalau sinetron disaksikan oleh orang dari luar negeri. Apa kita gak malu, mereka mengejek perilaku generasi muda yang tidak ada aturan seperti itu. Buatlah skrip yang lebih original. Apa susahnya kaki bajunya dimasukkan ke dalam. Atribut seragamnya lengkap. Kita pasti gak mau sekolah kita dicap sebagai sekolah texas bukan?

6.      Nunggu ditabrak
Gua paling demen nengok adegan yang satu ini. Kalau adegan ini udah ada gua pasti ngakak guling-guling. Mobil masih 100 meter tapi udah jerit-jerit kayak banci kena razia. Lo pake dong akal. Lo lari kek, menghindar kek, apa kek. Apa aja deh lo lakuin asal lo selamat. Kenapa lo harus nunggu ditabrak? Emang lo kira ditabrak itu enak? Lo kira kalau lo udah ditabrak gua jadi bisa bilang WOW gitu. Nggak men. Gua malah melecehkan elo. Ntah hormon apa yang keluar dari tubuh lo ampe kaku gitu. Angkat tangan deh gua.

7.      Suara dalam hati
Gua sebenarnya selalu kagum sama pemain sinetron. Semua pemain sinetron itu punya kemampuan telepati. Kalau mereka bicara dalam hati, pasti gua dengar semua rencana busuk mereka. Gua jadi iri sebenarnya. Berguru telepati kayak gitu dimana ya? Suara hati nya muncul trus mukanya ditekuk trus diangguk-angguk kayak ayam lagi mabuk. Plis deh. Hal ini lebay banget. Gua lebih suka kalau ini ditiadakan. Supaya feel nya itu dapet. Jadi setiap rencana gak kebongkar duluan sama penonton. Gimana sih sutradara nya? Perlu diterawang itu ijazah nya.

8.      Banyakan mangap
Gua berpikir, gimana ya mereka bisa tetep ngelakuin hal itu kalau lagi bulan puasa. Apa gak langsung pingsan tuh. Ada adegan tabrakan, buku-buku berjatuhan, trus tangan bersentuhan dan dimulailah mangap bersama. Gak lama kemudian mereka melambaikan tangan karna gak kuat. Makanya hal ini seharus nya direvisi. Aktor cowoknya jangan cuma tau mangap doang dong. Langsung bantuin kek, trus ajak ngobrol. Kalau cuma butuh modal mangap untuk jadi selebritis, gua juga udah dari dulu masuk tivi.
Oke deh, itu aja yang bisa gua telaah. Gua minta maaf kalau lo gak suka sama artikel ini. Tapi, ini hanyalah cara gua agar perfilman Indonesia lebih maju lagi ke depannya.



No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan