Monday, August 13, 2012

Curhatan Ari


Cerita ini gua dapat dari salah seorang sahabat yang juga berdomisili di kota Medan. Dia ngirim curhatan ke gua lewat e-mail. Ceritanya bakalan gua posting disini. Gua juga udah minta izin ke dia. Dia sih setuju-setuju aja, asal namanya disamarkan, dia juga berharap masukan dari pembaca semua. Ini dia ceritanya.

Gua tinggal di rumah tante gua di kota Medan. Gua tinggal di rumah dia karena gua harus lanjutin kuliah. Dia bantu biayain kuliah gua karena nyokap gua gak sanggup. Bokap gua juga udah lama meninggal. Gua cukup tahu diri kalau gua itu numpang. Jadi, tiap hari gua bantu-bantu beresin rumah tante gua. Gua juga ngajarin anaknya yang masih SD, kalau ada pelajaran yang kurang dia mengerti.

Masalahnya, tante gua ini bersikap karna gua numpang, dia jadi nganggap gua babu yang bisa seenak udel nya disuruh-suruh. Kekesalan gua makin bertumpuk ke tante gua ini. Kalau gak karena kuliah gua, gua pasti udah cabut dari rumah ini. Keluarga tante gua ini juga udah lumayan rusak. Dia pernah ketahuan selingkuh sama rekan kantornya. Om gua nyaris meminta cerai. Tapi, entah kenapa gak jadi.

Om gua orangnya baik. Sangat bertolak belakang dengan tante gua. Saking baiknya, dia selalu nurut apa kata anaknya. Nah, anaknya ini yang menurut gua udah mulai rusak kehidupannya. Lo bayangin aja, seorang anak yang masih duduk di kelas 4 SD udah mulai buka situs dewasa. Dia juga sering ngunci diri di kamar kalau abis pulang sekolah. Gua pernah mergokin dia lagi megang-megang tititnya sambil liatin komputer. Setelah gua selidikin, di komputer dia itu banyak banget film bokep.

Di keluarga inilah gua tinggal. Gua mau ceritain salah satu kisah yang bener-bener bikin gua kesal tingkat kelurahan. Gua masih ingat banget, hari itu hari sabtu. Tante gua gak masuk kantor. Dia jadi bangun lama. Sekitar jam 9 gitu dia baru bangun trus mulai marah-marah gak jelas. Lantai belum disapulah, ini belum dibersihinlah. Padahal, udah dari tadi pagi gua bersihin. Gua cuma nahan-nahan amarah di hati gua.

Dia lalu masak bakso untuk anaknya. Anak nya ini kebanyakan dijejali sama junk food. Selang beberapa lama, gua lalu dipanggil sama tante gua. Nada dia manggil itu bener-bener kayak nyonya manggil pembantunya. Kasar banget. Gua kayak jadi TKI di Malaysia.

“Kau tengok dulu kalau udah selesai makan adek mu. Trus tanya kalau dia mau tambah atau nggak?” perintah nya ke gua.
Gua lalu ngecek makanan anaknya. Oh ya, nama anaknya Rio.
“Kamu masih mau nambah gak?” tanya gua ke Rio.

“Baksonya aja deh.” Jawab dia cuek. Rio ini juga bener-bener gak sopan sama gua.
Gua lalu ke dapur dan bilang ke tante gua “Dia cuma mau nambah baksonya aja”.

Gua tunggu reaksi tante gua. Dia cuma diam sambil terus masak. Gua jadi bingung sendiri. Ini orang dengar apa kagak sih?. Sekitar 2 menit gua nunggu reaksi dia, ternyata dia masih diam sambil terus masak. Gua pun jadi masa bodoh. Gua udah nanya baik-baik juga tapi dicuekin. Melihat piring yang menumpuk, gua mutusin buat nyuci piring aja daripada bengong nungguin jawaban dia.

Gak lama kemudian, dia lalu pun nanya setengah berteriak
“Udah kau kasih bakso sama Rio tadi”

Gua jadi bingung. Ini orang maksudnya apa sih?. Tadi gua dicuekin, sekarang malah ditanya-tanyain.

“Belum, aku gak tau baksonya udah dimasak atau belum.” Jawab gua polos.
“Kau itu bodoh banget sih. Itu baksonya ada di balik tudung saji. Kau pake lah otakmu. Mana pernah aku nyembunyiin makanan di rumah ini.” Semprotnya luar biasa kasar.

Gua lantas gak terima di gituin. Kekesalan gua pun memuncak.
“Kan tadi aku nanya ke tante soal bakso. Tapi tante diam aja. Makanya kalau ada mulut dipake dong. Aku mana bisa baca pikiran tante. Mana aku tau kalau di balik tudung saji ada bakso. Emang susah banget tadi tante tinggal jawab waktu aku nanya?.”

Gua bener-bener kesel sama tante gua. Cuma gara-gara bakso gua jadi dimarahin luar biasa. Kampret banget nih orang.
“Kau kan bisa meriksa tudung saji, bodoh. Macam berat kali tugas di rumah ini samamu. Macam ku sembunyikan makanan di rumah ini. Nanti kau berkicau lah sama orang kalau gak pernah ku kasih kau makanan”. Semprotan dia makin tajam.

“Yang seharusnya make otak itu, tante. Coba tadi tante bilang kalau baksonya ada di balik tudung saji, pasti gak perlu bertengkar seperti ini. Tante mikir dong. Jangan cuma bisa nyalahin orang lain aja, tapi gak mau disalahin”. Kekesalan gua makin menjadi-jadi.

Dia mulai nyerocos gak karuan. Gua udah malas ngeladenin. Dia juga udah ngambil tugas gua sebelumnya, yaitu nyuci piring.

“Kau lap lah piring yang udah ku cuci ini. Kau cuma bisanya tidur aja. Tapi malas nomor satu” bentak nya lagi.

Gua cuma menghela napas dalam-dalam, lalu ngambil kain untuk ngelap piring. Padahal, gua tidur mulai dari jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Gua trus beres-beres rumah. Tante gua ini emang hiperbola banget. Gua juga capek di kuliah. Tapi dia gak pernah mau ngerti.
Gua bingung nih, apa sebaiknya gua kabur aja dari rumah ini. Trus gua kerja di luar. Kuliah bisa gua tunda. Gua kerja, trus nabung untuk biaya kuliah. Gua butuh masukan dari lo. 

Nah pembaca semua, itu adalah cerita dari Ari. Silakan berkomentar untuk memberi masukan ke dia. Kalau ada cerita lain dari Ari, bakalan gua posting juga disini. Atau ada sobat yang ingin ceritanya di posting di sini?
Silakan kirim cerita lo ke email gua : zegaarman@gmail.com
Gua bakalan posting cerita lo, dan gua juga bakalan kasih masukan sama lo lewat email.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan